You have reached the website

Cara Pembuatan Kopi Menggunakan French Press

Cara Pembuatan Kopi Menggunakan French Press

Tahukah Anda bahwa French Press hadir dari sebuah peristiwa tak terduga yang dilakukan oleh seorang pria asal Prancis di dalam perjalanannya pada akhir 1850? Pria ini awalnya hanya ingin menutupi sisa kopi terakhirnya dan dia menggunakan lapisan logam tipis.

Setelah melihat bubuk kopi terpisah dari kopinya, ia pun menyadari bahwa kopi tersebut merupakan kopi ternikmat yang pernah dicicipinya. Bagaimana pun asal muasalnya, peralatan kopi yang satu ini baru tercatat sebagai salah satu cara membuat kopi dengan metode manual brew pada 1852.

Metode manual brew sendiri merupakan proses penyeduhan kopi dengan cara manual tanpa menggunakan mesin espresso dan sebagainya. Apa yang membuatnya berbeda? Manual brew menggunakan kertas atau lapisan penyaring khusus yang bertujuan memisahkan kopi dengan ampasnya.

Baca Juga: Mengenal Teknik Manual Brew Menggunakan V60

Terdapat beragam metode manual brew yang bisa Anda coba sendiri di rumah, mulai dari Drip V60, Aeropress, Vietnam Drip, Chemex, serta Syphon. Salah satu yang paling populer digunakan adalah French Press.

Adapun keunggulan dari French Press, yakni memberikan keleluasaan kepada setiap penikmat kopi untuk membuat secangkir kopi sesuai dengan seleranya masing-masing. Peralatan ini juga mampu memberikan rasa kopi yang alami dan kuat.

Lantas, bagaimana cara membuat kopi dengan menggunakan French Press? Simak proses mudahnya berikut ini!

Langkah Pertama

Seduh air secukupnya hingga mendidih untuk mengisi French Press. Untuk alat press berukuran 17 oz atau 502 ml, Anda membutuhkan sekitar 350 gram air.

Membuat kopi nikmat dengan French Press hanya memerlukan air panas kurang lebih 95 derajat Celsius. 

Langkah Kedua

Ketika air sedang dipanaskan, Anda bisa menggiling kopi terlebih dahulu. Secara umum, French Press membutuhkan biji kopi yang digiling agak kasar. Sebaiknya mulai dengan rasio kopi dan air 1:12. Jika menggunakan 350 gram air, maka Anda membutuhkan 30 gram kopi.

Langkah Ketiga

Apabila air panas dan bubuk kopi sudah siap, mulailah menuang air panas secara perlahan. Adapun jumlah air yang dituang adalah dua kali bubuk kopi. Maksudnya, jika Anda memiliki 30 gram kopi, mulailah dengan menuang 60 gram air.

Langkah Keempat

Setelah itu, aduk perlahan dengan sendok dan biarkan kopi mengalami blooming atau mengembang terlebih dahulu selama 30 detik.

Langkah Kelima

Tuang sisa air dan letakkan tutup atau plunger French Press hingga batas atas kopi dan jangan langsung menekannya. Biarkan kopi terendam selama empat menit.

Untuk waktu yang tepat, gunakan Timer dan jangan pernah mengira-ngira empat menit tersebut agar rasa kopi yang dihasilkan nikmat.

Langkah Keenam

Jika sudah mencapai empat menit, tekan plunger French Press. Setelah selesai dipress, sajikan kopi sesegera mungkin. Anda tidak boleh mendiamkannya sebab hal ini akan menyebabkan French Press terus menyeduh dan mengekstrak kopi secara berlebihan. Kondisi yang terlalu lama inilah yang sering kali membuat kopi terasa tidak nikmat.

Ini juga menjadi alasan mengapa Anda perlu menggunakan peralatan kopi yang punya kemampuan khusus dalam mengatur semua hal tersebut di atas, untuk agar semakin praktis  dalam menghasilkan secangkir kopi nikmat. Salah satunya dengan memanfaatkan mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto.

Sama seperti French Press, NESCAFÉ Dolce Gusto juga memakai tekanan demi kopi nikmat, hanya saja dilakukan secara otomatis. Dengan tekanan hingga 15 bar, mesin NESCAFÉ Dolce Gusto menghadirkan secangkir kopi ala kafe favorit Anda. Menarik ‘kan?