You have reached the website

Tentang Mesin Kopi Manual dan Cara Kerjanya

 

Tumbuhnya industri kopi selaras dengan semakin banyaknya orang yang menganggapnya sebagai minuman wajib sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Nah, salah satu komponen utama yang menjadi penting dari secangkir kopi nikmat yakni mesin kopi itu sendiri.

Secara umum, ada tiga jenis mesin yang biasa digunakan dalam membuat kopi, yaitu mesin otomatis, semi otomatis, dan juga mesin kopi manual. Ketiga jenis mesin ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, khusus untuk mesin kopi manual, para penikmat kopi dapat meracik dan berkreasi sendiri dengan kopi buatannya karena semuanya dilakukan sendiri.

Kemudian, terdapat beragam jenis mesin kopi manual yang tersedia di pasaran yang bisa disesuaikan dengan preferensi Anda. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini!

French Press, Tabung Sederhana dengan Plunger

Peralatan French press terdiri dari tiga komponen utama, yaitu tabung kaca, plunger, dan saringan. Kemudian, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menggunakan alat ini antara lain bubuk kopi yang telah digiling halus dan juga air panas.

Baca Juga: Rekomendasi Mesin Espresso untuk di Rumah

Cara kerjanya adalah dengan menuang air panas ke dalam tabung kaca yang berisi bubuk kopi dan membiarkannya selama 4 menit sebelum plunger ditekan. Setelah durasi tersebut, Anda cukup menekannya ke dasar, mendiamkannya sebentar, dan menuang kopi ke dalam cangkir. Metode ini memungkinkan kopi yang dihasilkan tidak memiliki ampas.

Moka Pot, Pembuat Kopi Ala Orang Italia

Mesin manual yang satu ini sebenarnya merupakan peralatan kopi tradisional yang berasal dari Italia. Alfonso Bialetti menciptakan peralatan ini untuk pertama kalinya pada tahun 1933, sehingga, di antara mesin lainnya dalam daftar ini, penampilannya pun merupakan yang paling klasik.

Untuk membuat kopi dengan menggunakan Moka Pot, Anda hanya perlu mendidihkan air di dalam peralatan ini di mana bubuk kopi telah dimasukkan terlebih dahulu. Kemudian, air yang mendidih tersebut akan menghasilkan uap dan menekan bubuk kopi sampai menembus saringan yang ada di atasnya. Hasilnya, secangkir espresso pun siap untuk Anda nikmati.

V60, Bikin Kopi Pakai Kertas Filter

V60 merupakan alat manual yang baru digunakan pertama kali di Tokyo, Jepang pada tahun 2004 setelah diciptakan oleh perusahaan Hario. Namun, yang menjadikannya spesial di antara pilihan mesin yang klasik adalah metode pembuatannya yang mengandalkan kertas filter.

Dalam membuat kopi dengan alat ini, pertama-tama, bubuk kopi dituang terlebih dahulu ke dalam kertas filter yang sudah dipasang di atas corong yang menyerupai huruf V. Kemudian, bubuk tersebut disiram dengan air panas. Air yang dituangkan tersebut akan melewati bubuk dan menghasilkan minuman kopi yang bisa Anda seduh.

Itu tadi sekilas informasi mengenai mesin kopi manual. Yang jelas, ketiga mesin di atas membutuhkan mekanisme manual di mana Anda akan memerlukan banyak waktu dalam pembuatan kopi. Tidak hanya itu, Anda mungkin juga memerlukan pengetahuan mendalam seputar kopi agar dapat mengoperasikannya secara tepat.

Namun, jika Anda ingin cara pembuatan kopi nikmat yang mudah dengan waktu yang lebih singkat, Anda bisa mencoba mesin kopi Piccolo Anthracite Manual dari NESCAFÉ Dolce Gusto. Mesin kopi Piccolo unik ini dapat membuat tampilan dapur atau ruang kerja Anda tampak modern.

Selain itu, Piccolo merupakan mesin unik yang dapat diandalkan meski dengan ukuran yang mungil. Proses pembuatan kopi pun terbilang mudah sebab Anda hanya perlu memasukkan kapsul kopi dan dapatkan minuman ala kafe hanya dengan sentuhan jari.

Kemudian, teknologi kapsul pintarnya juga dapat memastikan aroma kopi tetap terjaga, sehingga menghasilkan minuman dengan cita rasa yang khas. Selanjutnya, yang tidak kalah menarik, Piccolo Anthracite Manual bisa menghadirkan minuman panas atau dingin. Dengan begini, Anda pun bisa benar-benar menikmati secangkir kopi ala kafe di rumah atau di kantor setiap hari.