You have reached the website

Mengenal Teknik Manual Brew Menggunakan V60

Mengenal Teknik Manual Brew Menggunakan V60

Peralatan kopi manual ini pada mulanya dibuat di Tokyo, Jepang oleh sebuah perusahaan kimia. Produk gelas V60 yang dihasilkan pada saat itu menggunakan 100% mineral alami. Tujuanya adalah agar alat ini mampu tahan akan panas. Baru kemudian alat ini dikombinasikan dengan peralatan seduh lain berupa dripper dan kertas filter berbentuk huruf V dengan sudut 60 derajat.

Berdasarkan hal inilah V60 lahir dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia untuk membuat kopi. Kini dripper V60 sendiri dapat terbuat dari plastik, aluminium, dan bahkan keramik. Sementara kertas filternya harus menggunakan kertas khusus untuk menyaring bubuk kopi.

Daya Tarik Alat Kopi V60

Melihat dari sisi penggunaannya, terdapat beberapa daya tarik yang ditawarkan oleh V60, antara lain sebagai berikut:

  1. Bentuknya yang kerucut dengan sudut yang dimilikinya membuat air bisa mengalir ke pusat kopi dan juga memperpanjang waktu penyerapan air dan kopi

  2. Adanya rusuk spiral yang terdapat dari ujung sampai ke puncak menjadikan kopi dapat mengembang secara maksimal saat disiram air panas

  3. Hadirnya aroma kopi yang kuat tanpa ampas di secangkir gelas

Baca Juga: Coffee Maker Berdasarkan Karakteristiknya

Cara Membuat Kopi Pakai V60

Untuk proses pembuatan kopi dengan menggunakan alat kopi V60, cara-cara yang biasanya diterapkan adalah sebagai berikut ini:

  1. Basahi kertas filter terlebih dahulu agar serat kertas tidak bercampur di dalam kopi serta bebas dari aroma yang akan mengganggu kualitas kopi

  2. Buang air di dalam gelas dan masukkan kopi dengan tingkat gilingan medium sebanyak 24 gram

  3. Tuang air panas untuk pertama kalinya (blooming) untuk mengetahui seberapa segar kopi yang akan diseduh. Tuangan ini berguna untuk mengeluarkan karbondioksida pada kopi.

  4. Tunggu selama 20-30 detik sebelum menuang kembali air panas

  5. Proses menuang air panas ke kertas memakan waktu 2-3 menit

Total air yang dihasilkan akan menjadi 360 ml dengan rasio 1:15. Dengan menerapkan metode V60, Anda akan mendapatkan rasa kopi yang clean, smooth, dan dengan bright acidity. Adapun tipsmenyeduh kopi dengan V60, yaitu:

  1. Gunakan cerek khusus dengan aliran yang konsisten agar suhu air tidak berubah

  2. Lakukan gerakan melingkar dan stabil di tengah saat menuang air agar rasanya sesuai

  3. Pastikan kertas filternya hanya digunakan sekali

Itulah sekilas perkenalan teknik manual brew menggunakan V60. Yang jelas, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk menerapkan teknik manual brew secara umum, apalagi mengoperasikan peralatan kopi V60.

Untuk proses yang lebih mudah, Anda bisa menjadikan mesin dan kapsul kopi NESCAFÉ® Dolce Gusto sebagai pilihan. NESCAFÉ® Dolce Gusto menawarkan beragam varian yang bisa Anda pilih, mulai dari kopi, kopi susu, teh, hingga cokelat. Cukup masukkan kapsul kopi dan rasakan minuman nikmat hanya dengan sentuhan jari.

Jadi kita tidak boleh jump in dengan Kalimat “Untuk Proses lebih mudah, NDG dapat menjadi pilihan”