You have reached the website

Macam-macam Kopi: Single Origin VS Blend, Mana yang Lebih Nikmat?

Macam-macam kopi: single origin vs blend

"Mau yang Single Origin atau Kopi Blend?"

Pertanyaan ini sering kali diajukan oleh seorang barista kepada pengunjung yang datang ke cafe atau coffee shop. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara menjawabnya. Alih-alih memilih Kopi Blend, mereka bisa jadi memilih Single Origin yang rasanya terlalu asam dan tidak cocok di lidah.

Baik Single Origin maupun Kopi Blend serta macam-macam kopi lainnya memang ready stock di cafe atau coffee shop. Pasalnya, ada beberapa menu kopi yang membutuhkan keduanya.

Jika sampai sini Anda masih bertanya-tanya mengenai apa itu Single Origin dan apa perbedaannya dengan Kopi Blend, maka Anda wajib menyimak ulasan macam-macam kopi di bawah ini!

Mengenal Single Origin

Single Origin pada dasarnya diartikan sebagai kopi yang bersumber dari suatu wilayah atau daerah tertentu. Menikmati secangkir kopi Single Origin tidak jarang membawa penikmatnya berjalan-jalan ke daerah asal tempat kopi tersebut ditanam.

Indonesia sendiri tidak jarang disebut-sebut sebagai sumber kopi Single Origin terbesar dan terbaik di dunia. Pasalnya, hampir setiap daerah atau provinsi di Indonesia punya kopi andalannya masing-masing.

Beberapa daerah yang punya Single Origin tersebut, yakni antara lain:

  • Kopi Gayo yang bersumber dari dataran tinggi Gayo, Aceh.
  • Kopi Sidikalang yang asalnya dari Sidikalang yang merupakan ibukota kabupaten Dairi, Sumatera Utara.
  • Kopi Malabar atau Java Preanger yang berada di daerah gunung Malabar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
  • Kopi Toraja yang tersohor di daerah Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
  • Kopi Kintamani yang berasal dari daerah Kintamani, yang terletak di utara pulau Bali.
  • Kopi Bajawa dari  Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.
  • Kopi Wamena yang berada di daerah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Karena sumbernya yang beragam serta letak geografis yang tidak sama, maka jangan heran kalau setiap Single Origin bakal punya rasa yang berbeda-beda pula alias punya cita rasa khas tersendiri.

Baca Juga: Jenis-jenis Minuman Kopi ala Coffee Shop yang Bisa Anda Buat di Rumah

Lebih dekat dengan Kopi Blend

Sebaliknya, Kopi Blend merupakan kopi yang diracik dari berbagai jenis kopi, baik dari sisi daerah tertentu atau suatu varietas khusus. Dengan kata lain, Kopi Blend bisa jadi perpaduan dari Single Origin satu daerah dengan daerah lainnya.

Sebagai contoh, Kopi Blend bisa saja merupakan percampuran antara Single Origin Arabika 70% Kopi Kintamani dengan 30% Kopi Wamena. Selain itu, percampuran antara Single Origin Arabika dengan Single Origin Robusta bisa saja terjadi. Adapun persentasenya menyesuaikan dengan selera masing-masing.

Menariknya, di Indonesia Anda tidak akan menemukan satu Kopi Blend terbaik. Pasalnya, setiap cafe atau coffee shop biasanya memiliki racikannya sendiri. Bahkan Anda sebagai penikmat kopi bisa jadi punya racikan Kopi Blend sendiri.

Yang perlu dipahami, Kopi Blend biasanya dipilih sebagai sajian menu kopi berbasis espresso karena cita rasa yang diinginkan adalah cita rasa yang seimbang. Hal ini merujuk pada selera penikmat kopi di Indonesia yang tidak terlalu menyukai rasa asam.

Perbedaan Single Origin dan Kopi Blend

Pertanyaannya sekarang, apa yang membedakan Single Origin dengan Kopi Blend?

Dari segi rasa, Kopi Blend sebenarnya jauh lebih kaya. karena yang dibutuhkan adalah keseimbangan rasa. Belum tentu keseimbangan rasa ini didapatkan pada Single Origin. Perlu perpaduan dengan Single Origin lainnya untuk menghasilkan body, sweetness, flavor, serta acidity yang pas.

Sementara dari segi harga, Single Origin jauh lebih mahal dibandingkan dengan Kopi Blend. Alasannya, untuk menghasilkan Single Origin tertentu tidaklah mudah, apalagi jika dilihat dari segi waktu pemrosesan.

Belum lagi, jika pada proses pasca panen biji kopi mengalami cacat. Kedua kondisi inilah yang bisa jadi penyebab mengapa harga Single Origin lebih mahal.

Jadi, apakah Kopi Blend jauh lebih baik dibandingkan dengan Single Origin?

Jawabannya dikembalikan ke individu masing-masing. Pasalnya, kedua biji kopi ini menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera penikmat kopinya.

Itulah tadi informasi seputar Single Origin dan Kopi Blend. Untuk proses pembuatan kopi nikmat dengan rasa yang tidak kalah dibandingkan dengan macam-macam kopi tersebut di atas, Anda bisa memanfaatkan mesin dan kopi kapsul NESCAFÉ Dolce Gusto.

Mesin NESCAFÉ Dolce Gusto dilengkapi dengan mode panas dan dingin, sehingga Anda punya pilihan mau bikin kopi panas atau es kopi. Kapsul kopinya pun beragam dan bisa menyesuaikan dengan selera Anda:

  • Kopi hitam: Grande Intenso dan Espresso Intenso
  • Kopi dengan susu: Cappuccino, Latte Macchiato, Flat White
  • Teh: Milk Tea

Semua kapsul kopi pintar ini hadir dengan paduan teknologi dan desain inovatif. Hanya dengan 4 langkah mudah, POP, LOCK, SWITCH and BREW, minuman ala cafe siap disajikan.

Jadi, Anda tidak perlu merogoh kocek untuk mendapatkan macam-macam kopi di atas tadi, cukup dengan mesin dan kapsul kopi NESCAFÉ Dolce Gusto Anda sudah bisa menikmati ngopi di rumah ala cafe dengan NESCAFÉ Dolce Gusto.