You have reached the website

Cara Menikmati Secangkir Espresso Coffee

 

Para penikmat kopi tentu tidak asing lagi dengan hidangan espresso coffee. Pada dasarnya, kopi ini dibuat dengan memanfaatkan suhu tinggi, baik pada air maupun tekanan barnya. Tak hanya itu, bubuk kopinya sendiri menggunakan bubuk kopi yang telah digiling halus, kemudian dipadatkan, dan diratakan di portafilter untuk mendapatkan hasil terbaik.

Sebagai menu kopi yang pekat dan tampak biasa saja, espresso sebenarnya punya beberapa lapisan menarik yang perlu Anda ketahui. Lapisan-lapisannya yakni crema di paling teratas, cairan kopi yang punya rasa asam dan manis di tengah, serta The Heart of Espresso atau cairan gelap di paling bawah.

Baca Juga: Mengenal Kopi Espresso dan Karakteristiknya

Dalam pembuatannya, espresso coffee terbilang fleksibel karena dapat dibuat dengan peralatan manual maupun dengan mesin modern. Selain itu, Anda juga bebas untuk menyajikannya menjadi single shot atau double shot, tergantung selera pribadi. Namun, pada umumnya, hidangan ini bisa dinikmati dengan cara-cara berikut ini:

  1. Tidak menambahkan gula demi mendapatkan rasa yang sempurna
  2. Tidak menambahkan susu agar mempertahankan cita rasa espresso yang khas
  3. Minum espresso kapan dan di mana saja, baik pagi hari atau sore hari
  4. Diminum segera agar kenikmatan crema pada secangkir espresso coffee dapat langsung dinikmati

Tetapi, sedikit berbeda dengan cara umum tersebut, terdapat beberapa cara khusus dalam menikmati secangkir espresso coffee. Seperti apa cara tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

Memesan Langsung di Bar dan Meminum dengan Cepat

Seketika setelah Anda mendapatkan espresso coffee dari tangan barista, minumlah langsung espresso coffee sehingga tidak ada waktu lebih lama lagi yang terbuang. Hal ini terutama sangat mungkin dilakukan, bahkan dengan sekali teguk, karena ukuran penyajian espresso adalah sekitar 30–50 ml per 1 shot

Membersihkan Langit-langit Mulut Sebelum Menyesap Espresso

Apabila akan menikmatinya setelah makan, ada baiknya untuk membersihkan langit-langit mulut terlebih dahulu dengan meminum sparkling water. Tujuannya adalah agar Anda dapat merasakan cita rasa yang dimiliki satu shot espresso dengan lebih jelas lagi.

Tidak Meminum Espresso Tanpa Crema

Tradisi lainnya yang mungkin akan Anda temui di Eropa adalah hanya meminum espresso yang memiliki crema dan menghindari yang tanpa crema. Pasalnya, crema dipercaya sebagai salah satu indikator segar atau tidak segarnya secangkir espresso coffee. Menarik, bukan?

Menghirup Aroma Espresso Sebelum Meminumnya

Terakhir, menghirup aroma espresso sebelum meneguknya adalah hal yang wajib dilakukan. Aroma adalah bagian utama dari keistimewaan kopi yang mampu membangkitkan selera para penikmat kopi. Maka dari itu, para penikmat kopi cenderung mengawali menyantap kopi dengan menghirup dan menghayati aromanya.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai cara menikmati espresso coffee, Pada dasarnya, setiap pengalaman meminum kopi tersebut terbentuk agar menyesuaikan dengan selera pribadi masing-masing. Apabila Anda tidak ingin ribet, mencoba mesin NESCAFÉ Dolce Gusto dengan varian short cup coffee seperti Espresso atau Espresso Intenso bisa jadi pilihan.

Dengan proses pembuatan yang sangat mudah, segelas kecil short cup coffee yang diciptakan dihasilkan  akan memiliki crema yang lembut serta dengan cita rasa buah dan rempah yang memukai. Biji kopi NESCAFÉ Dolce Gusto telah melalui proses roasting pada tingkat medium dark yang sempurna, sehingga secangkir kopi yang dihasilkan mampu memberikan pengalaman baru menikmati kopi ala kafe untuk Anda.