You have reached the website

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Proses Pembuatan Espresso Coffee

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Proses Pembuatan Espresso Coffee

Tahukah Anda bahwa kata Espresso Coffee sebenarnya berarti "sesuatu yang dipaksa keluar" dalam bahasa Italia? Hal ini merujuk pada proses pembuatannya yang jika diperhatikan, maka Anda akan melihat bubuk kopi yang ditekan seolah memang dipaksa untuk mendorong air melalui kopi, sehingga tercipta Espresso.

Adapun hal lain yang perlu diketahui dari satu shot Espresso adalah crema. Crema ini pada dasarnya merupakan lapisan berwarna cokelat yang berada di atas minuman. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa kuat atau tidaknya satu shot Espresso dapat dilihat dari crema yang dihasilkan. Semakin cantik dan tebal tampilan crema, semakin nikmat Espresso tersebut.

Sayangnya, proses pembuatan Espresso Coffee tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan tekanan yang pas dan panas air yang sesuai agar hasilnya sesuai dengan ekspektasi.  Ada pula sejumlah hal penting lainnya yang harus diperhatikan di dalam proses pembuatannya demi menghadirkan Espresso Coffee yang nikmat. Apa saja hal tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

Pemanasan Kopi dan Mesin

Sebelum memulai Anda perlu memanaskan mesin kopi terlebih dahulu di mana durasinya bergantung pada mesin kopi yang dimiliki. Beberapa orang juga sering kali memanaskan gelas yang digunakan dengan cara mengalirkan air panas sebelum menuang kopi.

Baca Juga: Cara Menikmati Secangkir Espresso Coffee

Takaran yang Sesuai

Takaran bubuk kopi yang digunakan pun menjadi salah satu hal penting lainnya saat membuat Espresso Coffee. Idealnya, takaran yang digunakan berkisar antara 14 gram dan 18 gram, tergantung selera dan mesin yang dipakai. Yang tidak boleh diabaikan adalah penggunaan biji kopi yang harus diolah dengan konsistensi penggilingan yang tepat.

Proses Tamping

Pada proses pembuatan Espresso Coffee dikenal istilah tamping yang di dalam bahasa Indonesia disebut pemadatan. Jika di kafe atau kedai kopi Anda sering melihat barista melakukan gerakan menekan sikunya hingga membentuk 90 derajat, maka hal inilah yang disebut sebagai proses tamping.

Saat melakukan hal tersebut barista biasanya menggunakan tamper. Bagi orang awan, proses tamping mungkin adalah hal yang tidak penting, bahkan luput dari perhatiannya Namun, proses inilah yang menjadi titik mula hadirnya secangkir Espresso Coffee yang nikmat.

Pasalnya, proses ini membantu proses ekstraksi agar memberikan ruang di bagian atas kopi ke tempat di mana air akan keluar dari mesin sebab ukuran bubuk kopi yang telah basah bakal berbeda dari yang sebelumnya.

Proses Seduh dan Ekstraksi

Hal lain yang penting diketahui saat terkait cara membuat Espresso, yakni proses seduh dan penyaringan ini sebab bakal menentukan rasa akhir dari secangkir kopi. Gelas yang telah diposisikan di mesin kopi untuk menunggu Espresso keluar haruslah berada di posisi yang tepat. Beberapa barista profesional mengatakan bahwa proses ini idealnya membutuhkan waktu 30 detik mulai dari awal hingga akhir kopi siap dihidangkan.

Setiap mesin kopi bisa saja dioperasikan secara berbeda, jadi selalu ikuti petunjuknya agar hasilnya nikmat. Anda mungkin juga perlu membuat beberapa perubahan pada tingkat ekstraksi atau takaran yang sesuai dengan selera. Jadi, silakan berkreasi tanpa mengabaikan hal-hal yang telah dijelaskan di atas.

Itu tadi sekilas informasi mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan Espresso Coffee.

Semua preferensi waktu minum tersebut sebenarnya tidak masalah. Yang tidak boleh diabaikan hanyalah proses pembuatan Espresso Coffee. Jangan sampai Anda menghabiskan banyak waktu untuk secangkir kopi. Demi mengefisienkan waktu pembuatan kopi, Anda bisa menjadikan mesin NESCAFÉ Dolce Gusto sebagai salah satu alternatif yang memungkinkan setiap orang membuat kopinya dengan cepat hanya dengan sekali sentuhan jari.

Untuk kopi, NESCAFÉ Dolce Gusto punya pilihan kapsul kopi Espresso dan Espresso Intenso yang punya crema lembut dengan cita rasa buah dan rempah. Kenikmatan kopi yang terjaga di dalam teknologi kapsul kopi pintar mampu menghadirkan aroma kopi nikmat setiap saat.

Selain itu, NESCAFÉ Dolce Gusto menawarkan kepada setiap pencinta kopi pembuatan Espresso Coffee yang sederhana dengan cita rasa yang nikmat. Sudah siap mencoba?