You have reached the website

Ingin Beli Mesin Kopi Espresso? Cek Dulu 6 Hal Ini

Ingin Beli Mesin Kopi Espresso? Cek Dulu 6 Hal Ini

Bagi banyak orang, saat ini kopi sudah menjadi minuman yang wajib untuk dinikmati setiap hari, terlebih khusus bagi para pencinta kopi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa keberadaan mesin kopi espresso akan dibutuhkan.

Selain memudahkan proses pembuatan kopi, dengan memiliki mesin kopi espresso sendiri maka mereka juga dapat menghemat waktu, terutama di pagi hari ketika harus pergi bekerja secara terburu-buru, tapi tetap ingin menikmati segelas kopi selama di perjalanan.

Dengan demikian, memilih mesin kopi espresso yang sesuai dengan kebutuhan sangatlah penting. Hal ini untuk menghindari Anda agar tidak membeli produk yang terlalu mahal dan berlebihan dari segi spesifikasinya.

Lantas, mesin kopi seperti apa yang cocok untuk dimiliki? Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan!

Sesuaikan dengan Kapasitas yang Dibutuhkan

Mesin kopi memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Ada mesin kopi yang mampu membuat kopi untuk 12 sajian sekaligus, tapi ada juga yang hanya memiliki kapasitas untuk satu sajian kopi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menentukan kebutuhan terlebih dahulu. Jika tujuan Anda membeli mesin kopi untuk dinikmati di rumah, pilihan mesin dengan kapasitas satu hingga 2 gelas kopi saja nampaknya sudah cukup.

Baca Juga: Cara Menggunakan dan Merawat Mesin Kopi Espresso Otomatis Agar Tetap Awet

Akan tetapi, jika tujuan Anda membeli mesin kopi untuk disajikan bersama keluarga besar, kantor, atau koto pilihlah mesin kopi dengan kapasitas yang besar.

Pilih Mesin Kopi yang Dilengkapi dengan Penggiling

Jika Anda memiliki lidah yang sensitif terhadap rasa kopi yang diminum, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli mesin kopi yang memiliki fitur grinder. Dengan demikian, Anda akan dapat menikmati cita rasa terbaik dari biji kopi segar yang baru digiling. Mesin kopi seperti ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai cita rasa kopi dari biji kopi gourmet.

Perhatikan Tipe Boiler yang Digunakan

Masalah boiler ini merupakan sebuah hal yang penting. Pasalnya, hal ini menyangkut kebutuhan Anda ketika membeli mesin kopi espresso. Jika Anda bertujuan untuk membeli mesin yang dapat dijadikan usaha seperti kedai atau kafe, maka Anda membutuhkan mesin kopi espresso dengan dual boiler dan heat exchanger.

Sebaliknya, jika mesin kopi tersebut hanya diperuntukkan untuk konsumsi pribadi, maka mesin dengan single boiler sudah sangat cukup.

Perhatikan Ukuran Mesin Kopi

Mesin kopi espresso dengan fitur 3 sampai 4 grup memang terlihat keren dan menarik. Namun, mesin kopi berukuran besar seperti ini umumnya diperlukan oleh kedai kopi atau kafe yang sibuk dan memiliki pelanggan yang banyak setiap harinya. Berbeda jika kebutuhan Anda hanya untuk menyediakan mesin kopi di rumah, mesin kopi espresso yang memiliki 2 grup saja sudah dirasa cukup.

Stabilitas Temperatur

Secara umum, mesin dengan multi boiler memang memiliki fungsi yang sama. Namun perlu dicermati bahwa kemampuan setiap mesin kopi untuk melakukan proses brewing dalam suhu yang konsisten akan berbeda satu dengan yang lainnya.

Kebanyakan mesin kopi multi boiler modern sudah dilengkapi dengan fitur pengendali proportional-integral-derivative (PID), tapi ada juga yang masih menggunakan sistem thermostats. Penjelasan sederhananya, fitur PID ini berfungsi untuk mengatur suhu air dalam boiler, namun dengan tingkat presisi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan fitur thermostats tradisional.

Stabilitas temperatur ini menjadi penting jika Anda ingin kualitas dari espresso atau minuman berdasar espresso yang dihasilkan tetap terjaga. Oleh karena itu, memerhatikan dan mempelajari setiap detail dari mesin kopi espresso yang akan dibeli merupakan sebuah hal penting.

Tampilan dan Desain

Desain dan tampilan mesin kopi espresso, bisa dikatakan sebagai sentuhan terakhir yang membungkus daya tarik mesin kopi secara keseluruhan. Hal ini juga menjadi pemikat pertama untuk menarik perhatian orang yang melihatnya. Jika Anda mencari mesin kopi dengan desain yang menawan, NESCAFÉ Dolce Gusto dapat dijadikan pilihan.

Beberapa mesin NESCAFÉ Dolce Gusto antara lain Genio 2 Merah Otomatis, Lumio Merah Otomatis, Mini Me Hitam Otomatis, Piccolo Anthracite Manual, Drop Dark Silver Automatic, dan Lumio Hitam Otomatis.

Seluruh mesin ini NESCAFÉ Dolce Gusto memiliki tekanan hingga 15 bar untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Proses pembuatannya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu mengambil kapsul kopi, memasukkannya ke dalam mesin kopi, menunggu sekitar satu menit, dan menekan tombol. Secangkir kopi berkualitas pun sudah siap Anda nikmati setiap hari.

Untuk kapsul kopinya sendiri, NESCAFÉ Dolce Gusto memiliki banyak varian yang bisa menyesuaikan keinginan Anda. Mulai dari Espresso Intenso, Grande Intenso, Espresso, atau Americano. Namun, jika Anda lebih menyukai kopi dengan susu, ada pula pilihan kapsul kopi Cappuccino, Latte Macchiato, serta Café Au Lait Decaffeinato.

Demikianlah ulasan singkat mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mesin kopi espresso. Pada akhirnya, untuk bisa memilih mesin kopi yang tepat, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Semoga informasi ini bermanfaat!