You have reached the website

Cara Membuat Kopi Espresso Tanpa Mesin. Sudah Tahu?

cara membuat kopi espresso tanpa mesin

Kopi espresso tentu sudah tidak asing bagi para pencinta kopi. Sayangnya, tidak semua orang bisa menghasilkan minuman yang satu ini. Pasalnya, dibutuhkan mesin khusus untuk agar kopi bisa diekstraksi secara sempurna dan menghasilkan kopi espresso.

Pertanyaannya, bisakah kopi espresso dihasilkan tanpa mesin khusus yang mahal? Jawabannya tentu saja bisa. Untuk mengulik lebih lanjut tentang bagaimana cara membuat kopi espresso tanpa mesin, simak ulasannya berikut ini!

Rebus Kopi dengan Moka Pot

Cara pertama membuat kopi espresso tanpa menggunakan mesin adalah dengan merebus kopi dengan Moka Pot. Alat pembuat kopi espresso yang satu ini mampu menghasilkan espresso dengan cita rasa yang kuat, sehingga cocok untuk dijadikan menu kopi susu.

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cara membuat espresso dengan Moka Pot perlu butuh waktu lama karena harus dipanaskan di atas kompor berapi kecil terlebih dahulu.

Caranya, isi bagian paling bawah moka pot dengan air panas hingga garis batas. Setelah itu, masukkan bubuk kopi yang sudah digiling halus ke dalam saringan Moka Pot. Gunakan api kecil untuk memanaskan Moka Pot.

Ketika espresso mulai diekstraksi dan naik ke bagian atas Moka Pot, maka akan terdengar suara seperti air direbus. Segera angkat agar kopinya tidak gosong dan kopi espresso pun bisa dinikmati.

Tekan dengan Aeropress

Berikutnya, Anda bisa bikin kopi espresso hanya dengan sekali tekan Aeropress. Berbeda dengan Moka Pot yang hampir menyerupai cerek, Aeropress tampak kokok dengan bentuk silinder dan saringan di bagian bawahnya.

Jika dilihat dari proses kerjanya, Aeropress tampak seperti jarum suntik.

Cara membuat espresso dengan Aeropress, yakni letakkan saringan di tutup bagian bawah Aeropress yang dipakai untuk menyaring kopi. Letakkan Aeropress di atas gelas untuk menampung kopi espresso. Berikutnya, masukkan dua sendok bubuk kopi yang digiling halus lalu tuang setengah gelas air panas. Selanjutnya, aduk pakai sendok dan diamkan selama 30 detik.

Terakhir, tekan plunger Aeropress secara perlahan untuk mengekstraksi kopi espresso yang siap Anda nikmati.

Baca Juga: Mengenal Kopi Espresso dan Karakteristiknya

Espresso Manual dengan Rok Presso

Terakhir, Anda bisa membuat espresso dengan memanfaatkan mesin kopi espresso manual bernama Rok Presso. Sebelumnya Rok Presso ini hanya disebut Presso. Proses pengembangannya yang makin kokoh membuat alat ini dikenal dengan Rok Presso.

Langkah awal untuk menghasilkan kopi espresso dengan Rok Presso adalah dengan memasukkan bubuk kopi yang sudah digiling halus ke PortaFilter dan padatkan dengan Tamper Spoon. Selanjutnya isi air panas ke tempatnya dalam posisi lengan yang tertutup.

Tarik kedua lengan Rok Presso ke atas secara perlahan dan air akan membasahi permukaan bubuk kopi. Berikutnya, tekan kedua lengan ke bawah dalam satu gerakan secara seimbang. Setelah mentok, tahan posisi Anda hingga kopi espresso mengalir ke gelas.

Demikianlah sekilas informasi mengenai cara membuat kopi espresso tanpa menggunakan mesin.. Jika Moka Pot, Aeropress, dan Rok Presso menuntut Anda membuat kopi espresso dengan cara manual, maka Coffee Maker NESCAFÉ Dolce Gusto jauh lebih mudah, bahkan terbilang otomatis.

Coffee Maker NDG ini terdiri dari berbagai varian mesin dan kopi kapsul. Desain dan tampilan mesinnya bisa dikatakan sebagai sentuhan terakhir yang membungkus daya tarik mesin kopi secara keseluruhan.

Hal ini juga menjadi pemikat pertama untuk menarik perhatian orang yang melihatnya. Jika Anda mencari mesin kopi dengan desain yang menawan, NESCAFÉ Dolce Gusto dapat dijadikan pilihan. Beberapa mesin NESCAFÉ Dolce Gusto antara lain Genio S Plus, Mini Me Lower Wattage, Piccolo XS.

Semua mesin ini NESCAFÉ Dolce Gusto memiliki tekanan hingga 15 bar untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Proses pembuatannya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu mengambil kapsul kopi, memasukkannya ke dalam mesin kopi, menunggu sekitar satu menit, dan menekan tombol. Secangkir kopi berkualitas pun sudah siap Anda nikmati setiap hari.

Untuk kapsul kopinya sendiri, NESCAFÉ Dolce Gusto memiliki banyak varian yang bisa menyesuaikan keinginan Anda. Mulai dari Grande Intenso dan Espresso Intenso. Namun, jika Anda lebih menyukai kopi dengan susu, ada pula pilihan kapsul kopi Cappuccino, Latte Macchiato, Flat White.

Menarik ‘kan?

Sebagai kesimpulan, untuk bisa membuat kopi espresso yang nikmat, Anda memerlukan peralatan yang tepat dan sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Semoga informasi ini berguna untuk Anda!