You have reached the website

Tips Merawat dan Membersihkan Mesin Kopi Espresso di Rumah

 

Mesin kopi espresso bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menghasilkan kopi dengan cita rasa yang nikmat. Namun, dengan kemampuan yang dimilikinya, para pemilik mesin juga perlu melakukan perawatan yang tepat agar senjata ini bisa tetap berfungsi secara optimal dan cita rasa kopi yang dihasilkan tetap stabil.

Sebagai pengguna, Anda tidak bisa hanya menggunakan peralatan mesin espresso secara terus menerus. Terdapat berbagai hal yang perlu dilakukan agar mesin Anda tetap awet dan dapat digunakan selama jangka panjang. Lantas, bagaimana cara merawat dan membersihkan mesin kopi espresso di rumah? Simak beberapa tipsnya di bawah ini!

Baca Juga: 6 Kelebihan Mesin Kopi NESCAFÉ Dolce Gusto

Hindari Penggunaan Bahan Kimia

Meski terbilang mampu membersihkan dengan sempurna, penggunaan pembersih berbahan kimia justru berbahaya bagi mesin. Pasalnya, cita rasa kopi sangat sensitif terhadap bahan kimia tertentu. Penggunaan bahan-bahan kimia saat membersihkan bisa saja membuat bahan tersebut mengendap pada mesin kopi espresso serta memengaruhi cita rasa kopi.

Jika hal ini terjadi, cita rasa kopi yang dihasilkan tidak lagi maksimal. Sebagai solusi, Anda hanya perlu menggunakan air untuk membersihkan mesin. Kemudian, untuk mengangkat sisa-sisa kopi yang menempel, Anda bisa menggunakan lap bersih dan lembut.

Jangan Menggunakan Air Panas

Anda dapat melakukan pembersihan dengan mencampurkan NESCAFÉ Dolce Gusto liquid descaler dan setengah liter air bersuhu ruang. Namun, selain itu Anda juga dapat tetap melakukan proses pembersihan menggunakan air saja. Salah satu hal yang perlu dicatat, yakni penggunaan air saat membersihkan mesin. Jangan pernah menggunakan air panas untuk membersihkan komponen-komponen mesin. Hal ini disebabkan oleh adanya bagian mesin yang sering kali terbuat dari porselen, kaca, atau keramik yang rawan pecah saat terkena air panas.

Gunakan Sikat Halus

Beberapa pengguna mesin kopi espresso sering kali memakai sikat kasar untuk membersihkan kawat-kawat besi atau plastik. Padahal sikat tersebut justru bakal menggores bagian-bagian dari mesin kopi yang ada. Agar aman membersihkan peralatan ini, Anda dapat memakai sponge berbahan lembut.

Selalu Gunakan Lap Bersih yang Lembut

Terakhir, Anda wajib menggunakan lap bersih dengan bahan lembut selama proses pembersihan mesin kopi espresso. Jangan pernah membiarkan mesin dalam keadaan basah setelah dibersihkan sebab bisa berdampak buruk pada kelangsungan mesin.

Nah, bagi pemilik mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto, ada baiknya pula jika Anda melakukan perawatan terhadap mesin kopi yang dimiliki selama di rumah. Bagaimana caranya? Perhatikan hal-hal berikut ini!

  1. Jaga selalu kebersihan tangki air sebab bagian ini merupakan salah satu komponen utama
  2. Bersihkan wadah penadah dengan sikat bersih agar terhindar kotoran yang tersisa
  3. Bersihkan pula kedua sisi tempat kapsul pintar kopi dengan menggunakan air bersih
  4. Hindari penggunaan sabun cuci piring saat membersihkan mesin NESCAFÉ Dolce Gusto
  5. Jangan lupa untuk mematikan mesin terlebih dahulu dan mencabut kabelnya. Pastikan mesin benar-benar kering sebelum menggunakannya kembali

Demikianlah sekilas informasi mengenai proses perawatan dan pembersihan mesin kopi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.      Cukup dengan melakukan perawatan berkala, maka Anda pun bisa menikmati secangkir kopi setiap hari, apalagi dengan menggunakan NESCAFÉ Dolce Gusto.

Selalu jaga mesin Anda agar tetap bersih setelah digunakan dan lakukan proses penghilangan kerak setiap 3 atau 4 bulan sekali. Sementara untuk proses pembersihan mesin sehari-hari, Anda hanya perlu mencuci pegangan kapsul pintar, tangki air, dan nampan penadah. Cukup mudah 'kan?