You have reached the website

Hal- hal Ini yang Perlu Anda Ketahui Soal Seni Melukis Kopi Latte Art

Bagi para pencinta kopi atau yang sering nongkrong di café, cita rasa kopi latte mungkin sudah tidak asing di lidah. Minuman berbasis espresso dan susu ini menjadi salah satu pilihan favorit lantaran rasa yang khas tersebut. Namun, nilai jual kopi latte ternyata tak berhenti di situ. Kini banyak sekali barista yang menggunakan permukaan latte sebagai media untuk membuat desain menarik atau latte art.

Desain pada latte art muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari gambar bunga, hati, hingga beruang. Segala desain tersebut bertujuan untuk memberikan sentuhan akhir pada kopi latte yang dihidangkan. Menurut penelitian yang terbit di Journal of Sensory Studies, orang-orang umumnya bersedia membayar lebih untuk minuman kopi dengan sentuhan akhir yang menarik seperti ini.

Akan tetapi, untuk membuat secangkir latte art yang sempurna sayangnya tidaklah mudah. Membutuhkan kemampuan serta keterampilan yang baik. Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, beberapa informasi berikut mungkin akan sangat membantu Anda!

Sejarah Latte Art

Karya seni visual pada kopi dimulai beberapa dekade yang lalu dari negara yang dikenal sebagai tempat lahirnya kopi espresso yaitu Italia. Tapi ternyata, latte art sendiri dibuat pertama kali di Amerika Serikat pada akhir tahun 1980-an.

Pada tahun 1990-an, membuat pola pada permukaan kopi latte kemudian mulai populer di seluruh dunia. Hingga tahun 2000-an, kepopuleran tersebut akhirnya menjangkau Australia dan negara-negara Nordik, seperti Denmark, Finlandia, dan juga Swedia. Namun, menariknya, latte art ternyata paling diminati saat ini di wilayah Asia!

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Mesin Espresso untuk di Rumah

Penggunaan Susu yang Tepat

Secara umum, fresh milk merupakan jenis susu yang digunakan untuk membuat secangkir latte. Bahkan, pemilihan fresh milk dan cara memasaknya bisa jadi merupakan faktor-faktor penentu keberhasilan pembuatan latte art Anda.

Adapun langkah yang harus dilakukan yakni memanaskan fresh milk selama sekitar 2–3 menit dengan suhu 60–65 derajat Celsius. Setelahnya, Anda perlu menuangkannya ke dalam milk jug berbahan stainless steel agar suhu panasnya merata. Jika proses pemanasan tersebut telah selesai tapi masih terdapat gelembung, Anda dapat mengetuk bagian dasar milk jug guna mengeluarkan gelembung.

Komposisi Latte Art

Beberapa faktor penentu lain dari secangkir kopi latte dapat dilihat dari proporsi desain di cangkir. Posisi desain yang tepat harus berada tepat di pegangan cangkir. Kemudian, kontras warna dan tingkat ketebalan kopi serta susu juga perlu diperhatikan.

Apabila kedua hal tersebut telah diterapkan, Anda akan dapat melihat latte art sempurna yang juga bisa dilihat dari goresan satu dengan lainnya yang tampak jelas serta membangun pola yang jelas juga. Setelah itu, pastikan desain yang telah dibuat tersebut memiliki daya tahan minimal 5 menit dengan pinggiran kopi membentuk Golden Ring.

Latte Art 3 Dimensi

Siapa sangka bahwa saat ini latte art tidak hanya dibuat dalam bentuk 2 dimensi namun juga 3 dimensi? Seorang seniman bernama Kazuki Yamamoto membuktikan hal ini pada tahun 2019 lalu melalui desainnya, seperti kucing, gurita, serta jerapah.

Hal ini dia lakukan dengan mengandalkan komposisi milk foam kopi latte yang telah diperhitungkan.

Bahkan, komposisi milk foam itu memungkinkannya menggabungkan dua lukisan kopi 3 dimensi pada dua kopi yang berbeda. Tidak heran kalau Kazuki Yamamoto meraih banyak apresiasi karena keahliannya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai latte art yang perlu diketahui. Pada dasarnya, seni kopi latte ini dibuat untuk membuat pengalaman minum kopi Anda semakin menarik. Namun, apabila Anda lebih suka menikmati minum latte dari rumah, Anda tetap bisa menjadikan tiap cangkir latte menjadi spesial.

Dengan NESCAFÉ Dolce Gusto dan pilihan kapsul kopi Latte Macchiato, Anda bisa merasakan kreasi kopi yang tersaji dengan lapisan susu, kopi, serta buih yang tersusun secara menarik serta menawan. Tidak hanya itu, proses pembuatan kopi menggunakan mesin NESCAFÉ Dolce Gusto juga sangat mudah. Anda hanya perlu menekan tombol dan kopi ala café bisa langsung tersaji di rumah Anda kurang lebih dalam 1 menit. Menarik ‘kan?