You have reached the website

Cara Menggunakan dan Merawat Mesin Kopi Espresso Otomatis Agar Tetap Awet

Cara Menggunakan dan Merawat Mesin Kopi Espresso Otomatis Agar Tetap Awet

Secara umum mesin kopi terbagi ke dalam dua jenis, yakni mesin kopi manual dan mesin kopi otomatis. Satu hal yang menjadi persamaan keduanya adalah kemampuannya untuk membuat Espresso. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa mesin kopi ini sering kali disebut juga sebagai mesin kopi Espresso.

Berbeda dengan yang manual, mesin kopi Espresso otomatis perlu dirawat sedemikian rupa agar hasil kopi yang diberikan tidak berubah. Pasalnya, nikmat atau tidaknya secangkir kopi juga dipengaruhi oleh peralatan yang digunakan.

Maka dari itu, setiap pemilik mesin kopi espresso ini perlu merawat mesin kopinya agar berumur panjang tanpa mengalami pengurangan kualitas terhadap kopi yang dihasilkan. Namun, terlebih dahulu Anda harus paham cara tepat menggunakan mesin.

Jangan sampai hanya karena ketidaktahuan menggunakan mesin kopi jenis ini, rasa minuman yang dihasilkan pun jadi tidak nikmat.

Cara Menggunakan Mesin Kopi Espresso

  1. Mengatur Penggilingan

Hal paling dasar dari proses pembuatan secangkir kopi dengan menggunakan mesin kopi otomatis, yakni memastikan bahwa penggilingnya diatur dengan baik. Pasalnya, mesin bakal melakukan penggilingan sesuai dengan permintaan Anda.

Ketika bersedia memberikan waktu khusus untuk menyesuaikan gilingan, maka Anda bisa saja meningkatkan hasil kopi yang dibuat. Mengatur penggilingan bertujuan untuk memberikan hasil kopi yang nikmat.

  1. Memastikan Volume

Volume ini sebenarnya mengacu pada tingkatan air yang ada di dalam mesin kopi untuk membuat secangkir kopi. Adapun aturan praktis volume mesin, yakni 15 ml untuk satu shot dan 30 ml untuk double shot Espresso.

Baca Juga: Mengenal Proses Pembuatan Espresso Coffee

Yang perlu dicatat, setiap mesin biasanya punya volume air yang berbeda-beda tergantung peruntukannya. Jika ingin membuat kopi dalam jumlah banyak, maka kapasitas volume air mesin biasanya juga tinggi.

  1. Mengatur Jumlah Biji Kopi

Selain volume, cara penggunaan mesin kopi Espresso juga perlu memperhatikan pengaturan jumlah biji kopi. Setiap mesin kopi memungkinkan penggunanya untuk memilih jumlah biji kopi yang bakal digunakan, baik dalam ukuran gram maupun ons.

Cara Merawat Mesin Kopi Espresso

Setiap selesai digunakan, pemilih mesin kopi Espresso sebaiknya perlu melakukan pembersihan terhadap seluruh komponen mesin. Anda bisa memulainya dari bagian Head mesin di mana biasanya ada banyak minyak dan partikel kopi yang menempel pada bagian tersebut.

Perawatannya pun bisa Anda lakukan dengan mencucinya hingga bersih. Berikut caranya merawat sekaligus membersihkannya!

  1. Pisahkan Brew Basket dan Filter lalu buang serta bersihkan ampas yang tersisa
  2. Siram dengan menggunakan air panas dan gunakan sabun khusus yang memang diformulasikan untuk menghilangkan minyak
  3. Cuci komponen mesin yang memang bisa terkena air dengan menggunakan spons atau kain lembut untuk menghilangkan bubuk kopi serta residu berminyak
  4. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat
  5. Berikutnya, seka dengan kertas tisu atau kain lembut yang kering setiap bagian dari mesin
  6. Ketika semua bagian telah mengering, maka pasang kembali komponen mesin seperti semula

Demikian tadi informasi singkat mengenai cara menggunakan dan merawat mesin kopi espresso otomatis agar tetap awet. Yang jelas, sama seperti mesin kopi Espresso lainnya, mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto Anda juga perlu pembersihan dan perawatan secara berkala.

Hanya saja, mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto dengan segala kehebatannya, membuat Anda tidak perlu melakukan perawatan secara berlebihan. Cukup lakukan perawatan berkala dan Anda akan mendapatkan kopi dengan kualitas tinggi dengan menggunakan mesin ini.

Selain itu, selalu jaga mesin agar tetap bersih setelah digunakan dan lakukan proses dekalsifikasi atau penghilangan kerak setiap 3 atau 4 bulan sekali. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!