You have reached the website

Rasakan Nikmatnya Ngopi di Pagi Hari dengan 5 Tips Berikut Ini!

Rasakan Nikmatnya Ngopi di Pagi Hari dengan 5 Tips Berikut Ini!

Baik di kota besar maupun kecil, telah terdapat banyak coffee shop yang menyajikan berbagai jenis minuman kopi sebagai menu utamanya. Hadirnya coffee shop di setiap sudut kota tentu saja menjadi angin segar bagi para pencinta kopi. Saat ini minuman sederhana yang memiliki perjalanan panjang tersebut akhirnya telah menjadi gaya hidup sebagian besar orang. Seiring berjalannya waktu, tak sedikit pula orang yang ingin menghadirkan pengalaman minum kopi tersebut di rumah karena dirasa lebih hemat dan praktis.

Namun, untuk dapat menghadirkan kenikmatan ngopi di pagi hari dari rumah, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Apa saja?

Cara Menyimpan Biji Kopi

Empat faktor utama yang dapat memengaruhi kualitas dan cita rasa biji ataupun bubuk kopi adalah udara, kelembapan, cahaya, dan panas. Kopi merupakan sebuah bahan yang rentan mengalami masalah, sehingga, jika terjadi sedikit kesalahan kecil saja, aroma dan cita rasa alaminya dapat hilang begitu saja. Hal ini tentu saja akan mengurangi kenikmatan ngopi di pagi hari bagi Anda.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki tempat ideal untuk menyimpan biji atau bubuk kopi tersebut agar aroma dan cita rasanya terjaga ketika diseduh. Tempat yang paling tepat untuk menyimpan biji dan bubuk kopi yang Anda miliki adalah tempat yang kering, bersih, tertutup rapat, sejuk, serta gelap. Hindari untuk tidak menyimpannya di kulkas, karena hal ini malah akan membuat biji atau bubuk kopi yang Anda semakin lembap ketika dikeluarkan dan aroma bahan makanan lain juga akan menempel pada kopi Anda.

Baca Juga: Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan Sambil Ngopi di Pagi Hari

Bijak Dalam Mencampur Jenis Kopi

Seperti diketahui, biji kopi memiliki harga yang beragam tergantung dari jenis kopinya. Contohnya, kopi Arabika hingga saat ini masih menjadi primadona dengan harga yang lebih tinggi, karena tingkat pemeliharaan dan perawatannya yang lebih sulit daripada kopi jenis Robusta ataupun Liberika. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa banyak orang mulai mencampurkan beberapa jenis kopi, untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Namun sejatinya, mencampur beberapa jenis kopi tanpa pengetahuan yang cukup malah akan mengurangi keistimewaan dan tentunya kenikmatan Anda ketika ngopi di pagi hari. Meski demikian, mencampur beberapa jenis kopi bukanlah sebuah kesalahan, karena Anda boleh bereksperimen dan menentukan bagaimana cita rasa yang ingin dihadirkan dalam segelas kopi yang akan Anda nikmati.

Rasio Bubuk Kopi dan Air (Coffee-to-Water Ratio) 

Air adalah sebuah komponen utama untuk menyeduh secangkir kopi. Sehingga, perbandingan antara bubuk kopi dan air yang Anda gunakan menjadi kunci penting untuk menghadirkan kenikmatan di momen ngopi di pagi hari Anda. Apabila rasio yang digunakan kurang tepat, maka kenikmatan dalam secangkir kopi juga akan terpengaruh, misalnya saja kopi yang Anda buat jadi terlalu encer atau malah terlalu kental.

Pada umumnya, rasio yang digunakan oleh para barista adalah 1:16. Jika dikalkulasikan secara rinci, itu berarti dapat dikatakan untuk setiap 9 gram bubuk kopi yang ditaburkan, Anda perlu menggunakan air sebanyak 150 ml.

Temperatur Air yang Digunakan

Lagi-lagi, air adalah faktor utama dalam menciptakan kenikmatan ngopi di pagi hari Anda. Ketepatan temperatur air yang akan digunakan untuk menyeduh akan berpengaruh pada kopi Anda. Pasalnya, bubuk kopi memiliki ekstraksi tersendiri agar dapat larut dengan sempurna dengan air. Suhu juga berpengaruh pada rasa karena ketidaktepatan suhu mampu menghadirkan rasa asam dan tawar. Apabila Anda ingin menyajikan kopi dalam keadaan dingin, sebaiknya larutkan dahulu bubuk kopi Anda dengan air panas. Apabila bubuk kopi sudah larut dengan rata, barulah Anda dapat menambahkan air dingin dan es batu sesuai keinginan.

Nikmati dengan Makanan yang Tepat

Ngopi di pagi hari tentu akan terasa lebih mantap jika dinikmati bersama dengan makanan ringan yang sesuai dengan jenis kopi yang Anda buat. Jika Anda menggunakan biji kopi Indonesia, maka makanan pendamping yang tepat adalah singkong atau pisang goreng, ubi bakar, atau bahkan kacang tanah yang telah direbus. Beda halnya jika Anda menggunakan biji kopi yang berasal dari mancanegara. Kopi yang berasal dari negara selain Indonesia biasanya memiliki aroma bunga dan buah yang kuat, oleh karena itu, kopi jenis ini cocok disandingkan dengan cake, biskuit, atau cokelat.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kenikmatan ngopi di pagi hari. Apabila tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal di atas, Anda tidak perlu khawatir. Untuk mendapatkan pengalaman ngopi di pagi hari yang berkualitas dengan cara yang lebih praktis, Anda dapat mencoba kopi dari NESCAFÉ Dolce Gusto. NESCAFÉ Dolce Gusto menyediakan berbagai varian kopi modern yang bisa Anda nikmati tanpa harus melalui pembuatan kopi yang rumit. NESCAFÉ Dolce Gusto tersedia dalam varian Espresso Intenso, Grande Intenso, Cappuccino, Latte Macchiato, dan Flat White. Yuk, coba sekarang juga!