You have reached the website

Roasting Coffee, Proses Penting Hadirnya Secangkir Kopi Nikmat

 

Tahukah Anda bahwa salah satu penentu nikmat atau tidaknya secangkir kopi adalah proses roasting yang baik dan benar? Roasting coffee atau sangrai kopi merupakan satu dari sekian banyak rangkaian proses pengolahan kopi sebelum akhirnya diseduh dan dinikmati.

Ketika buah kopi telah matang, maka tahapan pertama yang bakal dilaluinya adalah proses panen yang dilanjutkan dengan pencucian dan pengeringan. Setelah itu, proses akan berlanjut ke sangrai (roasting)  biji kopi.

Seperti apa proses roasting coffee ini? Simak ulasannya di bawah ini!

Tingkatan Roasting Coffee

Secara umum, tingkatan roasting coffee berbeda-beda. Setidaknya ada 3 tingkatan roasting yang bertujuan untuk menghasilkan aroma dan cita rasa sesuai selera para penikmat kopi. Tingkatan tersebut antara lain:

  1. Light Roast

Tingkatan ini merupakan fase terjadinya proses enzimasi yang membentuk karakteristik keasaman pada biji kopi. Biji kopi yang melalui proses light roast cenderung memiliki karakter aroma dan rasa kopi yang ringan serta toasted grain atau serelia/biji-bijian panggang. Jumlah kafein dan keasamannya pun lebih dominan.

  1. Medium Roast

Pada tingkatan ini kopi akan melalui proses karamelisasi dengan karakter aroma dan rasa yang manis pada kopi. Biji kopi akan mengalami pembentukan aroma dan rasa yang lebih dibandingkan denganlight roast sehingga cita rasa dan tingkat keasamannya cenderung seimbang. Kadar kafeinnya pun lebih rendah dengan tekstur kopi yang lebih kental dibandingkan dengan tingkat sangrai sebelumnya.

  1. Dark Roast

Berbeda dengan kedua tingkatan roasting sebelumnya, pada dark roast biji kopi sudah terasa lebih ringan dengan warna yang lebih gelap. Proses karbonisasi biji kopi yang terjadi pada tingkatan ini akan menghasilkan aroma dan rasa kopi yang cenderung pahit, agak gosong, dengan jumlah kafein lebih rendah dibandingkan light roast dan medium roast. Hadirnya cita rasa ini juga disebabkan oleh proses panjang yang telah dilalui biji-biji kopi tersebut.

Baca Juga: Coffee Maker Berdasarkan Karakteristik Pecinta Kopi

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Roasting Coffee

Untuk membuat sebuah proses sangrai (roasting) kopi berhasil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Kenali dengan baik karakter kopi yang akan melalui proses roasting agar Anda bisa menentukan rasa terbaik yang dihasilkan
  2. Biji kopi yang akan disangrai sebaiknya berada pada tingkat kadar air 11% sebab setelah proses ini kadar airnya bakal menjadi 3–4% dan hal ini berpengaruh terhadap cita rasa kopi
  3. Lakukan proses roasting biji kopi sampai berubah warna secara bertahap, mulai dari hijau, kuning, kuning kecokelatan, cokelat muda, cokelat tua, cokelat kehitaman, hingga biji kopi menjadi hitam. Pastikan terjadi dua kali letupan, yakni first crack dan second crack.
  4. Hindari rasa-rasa yang tidak perlu pada biji kopi seperti grassy, astringent, carbonyl, atau woody agar proses pemanggangan tidak terlalu lama dan tidak menimbulkan rasa gosong.

Demikian tadi beberapa informasi dasar mengenai roasting coffee yang perlu dipahami. Untuk minum kopi dengan cita rasa yang nikmat di rumah atau di kantor, Anda pun tidak perlu lagi repot sebab kini telah hadir kapsul pintar NESCAFÉ Dolce Gusto yang mampu membuat Anda menikmati secangkir kopi nikmat.

NESCAFÉ Dolce Gusto dibuat dengan biji kopi pilihan dengan rasa nikmat dan aroma yang memikat. Biji kopi pilihan, proses fermentasi serta pengupasan dilakukan dengan teliti sebelum biji kopi tersebut dihadirkan dalam bentuk kapsul.

Proses roasting dan grinding diawasi dengan saksama sehingga aroma dan body yang keluar memenuhi standar yang telah ditentukan. Selain itu, biji kopi telah melalui proses roasting dengan temperatur tertentu sehingga mampu menghasilkan berbagai macam varian minuman kopi. Dengan begini, Anda pun bisa menikmati kopi ala café setiap harinya.