You have reached the website

Agar Ngopi di Rumah Makin Menyenangkan, Tingkatkan Rasa Nyaman dengan Tips Berikut

Agar Ngopi di Rumah Makin Menyenangkan, Tingkatkan Rasa Nyaman dengan Tips Berikut

Bagi Anda yang menghabiskan waktu lebih banyak di rumah, pilihan ngopi di rumah tentu sudah jadi hal mutlak. Berkendara ke luar rumah, mencari cafe dengan kopi nikmat, dan menunggui barista meracik kopi jelas menghabiskan banyak waktu. Belum lagi jika Anda mau tidak mau terjebak macet. Pilihannya jatuh pada aktivitas ngopi di rumah.

Tapi, benarkah ngopi di rumah bisa tetap senikmat ala cafe? Jawabannya, iya. Asalkan Anda tahu bagaimana cara mengelolanya, menikmati secangkir kopi nikmat sambil bercengkrama dengan keluarga tentu bakal jadi momen tak tergantikan.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kenyamanan ngopi di rumah. Penasaran? Langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Investasi Pada Alat Seduh Kopi

Langkah pertama yang bisa Anda tempuh demi memeroleh kenikmatan ngopi di rumah adalah berinvestasi pada alat seduh kopi. Beberapa orang menganggap bahwa punya peralatan kopi sendiri tentu butuh anggaran yang tidak sedikit.

Nyatanya, Anda tidak wajib punya mesin kopi mahal agar bisa ngopi di rumah. Pasalnya, ada banyak pilihan alat seduh kopi yang punya harga terjangkau, tapi tetap cocok untuk menyeduh kopi di rumah.

Baca Juga: Tips Ngopi di Rumah Supaya Tetap Produktif Sepanjang Hari

Beberapa di antaranya, yakni Moka Pot, French Press, V60, Vietnam Drip, atau Aeropress. Alat seduh kopi manual ini sangat mudah didapatkan, jadi Anda hanya perlu punya bubuk kopi kesukaan, lalu seduh dengan air panas menggunakan salah satu peralatan ini. Dijamin setiap pagi Anda akan bersemangat ngopi di rumah.

Coba Berbagai Pilihan BIji Kopi

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Anda hanya perlu bubuk kopi kesukaan untuk melengkapi alat seduh kopi yang dimiliki. Mencoba berbagai pilihan biji kopi bakal sangat membantu Anda bebas dari rasa bosan ngopi di rumah.

Perlu dipahami bahwa secara umum ada dua jenis kopi, yaitu arabika dan robusta. Apa yang membedakan keduanya?

Arabika punya kadar kafein dua kali lebih rendah dibanding robusta. Kadar gula pada kopi arabika juga dua kali lebih tinggi daripada robusta. Dari segi harga, kopi arabika biasanya lebih mahal dibanding robusta. Hal ini disebabkan oleh sulitnya perawatan tanaman kopi arabika.

Di Indonesia sendiri, jenis kopi keduanya bisa berasal dari daerah mana saja. Namun, tingkatan rasa yang dihasilkan jelas berbeda karena ada banyak faktor yang memengaruhi rasa sebuah jenis kopi. Tergantung Anda mau pilih yang mana.

Yang perlu dicatat, jangan sampai Anda menyimpan bubuk kopi terlalu lama. Semakin lama bubuk kopi disimpan, semakin kurang intensitas rasanya. Perhatikan pula tempat penyimpanannya, jangan sampai bubuk kopi ditempatkan di area lembap atau terkena matahari langsung.

Menikmati Kopi di Waktu dan Gelas yang Berbeda

Tahukah Anda bahwa menikmati kopi di pagi hari jelas berbeda dengan menikmati kopi di sore, apalagi malam hari? Para pencinta kopi tentu paham mengenai hal ini. Jika selama ini Anda akrab dengan kopi di pagi hari, tidak ada salahnya untuk mencoba ngopi di sore hari sambil bersantai di teras rumah.

Selain faktor waktu, penggunaan gelas juga bisa membuat sensasi ngopi di rumah terasa beda. Bagi Anda yang minum kopi dari gelas kaca, tidak ada salahnya untuk mencoba gelas keramik yang biasa digunakan untuk menyajikan Cappucino.

Atau untuk pengalaman yang berbeda, Anda bisa menuang kopi terlebih dahulu di V60 Glass Coffee Server sebelum menikmatinya di gelas Duralex. Dengan begini, Anda tidak akan pernah merasa bosan ngopi di rumah dan bisa dengan nyaman menikmati kafein.

Ajak Keluarga atau Teman Dekat

Langkah terakhir yang bisa Anda tempuh adalah dengan mengajak keluarga atau teman dekat untuk ngopi bareng di rumah. Namun sebelumnya, Anda perlu menyiapkan biji kopi terbaik yang sama-sama disukai.

Tunjukkan pada mereka bagaimana Anda membuat kopi sehari-hari, jelaskan biji kopi yang Anda gunakan, terakhir sediakan pendamping untuk secangkir kopi hidangan Anda. Pendamping ini bisa berupa cookies atau kacang-kacangan.

Sambil menikmati hidangan ini, Anda bisa menyetel televisi dan menonton film di rumah. Hasilnya, tentu tidak akan mengecewakan setiap orang.

Untuk membuat aktivitas ngopi di rumah jadi lebih menyenangkan, Anda bisa mencoba mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto yang hasilnya tidak kalah dengan kopi dari coffee shop.

Mesin kopi ini dirancang untuk menyeduh menggunakan kapsul yang praktis, sehingga mudah digunakan. Kapsulnya pun terdiri dari berbagai varian, mulai dari kopi hitam, kopi dengan susu, teh, bahkan cokelat.

Dengan mode panas dan dingin, Anda bisa membuat minuman sesuai keinginan Anda. Cukup 4 langkah mudah, POP, LOCK, SWITCH and BREW, minuman ala cafe siap disajikan. Kini Anda bisa menikmati ngopi di rumah ala cafe dengan NESCAFÉ Dolce Gusto.

Jadi, tidak ada lagi anggapan bahwa ngopi di rumah itu membosankan.