You have reached the website

Pecinta Kopi, Sudah Kenal Macam-macam Alat Penyeduh Kopi Ini?

Terdapat berbagai alat kopi di pasaran yang bisa Anda temukan. Bagi para pencinta kopi, beberapa alat tersebut mungkin wajib untuk menjadi koleksi di rumah. Biasanya, mereka akan memiliki alat penyeduh kopi beserta peralatan lainnya untuk menghasilkan secangkir kopi yang sempurna.

Pertama ada grinder yang digunakan untuk menggiling biji kopi hingga menjadi bubuk. Biji kopi yang baru digiling sebelum dimasukkan ke dalam mesin akan menjaga kesegaran, karakter rasa, dan juga aroma yang dimiliki kopi dibandingkan biji kopi yang telah digiling dan disimpan selama beberapa waktu.

Umumnya, grinder memiliki tiga jenis, yakni blande grinder, burr grinder, serta conical grinder. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebiasaan membuat kopi serta selera pribadi.

Kemudian, yang kedua adalah alat penimbang. Timbangan merupakan pendamping alat kopi yang keberadaannya dapat membuat secangkir kopi yang dibuat setiap hari akan konsisten mengikuti resep yang Anda ikuti. Alat ini tidak hanya berguna untuk mengetahui takaran kopi, tetapi juga mengukur jumlah air yang akan diseduh.

Setelah kopi digiling dan ditakar, barulah kita lanjut membahas alat penyeduh kopi. Peralatan esensial ini terbagi ke dalam beberapa jenis, mulai dari yang manual hingga otomatis. Lantas, apa saja ragam alat kopi tersebut? Yuk, cek beberapa alat penyeduh kopi berikut ini!

French Press

Alat penyeduh pertama dan paling banyak digunakan adalah French press. Keberadaannya sebagai alat kopi manual sudah menjadi bagian dari sejarah kopi dunia sejak tahun 1920-an. Secara tampilan, French press terlihat elegan dan memiliki fungsi yang terbilang praktis.

Penggunaan French press untuk menyeduh kopi pada dasarnya hanya membiarkan kopi terendam dengan air panas dalam jangka waktu selama 3 hingga 4 menit. Proses pembuatan kopi dengan alat ini memungkinkan Anda merasakan kopi apa adanya secara autentik tanpa campuran bahan-bahan lainnya.

Proses penggunaannya pun terbilang sangat mudah karena Anda hanya perlu memasukkan bubuk kopi, membiarkan kopi menyatu dengan air, lalu menekan coffee plunger sehingga ampas kopi akan tersaring pada bagian bawah alat tersebut.

Aero Press

Kemudian, terdapat alat kopi manual lainnya yaitu aero press. Berbeda dengan French press, peralatan yang satu ini hanya terlihat seperti tabung biasa. Hal ini cocok untuk Anda yang sering bepergian namun tetap ingin menyantap kopi yang nikmat. Aero press sangat praktis dan mudah untuk dibawa ke mana pun lantaran ukurannya yang mungil, bahkan bisa dimasukkan ke dalam tas.

Tidak hanya itu, proses penyeduhan kopi dengan alat ini pun bisa berlangsung singkat, kurang lebih satu menit. Namun, jangan khawatir kopi Anda akan terasa hambar. Aero press tetap mampu menghasilkan kopi dengan cita rasa yang kaya karena proses tekanannya membuat ekstraksi biji kopi lebih merata.

Selanjutnya, alat kopi ini tepat bagi Anda yang tidak suka meminum kopi dengan tingkat keasaman yang tinggi. Aero press mampu menghasilkan kopi dengan cita rasa yang lebih manis dan tidak terlalu asam. Namun, lantaran terbatasnya kemampuan yang dimiliki aero press, alat ini lebih cocok untuk digunakan pribadi dan bukan untuk keperluan bisnis.

V60

 Untuk merasakan kopi yang lebih ringan dan segar, Anda bisa mencoba V60. Alat kopi ini tampak seperti cangkir biasa dengan bentuk spiral. Namun, proses pembuatannya yang ikonis, yaitu menggunakan air panas yang mengalir dan bubuk kopi yang disaring melalui kertas menjadikan alat ini disukai para penikmat kopi di seluruh dunia.

Meski terlihat mudah, alat kopi V60 ternyata memerlukan ketelitian dan kesabaran lebih. Saat menuangnya, Anda memerlukan timer untuk menghitung waktu tuang air panas. Adapun waktu tuang ini biasanya memakan waktu hingga 5 menit dan terbagi ke dalam beberapa tahap.

Moka Pot

Jika dilihat tampilannya secara menyeluruh, moka pot terlihat seperti sebuah ceret atau ketel air. Namun, di balik itu, alat kopi moka pot ternyata disebut-sebut sebagai cikal bakal hadirnya mesin kopi espresso dan patut untuk Anda coba gunakan.

Proses membuat kopi menggunakan alat kopi tunggal ini cenderung mudah. Anda hanya perlu memasak air hingga mendidih sebelum menuangkannya ke dalam bagian bawah moka pot. Setelah itu pasang portafilter-nya, lalu masukkan bubuk kopi, dan kopi Anda pun siap untuk dimasak di atas api kecil.

Kemudian, Anda perlu menunggu sebentar hingga kopi terlihat keluar dari lubang moka pot secara perlahan. Apabila prosesnya dilakukan dengan benar, maka Anda akan menemukan krema kopi di atasnya.

Automatic Coffee Maker

Terakhir, ada automatic coffee maker atau alat kopi otomatis yang bisa Anda manfaatkan untuk menyiasati rutinitas tinggi tanpa harus melewatkan waktu minum kopi. Salah satu alat yang populer digunakan yakni rangkaian NESCAFÉ Dolce Gusto yang sudah sepaket dengan kapsul pintarnya.

Ada berbagai rasa kopi ala cafe yang ditawarkan mulai dari Cappuccino, Grande Intenso, Americano, hingga Espresso Intenso. Seluruh prosesnya sangat mudah dan terbilang singkat, yakni kurang lebih hanya satu menit. Menariknya, Anda bisa menyajikan kopi dalam keadaan panas atau dingin, dengan kualitas kopi yang konsisten dan tampilan yang menarik sehingga peralatan ini pun memberikan Anda pengalaman baru yang fleksibel dalam minum kopi ala coffee shop di rumah. Menarik ‘kan?

Demikianlah informasi mengenai peralatan kopi yang bisa Anda pilih demi mendapatkan secangkir kopi nikmat untuk memulai hari. Semoga informasi ini bermanfaat!