You have reached the website

Inilah 5 Perbedaan Americano dan Espresso

Tren minum kopi ternyata mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

  • Detail

Tren minum kopi ternyata mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Semakin banyak orang yang menjadikan kopi sebagai minuman wajib untuk diteguk minimal sekali sehari. Ibarat jamur di musim hujan, hal ini pun kemudian menghadirkan banyak kafe dan kedai kopi yang menyediakan berbagai menu hidangan kopi yang unik. Namun, di tengah maraknya tempat minum kopi tersebut, tidak sedikit orang yang ternyata belum paham perbedaan Americano dan espresso. Padahal, kedua minuman kopi tersebut adalah minuman yang banyak dipesan. Banyak yang mengira Americano dan espresso sama saja lantaran penampilan keduanya yang hampir sama. Namun, keduanya jelas berbeda. Espresso pada dasarnya merupakan salah satu menu kopi yang hanya mengandung ekstrak dari biji kopi murni tanpa dicampur apa pun di dalamnya. Sedangkan Americano adalah minuman espresso yang dicampur dengan air panas. Selain perbedaan tersebut, sebenarnya masih ada lagi berbagai perbedaan Americano dan espresso yang perlu diketahui agar saat pergi ke kafe, Anda sudah paham perbedaannya dan tidak bingung lagi ingin memesan yang mana. Penasaran dengan perbedaan-perbedaan tersebut? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

 

Berasal Dari Negara Berbeda

 

Perbedaan pertama dapat Anda lihat dengan jelas melalui penggunaan namanya. Americano pada mulanya berasal dari wilayah Amerika, sedangkan espresso sudah jelas dari Italia. Konon, nama Americano berasal dari anggapan bahwa nama tersebut adalah lelucon terhadap orang Amerika yang senang dengan takaran espresso yang lebih encer.

 

Bahan Dasar yang Tidak Sama

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Americano lebih encer dibandingkan dengan espresso. Menu kopi yang banyak digemari ini terbuat dari satu atau dua shot espresso yang ditambahkan dengan air panas di atasnya. Selanjutnya, banyak orang yang juga mengira bahwa Americano sama dengan black coffee. Padahal, proses pembuatan kedua menu kopi tersebut tidaklah sama, begitu pula dengan rasa yang dihasilkan.

 

Tidak Ada Krema pada Americano

 

Bagi Anda yang senang menikmati krema dari espresso, jangan harap untuk mendapatkan busa keemasan tersebut pada secangkir Americano.Hal ini disebabkan oleh adanya air panas yang memecah krema kopi saat disiram. Lantaran hal ini, Americano jadi kerap disamakan dengan black coffee.

 

Perbedaan Proses Pembuatan

 

Tidak hanya itu, perbedaan Americano dan espresso juga terletak pada proses pembuatannya. Jika Americano memerlukan satu shot espresso yang dituangkan ke dalam ⅔ cangkir air panas, maka espresso membutuhkan mesin untuk menciptakan tekanan pada air panas. Hal ini bertujuan untuk mengekstraksi biji kopi menjadi minuman yang nikmat dengan mengeluarkan cita rasa secara sempurna. Tekanan pada air panas tersebut akan memunculkan karbon dioksida di permukaan kopi sehingga proses ini juga menghasilkan krema atau busa keemasan yang menjadi andalan dari espresso.

 

Espresso Punya Banyak Menu Lainnya

 

Yang tidak kalah menarik dari kedua menu kopi ini adalah hidangan yang terbuat dari espresso. Espresso bisa diolah ke dalam berbagai menu lainnya, sedangkan hal ini tidak berlaku pada Americano. Espresso bisa saja menjadi cappuccino atau caffe latte jika dicampurkan dengan steamed milk. Sementara jika Anda mencampurkan es krim, maka Anda bisa merasakan kopi affogato yang segar. Lelehan es krimnya menenggelamkan hangatnya espresso sehingga jadilah menu yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Bahkan, espresso juga kerap menciptakan berbagai hidangan lokal yang tidak kalah menariknya. Di Indonesia sendiri, espresso sering dicampurkan dengan susu dan gula aren untuk menghasilkan hidangan es kopi gula aren. Itulah beberapa informasi terkait perbedaan Americano dengan espresso yang penting untuk diketahui. Jika tidak ingin repot dalam menikmati kedua sajian menu kopi tersebut, Anda bisa menggunakan mesin dan kapsul pintar NESCAFÉ Dolce Gusto yang menghasilkan tekanan yang pas dan dirancang khusus untuk memastikan setiap kopi yang dihasilkan memiliki aroma, cita rasa kualitas kafe dan konsisten.

 

NESCAFÉ Dolce Gusto juga memiliki kedua varian, baik Americano dan Espresso, yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih siap untuk memulai aktivitas harian. Segera nikmati Americano dan espresso Anda bersama NESCAFÉ Dolce Gusto. Menariknya, dengan kopi dan mesin NESCAFÉ Dolce Gusto yang dimiliki, setiap orang pun kini sudah bisa menikmati kopi ala kafe setiap saat. Sungguh menggoda ‘kan?