You have reached the website

Ingin Membuat Secangkir Kopi Hitam ala Kafe? Ini Tipsnya!

Ingin Membuat Secangkir Kopi Hitam ala Kafe? Ini Tipsnya!

Secangkir kopi hitam merupakan menu kopi yang paling banyak dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia. Proses pembuatan yang sederhana dengan rasa yang otentik karena tidak tercampur dengan susu atau bahan lainnya menjadikan penikmatnya bisa merasakan hasil biji atau bubuk kopi yang diolahnya.

Kopi hitam juga banyak disajikan di kafe. Menariknya, beberapa orang beranggapan bahwa kopi hitam yang mereka nikmati di kafe punya rasa yang berbeda saat dibuat sendiri di rumah. Anggapan ini sebenarnya agak keliru sebab setiap orang sebenarnya bisa mencari tahu cara membuat secangkir kopi hitam dan menghasilkan kopi ala kafe di rumah.

Apabila Anda adalah salah satu di antaranya, maka berikut ini terdapat beberapa tips yang penting dipahami saat akan membuat secangkir kopi hitam di rumah. Pasalnya, meski hanya kopi hitam, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan rasa yang nikmat, apalagi jika dibuat sendiri di rumah. Lalu, apa saja tipsnya? Yuk, segera cari tahu di bawah ini!

Bersihkan Peralatan Kopi

Sebelum bingung dengan cara membuat secangkir kopi hitam, setiap penikmat kopi perlu memastikan bahwa peralatan kopi yang digunakan sudah bersih, baik itu mesin kopi, peralatan seduh, bahkan gelas yang bakal digunakan.

Anda mungkin bertanya-tanya, “Mengapa peralatan kopi harus dibersihkan sedemikian rupa?”

Baca Juga: Manfaat Minum Secangkir Kopi Hitam di Pagi Hari

Jawabannya sederhana saja sebab bubuk kopi yang masuk dan tertinggal di peralatan tersebut akan menumpuk dan bercampur dengan bubuk kopi baru yang Anda gunakan. Minyak yang biasanya terdapat pada peralatan tersebut akan membuat kenikmatan secangkir kopi hitam bakal berkurang.

Coba Kopi Berbeda

Sudah menjadi rahasia umum bahwa di luar sana ada begitu banyak biji kopi dari berbagai daerah dan negara di seluruh dunia. Beberapa kopi punya rasa yang lembut dan manis, sedangkan yang lain terbilang kuat dan pahit.

Cobalah untuk bereksperimen dengan secangkir kopi hitam setiap waktu demi mendapatkan rasa yang pas bagi Anda. Selain biji kopi, Anda juga bisa mencoba berbagai kopi blend atau campuran antara kopi robusta dan arabika demi menghasilkan secangkir kopi hitam yang kerap dinikmati di kafe.

Ubah Metode Penyeduhan

Sama seperti kopi yang punya banyak pilihan, cara membuat secangkir kopi hitam punya beragam metode penyeduhan. Setiap kopi yang Anda nikmati akan menghasilkan rasa yang berbeda tergantung cara penyeduhannya. Jika Anda tidak suka kopi dengan cara pembuatan Vietnam Drip, kenapa tidak mencoba French Press atau V60?

Setiap metode penyeduhan mengekstrak rasa yang secara unik mengubah rasa kopi Anda. Kuncinya adalah menemukan metode pembuatan minuman yang paling cocok untuk Anda.

Cicipi Terlebih Dahulu

Untuk mendapatkan kopi ala kafe di rumah, ada baiknya jika Anda mencicipi kopi terlebih dahulu sebelum menambahkan krimer atau gula. Hirup dan sesap secara perlahan lalu rasakan sendiri sensasinya.

Cara ini cocok untuk memperoleh rasa yang sesuai dengan ekspektasi Anda. Dengan cara ini pula Anda bisa mengurangi konsumsi krim dan gula setiap hari, sehingga secangkir kopi hitam dapat benar-benar Anda rasakan.

Nah, itulah tadi beberapa tips terkait cara membuat secangkir kopi hitam ala kafe. Salah satu kopi nikmat yang bisa Anda coba yakni NESCAFÉ Dolce Gusto dengan varian kopi hitamnya, salah satunya Americano dengan aroma khusus yang menggabungkan aroma anggur dengan aroma biji-bijian halus

Mesin dan kapsul kopi NESCAFÉ Dolce Gusto memang dirancang khusus untuk memastikan setiap tegukan yang Anda minum memiliki takaran, cita rasa, serta kualitas yang pas. Semua menu kopi yang dihasilkan akan memanjakan Anda saat mencicipinya.

Menariknya, NESCAFÉ Dolce Gusto membuat setiap penikmatnya seperti memesan minuman langsung di kafe favorit Anda, sehingga Anda pun bisa memulai aktivitas harian. Tunggu apa lagi? Yuk, rasakan secangkir kopi hitam NESCAFÉ Dolce Gusto sekarang juga!