You have reached the website

Mengenal Sejarah V60 dan Teknik Penggunaannya

Membuat kopi dengan teknik V60 seringkali digunakan oleh para barista. Teknik V60 ini merupakan metode penyeduhan manual brewing yang dilakukan dengan cara menuangkan air panas secara perlahan dengan gerakan melingkar untuk menyeduh bubuk kopi. Metode ini konon sudah ada sejak tahun 1950-an. Untuk membuat kopi V60, Anda membutuhkan teknik spesial dan juga membutuhkan beberapa bahan. Mau coba membuat kopi V60? Yuk simak artikel berikut!

Asal Mula Alat V60

V60 memang merupakan nama yang cukup unik. Tahukah Anda bahwa nama ini diambil dari bentuk alatnya yang menyerupai huruf V dengan sudut 60 derajat?

Alat V60 pertama kali ini dibuat di Jepang, oleh perusahaan yang awalnya hanya memproduksi peralatan gelas dan peralatan tahan panas untuk lembaga ilmiah dan penelitian. Namun, seiring berjalannya waktu, perusahaan tersebut mengembangkan bisnisnya dengan menyediakan peralatan kopi. Akhirnya, di tahun 1950, muncullah alat V60 ini.

Percobaan Pertama Alat V60

Sebelum mendapatkan formula dan bahan yang tepat untuk membuat alat V60, V60 dibuat dengan menggunakan corong kaca berbentuk kerucut untuk membuat minuman dengan cara dituang. Dalam proses pembuatannya, muncullah filter cone atau kerucut yang kemudian hadir di pasaran sekitar tahun 1980-an.

Teknik Penggunaan Alat V60

Untuk menggunakan alat V60, Anda membutuhkan teknik khusus untuk menghasilkan kopi dengan cita rasa yang sempurna. Berikut beberapa teknik yang dibutuhkan dalam menggunakan alat kopi V60:

  • Gunakan biji kopi yang baru digiling yang memiliki aroma dan minyak alami
  • Giling biji kopi sendiri untuk mendapatkan cita rasa kopi yang fresh
  • Gunakan air yang dimurnikan dan disaring
  • Pilih filter V60 dengan bahan plastik agar panasnya terjaga dengan baik
  • Basahi filter kertas dengan air panas sebelum digunakan untuk menghilangkan rasa kertas

Bahan yang Digunakan dalam Proses Alat Kopi V60

Untuk membuat kopi dengan alat V60, Anda membutuhkan beberapa bahan berikut:

  • Alat timbangan

    Untuk membuat kopi dengan menggunakan alat V60, Anda membutuhkan timbangan untuk mengukur bubuk kopi yang dibutuhkan. Biasanya, untuk membuat kopi V60, dibutuhkan 15 gram bubuk kopi dengan 250 gram air.
  • Gelas V60 Dripper

    Tentunya, untuk membuat kopi dengan teknik V60, Anda membutuhkan gelas V60. Gelas V60 ini terbuat dari banyak jenis, ada plastik, keramik dan juga kaca yang tentunya tahan panas. Anda bisa memilih gelas V60 dripper sesuai kesukaan.
  • Gooseneck Kettle atau Teko Leher Angsa

    Teknik yang penting dalam membuat kopi V60 adalah teknik menyeduh air panas dengan gerakan melingkar. Untuk menuangkan air panas dengan mudah, biasanya para barista menggunakan Gooseneck Kettle dengan bagian ujung yang pipih yang memudahkan untuk mengarahkan air dengan gerakan melingkar tersebut. Umumnya, Gooseneck Kettle ini juga sudah difasilitasi dengan termometer untuk menunjukkan suhu air.
  • Termometer

    Suhu air adalah elemen yang penting dalam menggunakan alat kopi V60. Dalam membuat kopi V60, Anda akan menyeduh kopi beberapa kali. Pertama, Masukkan 30 gram air yang kemudian didiamkan selama 30 detik. Setelah itu, tuangkan air kembali hingga berat total mencapai 150 gram, dan pada 1 menit 10 detik, tambahkan kembali air hingga berat mencapai 250 gram. Biasanya, proses V60 ini memakan waktu 2 menit 30 detik. Dalam kurun waktu tersebut, kadang suhu air menurun, terutama saat menyeduh kopi di ruangan yang dingin. Saat suhu air sudah terlalu turun, Anda bisa memasak air kembali hingga suhu yang pas.
  • Kertas filter V60

    Untuk menyeduh dengan menggunakan alat kopi V60 dan menghasilkan rasa yang bersih dan tanpa minyak, Anda membutuhkan kertas filter V60 yang diletakan di atas gelas V60 dripper. Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang pas dan menghilangkan rasa kertas, disarankan untuk membasahi kertas filter ini dengan air panas terlebih dahulu.

Tidak hanya barista, Anda juga bisa membuat kopi V60 di rumah dengan menggunakan bahan yang dibutuhkan dan juga teknik yang diperlukan seperti yang sudah dijelaskan di atas.