You have reached the website

Turkish Coffee: Kopi Enak yang Dimasak di Atas Pasir Panas

Mengenal Turkish Coffee, Kopi Enak yang Unik

Turkish coffee atau kopi turki sepertinya sudah tidak asing lagi bagi para penggemar kopi. Ini adalah  salah satu metode pembuatan kopi tertua dalam sejarah pembuatan kopi. Jauh sebelum ditemukannya perkakas tangan, Turki memiliki cara tersendiri untuk membuat kopi menggunakan pot khusus yang dikenal sebagai cezve (dibaca “jezz-va”).

Sejarah Kopi Turki

Turki sendiri merupakan salah satu negara pertama yang mengenal kopi enak ketika tanaman bergenus Coffeea ditemukan di Ethiopia. Ada beberapa versi tentang bagaimana kopi datang ke Turki, tetapi yang paling umum adalah ketika Kekaisaran Ottoman di Yemen. Pada tahun 1557, gubernur Kekaisaran Ottoman, Ozdemir Pasha, dikatakan telah menemukan minuman baru  yang terbuat dari biji kopi di daerahnya. Setelah mencobanya, dia memperkenalkannya kepada Raja Sulaiman—minuman ini sangat mengesankan raja sehingga kopi dilegalkan sebagai minuman resmi kerajaan. Maka dari itu, kemudian sejarah kopi enak ini segera menyebar  ke  Turki, lalu  ke Indonesia, dan akhirnya ke dataran Eropa.

Pada tahun 1554, kedai kopi pertama Kaveh Kanes dibuka di Istanbul. Saat itu, mereka bahkan menyewa spesialis racikan kopi enak bernama kahveci usta. Saat itu, kopi dianggap sebagai komoditas paling berharga di Turki. Menurut beberapa catatan, undang-undang saat itu bahkan memberi hak kepada perempuan untuk menceraikan suaminya jika  tidak dapat memenuhi kebutuhan kopi sehari-hari.

Baca Juga: Yuk, Belajar Cara Membuat Kopi Enak ala Cafe dari Rumah Lewat Langkah-langkah Ini!

Alat yang Dibutuhkan untuk Menyeduh Kopi Turki 

Untuk menyiapkan kopi enak dengan cara ini, Anda memerlukan beberapa alat, yaitu cezve (pot khas Turki), air, kopi bubuk, gula pasir, stove, pemanas atau kompor gas, dan wood stirrer.

Cara Menyeduh Kopi Turki

  1. Masukkan bubuk kopi yang digiling halus, akan lebih halus bila level kehalusannya lebih dari espresso, masukkan gula secukupnya, air yang tidak lebih dari setengah wadah dengan suhu sekitar 75 derajat Celcius-80 derajat Celcius ke dalam cezve.
  2. Aduk dengan menggunakan sendok kecil, agar semua bahan yang dicampurkan dapat rata dengan baik di dalam cezve.
  3. Tambahkan air panas hingga memenuhi hampir seluruh cezve. Lalu panaskan kopi di atas kompor sekitar 4 menit. Perlu dijaga agar kopi tidak sampai mendidih.
  4. Setelah kopi mulai hangat, akan ada buih atau foam yang cukup tebal di atas permukaannya, biasanya foam akan timbul bila suhu di level 70o
  5. Sediakan terlebih dahulu cangkir yang digunakan sebagai wadah kopi yang diseduh sebelum kopi dituangkan.
  6. Bila sudah mendekati proses mendidih yang ditandai dengan munculnya banyak gelembung di permukaan, pindahkan buih kopi terlebih dahulu ke dalam cangkir.
  7. Kemudian panaskan kembali, lalu masukkan ke dalam cangkir sampai sepertiga penuh.
  8. Setelah itu kopi siap dinikmati.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai kopi Turki yang kini dapat Anda buat secara mudah. Namun, untuk pilihan lainnya dengan alat bikin kopi otomatis, tidak ada salahnya untuk menggunakan NESCAFÉ Dolce Gusto.

NESCAFÉ Dolce Gusto dapat membantu Anda yang tidak punya banyak waktu di pagi hari, namun tetap ingin menyajikan secangkir kopi. Masukkan kapsul dan dapatkan minuman dengan rasa nikmat hanya dengan sentuhan jari. Bukan hanya itu, NESCAFÉ Dolce Gusto menawarkan beragam varian yang bisa Anda pilih, mulai dari kopi, kopi susu, teh, hingga cokelat. Kini, minum kopi pun akan seperti memesan langsung dari coffee shop favorit.