You have reached the website

Mengenal Si Klasik Americano Coffee yang Kini Menjadi Tren

 

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai asal usul secangkir Americano coffee yang sering kali dipesan di kafe-kafe? Seperti apa minuman ini pada mulanya sebelum menjadi salah satu hidangan yang paling banyak dipesan? Sebelum berlanjut membahas sejarahnya secara spesifik, Anda perlu mengenal awal mula kopi terlebih dahulu.

Pada mulanya kopi secara umum baru diperkenalkan sebagai sebuah hidangan minuman pada abad ke-17. Sebelumnya, yang paling banyak dinikmati adalah teh. Namun, terjadinya revolusi di Amerika Serikat menghasilkan Boston Tea Party, di mana para penduduknya melakukan protes terhadap Britania Raya karena harus membeli teh dan membayar pajak dengan jumlah besar pada Britania Raya.

Pada protes tersebut, mereka menghambur-hamburkan teh ke Boston Harbor untuk menunjukkan kekesalan. Setelahnya, muncullah kopi sebagai alternatif dan menggeser keberadaan teh. Alhasil, kopi berhasil mencapai popularitas pada tahun 1864.

Baca Juga: Inilah 5 Perbedaan Americano dan Espresso

Nah, di antara berbagai kopi tersebut, salah satunya hidangannya yang terus dinikmati hingga kini adalah Americano coffee. Seperti apa perkembangan menu kopi ini hingga menjadi sebuah tren? Cari tahu ulasannya di bawah ini!

Sejarah Lahirnya Americano

Secara harfiah, Americano diartikan sebagai “orang-orang Amerika.” Sejarahnya bermula pada Perang Dunia II di mana tentara Amerika yang berada di Italia saat itu tidak terlalu suka dengan kopi yang ditawarkan oleh tentara Italia.

Menurut mereka, kopi Italia punya rasa yang terlalu pahit dan berbeda dengan kopi yang selama ini diminum. Akhirnya tentara Amerika mengakalinya dengan menambahkan lebih banyak air ke dalam espresso. Setelah kejadian tersebut, Americano pun populer di seluruh Amerika Serikat dan menyebar ke daratan Eropa.

Cara Penyajian Americano

Sama seperti cerita lahirnya secangkir Americano coffee, penyajiannya pun terbilang sederhana. Pasalnya, menu ini hanya memerlukan satu atau dua shot espresso serta air panas. Namun, untuk proses pembuatan americano sendiri terbagi menjadi dua cara.

Beberapa orang akan menuang espresso ke dalam cangkir terlebih dahulu lalu menambahkan air panas dan sedikit gula. Namun untuk cara kedua, air panas lebih dulu dituang ke dalam gelas, baru kemudian diikuti dengan espresso.

Pada proses kedua, tujuan utamanya adalah guna mendapatkan crema kopi. Selain itu, dengan begini, espresso yang diperoleh juga akan tetap utuh sebab tidak terpecah oleh air panas saat dituangkan.

Kemudian, salah satu hal menarik yang dari perkembangan Americano dan bisa disaksikan di kafe atau kedai kopi yang bertebaran saat ini, yaitu penambahan es batu. Pemberian es batu ini memungkinkan penikmat kopi bisa mencicipinya dalam keadaan dingin.

Teknik Pembuatan Americano

Berbeda dengan pembuatan menu kopi lainnya, Americano coffee dapat dibuat dengan berbagai teknik yang menyesuaikan dengan kemampuan penikmatnya. Teknik-teknik tersebut antara lain metode filter dan juga French press.

Bagi Anda yang tidak suka menghabiskan waktu lama, metode filter bisa menjadi pilihan karena kemudahannya. Anda hanya perlu meletakkan bubuk kopi di atas kertas filter dan menuang air panas di atasnya. Sedangkan, untuk metode kedua, Anda memerlukan peralatan French press, memasukkan bubuk kopi, menuang air panas, dan menunggu beberapa waktu sebelum menuang kopi ke dalam gelas.

Rasa yang Dihasilkan Americano

Berdasarkan proses pembuatannya yang cukup mudah, sebagian orang menganggap bahwa rasa yang dihasilkan oleh Americano sama saja dengan espresso. Faktanya, anggapan ini kurang tepat sebab secangkir kopi klasik ini punya rasa yang lebih ringan dibandingkan espresso. Tidak hanya itu, suhu penyajian Americano juga cenderung lebih panas dibandingkan dengan menu kopi lainnya.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai si klasik Americano coffee yang kini menjadi salah satu menu populer karena cita rasanya yang khas. Apabila tertarik menikmatinya di rumah sendiri, Anda dapat melakukan metode filter atau French press.

Untuk proses penyajian yang lebih cepat dan mudah, NESCAFÉ® Dolce Gusto dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk membuat secangkir Americano Coffee. NESCAFÉ® Dolce Gusto adalah mesin modern di mana kemudahan pembuatannya hadir dengan beragam kapsul pintar, termasuk kapsul NESCAFÉ® Dolce Gusto Americano.

Kapsul pintar tersebut adalah kapsul yang secara otomatis mengatur sebepara besar tekanan yang harus dikeluarkan saat membuat kopi, misalnya tekanan tinggi untuk secangkir kecil Espresso dan tekanan ringan untuk membuat segelas Latte Macchiato dengan buih tebal di atasnya. Tertarik buat mencoba?