You have reached the website

Mengenal Sejarah V60 dan Teknik Penggunaannya

Mengenal Sejarah V60 dan Teknik Penggunaannya

Teknik V60 adalah salah satu teknik yang paling sering digunakan oleh para barista. Umumnya, metode ini dilakukan dengan cara menuangkan air panas secara perlahan di sekitar bubuk kopi di atas alat dengan gerakan melingkar.

Lantas, bagaimana asal mula terciptanya peralatan kopi yang satu ini dan bagaimana teknik penggunaannya agar mampu menyajikan kopi nikmat sesuai selera? Yuk, cari tahu di bawah inI!

Sejarah V60

Perusahaan pencipta pour over 60 merupakan produsen barang pecah belah yang berbasis di Jepang. Perusahaan ini mulai beroperasi pada tahun 1921 saat mereka meluncurkan operasi di Kanda, Tokyo; tidak jauh dari Universitas Tokyo saat ini. Ketika pertama kali dibuka, perusahaan ini hanya berfokus pada produksi peralatan gelas serta peralatan tahan panas, untuk lembaga sains dan penelitian di daerah tersebut.

Baca Juga: Mengenal Teknik Manual Brew Menggunakan V60

Setelah hampir 30 tahun, perusahaan pun mulai memperluas lini produk mereka, termasuk peralatan dapur. Langkah ini mengarah pada pengembangan peralatan kopi. Setelah beberapa tahun, perusahaan kemudian membuat prototipe pertama dripper kopi V60. Produk inovatif ini mencoba memecahkan masalah umum saat itu, yakni sifat kompleks metode pembuatan kopi selama akhir 1950-an.

Percobaan Pertama V60

Ketika perusahaan bereksperimen dengan corong kaca berbentuk kerucut untuk membuat minuman yang dibuat dengan cara dituang, filter cone (kerucut) pun lahir. Filter ini kemudian dirilis ke pasar untuk penjualan komersial pada tahun 1980.

Namun, filter tersebut hanyalah upaya awal untuk menghadirkan peralatan kopi. Seiring berjalannya waktu, V60 Dripper tetap menjadi prototipe, sampai perusahaan memutuskan untuk meninjau kembali desainnya pada tahun 2004. Nama V60 Dripper sendiri diambil dari sudut 60 derajat yang diciptakan oleh bentuk kerucut.

Dominasi V60 di Industri Kopi

Perubahan desain yang diterapkan pada V60 memberinya dua keunggulan berbeda. Pertama, pembuatan kopi berhasil mendekati teknik ekstraksi Nel Drip. Kedua, Hario V60 mampu menghasilkan rasa yang dingin dan bersih, berdasarkan kecepatan menuangkan air.

Dengan perubahan kecil yang efisien pada desain aslinya setelah 60 tahun, V60 mampu memenangkan persaingan kopi.

V60 diketahui oleh banyak orang pertama kalinya di Seattle, Washington. Seattle sendiri merupakan salah kota di Amerika Serikat yang erat hubungannya dengan sejarah kopi modern.

Sebagian besar pembuat dan pencinta kopi pada saat itu menemukan ikatan tertentu dengan V60 dan metode pembuatan kopinya. Menuangkan secangkir kopi kepada pelanggan adalah sesuatu yang intim dan ritualistik.

Segera setelah itu, berita tentang V60 menyebar dengan cepat dan desainnya mulai bergerak ke gaya dan bentuk baru. Keramik berwarna dan kaca bening, terinspirasi pop dan minimalis, V60 mendapatkan popularitas dan menyebar dalam berbagai penampilan. Singkatnya, Anda bisa menemukan V60 di hampir semua kombinasi warna. Beberapa bahkan sampai memproduksi Pour Over V60 sesuai keinginan di mana hal ini berlaku untuk orang kaya dan terkenal di masyarakat.

Teknik Penggunaan V60

Untuk penggunaan V60, Anda membutuhkan teknik khusus agar hasilnya maksimal. Beberapa teknik tersebut antara lain:

  1. Gunakan biji kopi utuh yang baru digiling serta punya aroma dan minyak alami.
  2. Timbang dan giling sendiri biji kopi Anda sebagai strategi ideal untuk menghasilkan kopi nikmat.
  3. Gunakan air yang dimurnikan dan disaring
  4. Pilih filter V60 plastik agar panasnya terjaga dengan baik
  5. Basahi filter kertas dengan air panas terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa kertas 

Saat penggunaan alat kopi yang satu ini terbilang ribet, maka tidak ada salahnya untuk memilih mesin kopi otomatis NESCAFÉ Dolce Gusto. Mesin ini mampu hadir sebagai perpaduan desain yang artistik dan teknologi terkini, sehingga bisa menyajikan menu kopi ala kafe untuk Anda di rumah dan di kantor.

Menu-menu kopi ini tersedia di dalam berbagai varian kapsul kopi pintar NESCAFÉ Dolce Gusto mulai dari Espresso, Americano, Cappuccino, Latte Macchiato, hingga Marrakesh Style Tea. Proses pembuatan kopi dengan mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto pun terbilang mudah.

Pasalnya, Anda hanya perlu memasukkan kapsul, tunggu sebentar, dan dapatkan minuman dengan rasa yang nikmat serta tampilan cantik hanya dengan sentuhan jari. Sudah siap mencoba mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto?