You have reached the website

Kopi Espresso Arabika VS Robusta. Mana yang Terbaik?

Kopi Espresso Arabika VS Robusta. Mana yang Terbaik?

Biji kopi Arabika atau Robusta? Pertanyaan ini masih sering dipertanyakan ketika membahas kopi Espresso. Penentu rasa berbagai jenis kopi Espresso memang berasal dari pilihan biji kopinya.

Bukan hanya jenis biji kopinya saja, asal dan cara roasting juga mempengaruhi rasa akhir dari secangkir Espresso. Untuk lebih mengenal biji kopi Arabika dan Robusta yang menjadi penentu rasa Espresso berikut penjelasan lengkapnya.

Perbedaan Biji Kopi Arabika VS Robusta

Sebelum membicarakan mana yang terbaik, ada baiknya Anda lebih dulu mengenal perbedaan mendasar biji kopi Arabika VS Robusta. Pertama mari kita bahas rasa manis yang ada pada kedua jenis biji kopi ini. Arabika memiliki rasa yang jauh lebih manis jika dibandingkan dengan Robusta.  Arabika juga memiliki rasa yang lebih kaya seperti fruity, nutty, atau chocolaty.

Setelah membicarakan perbedaan rasa dan karakteristiknya, biji kopi Arabika dan Robusta memiliki tingkat kafein yang berbeda. Robusta memiliki kafein yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Arabika. Lalu kembali ke pertanyaan pertama, mana kopi Espresso yang terbaik?

Jawabannya kedua jenis kopi ini bisa diolah menjadi secangkir kopi Espresso yang enak dengan citarasa unik. Sekarang ini sudah banyak tersedia biji kopi Espresso single origin baik dari jenis Arabika ataupun Robusta. Jika Anda mencari rasa yang lebih unik pilihan biji kopi Espresso House Blend bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: Mengenal Kopi Espresso dan Karakteristiknya

Tips Memilih Coffee Beans untuk Kopi Espresso

Pernah dengan istilah House Blend?  Anda yang memang mencintai kopi pasti sudah tidak asing dengan istilah House Blend yang menjadi dasar dari Espresso. Jika minum kopi Espresso di coffee shop pasti Anda menemukan rasa yang berbeda-beda.

Salah satu alasan kenapa tiap Espresso terasa berbeda adalah karena perbedaan biji kopi yang digunakan. Tiap coffee shop biasanya memiliki House Blend Espresso yang memiliki rasa unik. Jika sedang mencari racikan biji kopi untuk segelas Espresso ala Anda coba ikuti tips berikut ini:

  • Karakter Kopi Espresso Manis dan Kuat
    Jika Anda menyukai karakter kopi yang kuat dengan rasa yang manis maka pilihlah biji yang berasal dari Sulawesi atau Sumatera. Karakter biji kopi Sulawesi dan Sumatera cenderung berasa lebih manis dan full body.
  • Rasa Kopi Espresso Tajam, Manis, dan Aromatik
    Karakter biji kopi yang aromatik dengan rasa manis dan tajam juga menjadi pilihan yang baik untuk dijadikan Espresso. Jika menginginkan karakter dan rasa kopi Espresso seperti ini cobalah bereksperimen dengan menambahkan biji yang berasal dari Central America, campurkan biji kopi ini dengan persentase 25%. 
  • Espresso dengan Citarasa Earthy dan Spicy
    Biji kopi juga memiliki citarasa earthy dan spicy, rata-rata jenis ini berasal dari Ethiopia. Kecenderungan karakter dari biji kopi Ethiopia memiliki hint rasa dan aroma sedikit winey serta fruity. Jika Anda ingin membuat House Blend Espresso dengan citarasa earthy dan spicy campurkan 25% biji kopi dry processed dari Ethiopia.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Keliru, Inilah 5 Perbedaan Biji Kopi Arabika dan Robusta

4 Jenis Kopi Espresso Populer di Indonesia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya Espresso menjadi dasar dari beragam minuman kopi. Di Indonesia sendiri ada 4 jenis kopi Espresso yang cukup populer di Indonesia. Berikut ini penjelasan singkat kopi dengan based Espresso yang menjadi favorit banyak orang.

  1. Espresso murni yang disajikan dalam cangkir kecil menjadi favorit para pecinta kopi karena rasanya yang kuat.
  2. Americano belakang menjadi sangat populer karena pengaruh dari K-drama, bagi pecinta K-drama rasanya tak asing melihat pemeran utamanya memesan Ice Americano yang rasanya menyegarkan.
  3. Cappuccino dengan rasa milky dan busa atau foam tebal di atasnya menjadi daya tarik tersendiri karena rasanya yang lebih lembut dengan hint rasa manis.
  4. Latte atau Café Latte campuran kopi Espresso dengan susu panas dan busa micro. Rasanya jauh lebih smooth dan milky jika dibandingkan dengan Cappucino karena takaran susunya yang lebih banyak.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan biji kopi Arabika dan Robusta yang menjadi dasar dari Espresso. Tapi perlu diingat ya rasa setiap minuman berbasis Espresso juga dipengaruhi berbagai macam hal mulai dari air yang digunakan, jenis susu, hingga suhu saat menyeduh Espresso.

Anda yang menginginkan kopi Espresso di rumah ada cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan mesin kopi kapsul dari NESCAFÉ Dolce Gusto. Ada dua pilihan varian kapsul Espresso yang bisa Anda coba yaitu Espresso Intenso dengan rasa kuat dan Grande Intenso dengan 100% biji kopi Arabika.

Jika Anda lebih suka kopi Espresso dengan campuran susu, cobalah varian kapsul NESCAFÉ Dolce Gusto Capuccino atau Latte Machiato dengan busa tebal dengan citarasa lebih smooth dan milky. memudahkan Anda yang menginginkan rasa kopi yang konsisten dengan cara yang lebih simple.