You have reached the website

Coffee Pod: Pengertian, Cara Kerja dan Bagaimana Cara Mendaur Ulangnya

Coffee Pod: Pengertian, Cara Kerja dan Bagaimana Cara Mendaur Ulangnya

Tahukah Anda bawah untuk menjaga kualitas kopi, membebaskannya dari udara serta cahaya dibutuhkan Coffee Pod? Peralatan berbentuk kantong teh ini pada dasarnya juga mampu menjaga konsistensi rasa pada kopi. Meski melewati proses yang panjang, kopi yang Anda nikmati pun tetap bisa punya rasa yang nikmat.

Pada mulanya, Coffee Pod digunakan untuk membuat Espresso. Kantong yang terbagi antara filter dan kopi ini sudah ada sejak tahun 1934 di mana penciptanya saat itu adalah Francesco Illy. Waktu itu Francesco Illy memasukkan nitrogen ke dalam kemasan Coffee Pod agar rasa kopinya bisa segar lebih lama.

Cara Kerja Coffee Pod

Coffee Pod pada dasarnya tidak bisa berdiri sendiri. Kantong kopi ini memerlukan mesin kopi. Untuk menghasilkan kopi, pertama-tama tangki air mesin akan diisi air dengan ukuran tertentu atau sesuai batas pengisian.

Air yang digunakan harus dipastikan bersih agar Anda bisa memastikan bahwa mesin bekerja secara optimal dan tidak berpengaruh terhadap rasa kopi nantinya.

Baca Juga: Daur Ulang Coffee Pod NESCAFÉ Dolce Gusto

Perlu diketahui bahwa pod yang baik biasanya dikemas sedemikian rupa agar kesegaran kopi tetap terjaga. Adapun langkah berikut membuat kopi dengan Coffee Pod adalah dengan memasukan pod ke dalam mesin kopi.

Beberapa mesin kopi biasanya bekerja secara otomatis, sehingga Anda hanya butuh menempatkan pod pada mesin dan menunggu kopi Anda tersaji. Proses inilah yang berlaku pada mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto.

Anda hanya perlu memasukkan pod dan mengatur dengan sentuhan dengan jari untuk menghasilkan kopi nikmat dengan tampilan yang tidak kalah dengan kopi di kafe-kafe.

Salah satu hal menarik dari Coffee Pod NESCAFÉ Dolce Gusto adalah paduan teknologi mutakhir yang digunakan dan desain inovatif yang diimplementasikan. Coffee Pod ini secara otomatis mengatur seberapa besar tekanan yang harus dikeluarkan saat membuat minuman. Menarik ‘kan?

Cara Daur Ulang Coffee Pod

Untuk setiap kapsul kopi pintar yang sudah tidak digunakan lagi, NESCAFÉ Dolce Gusto melalui program kolaborasi antara NESCAFÉ Dolce Gusto dengan Waste4Change melakukan pengolahan kembali. Tujuannya tidak lain untuk mendukung ekosistem pengelolaan sampah yang bertanggung jawab oleh pihak NESCAFÉ Dolce Gusto, konsumen, dan mitra pelaku persampahan agar dapat ikut berperan aktif dalam menjaga bumi.

Cara mendaur ulang Coffee Pod yang diinisiasi oleh NESCAFÉ diharapkan bisa jadi salah satu solusi pengurangan sampah menuju tempat pembuangan akhir sampah atau yang biasa disebut dengan istilah Zero Waste to Landfill.

Adapun skema daur ulang yang telah dijalankan bermula dari pengumpulan kapsul bekas pakai NESCAFÉ Dolce Gusto di lokasi pengumpulan di Jakarta, seperti di Lotte Shopping Avenue dan Metro Gandaria City. Setiap pelanggan yang hadir bisa menyerahkan Coffee Pod mereka secara langsung apabila tinggal di daerah DKI Jakarta.

Dari situ, Coffee Pod bakal dikirim ke lokasi Waste4Change yang memang merupakan perusahaan dengan misi sosial untuk menyediakan pengelolaan sampah yang optimal dari hulu ke hilir.

Sementara kapsul kopi yang tiba di lokasi Waste4Change akan diolah di Rumah Pemulihan Material Waste4Change. Pengolahan akan berlangsung di lokasi Waste4Change dengan pemilihan kategori jenis sampah kemasan.

Setelah itu, baru kemudian disalurkan ke mitra daur ulang sesuai jenis sampahnya. Untuk hasil maksimal, proses daur ulang menjadi produk baru dilakukan oleh Mitra Daur Ulang Waste4Change.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai Coffee Pod, khususnya pada cara kerja dan bagaimana cara mendaur ulang pod yang sudah tidak terpakai lagi. Yang perlu dicatat, setiap pecinta kopi perlu memastikan bahwa pod bekas pakainya tidak hanya berakhir sebagai sampah, tetapi juga diolah secara bertanggung jawab.