You have reached the website

Manfaat Secangkir Black Coffee di Pagi Hari

Sarapan yang sehat memberikan energi dan membantu kinerja metabolisme tubuh agar bisa beraktivitas seharian

  • Detail

 

Banyak orang memulai aktivitasnya di pagi hari dengan mengonsumsi sarapan yang sehat. Sarapan yang sehat memberikan energi dan membantu kinerja metabolisme tubuh agar bisa beraktivitas seharian. Tahukah anda bahwa selama tidur pun tubuh kehilangan banyak asupan cairan sehingga diperlukan makanan dan minuman yang bergizi. Beberapa orang melengkapi sarapan dengan secangkir black coffee atau kopi hitam. Kopi ini bisa dinikmati dengan berbagai cara, baik hangat maupun dingin. Black coffee cenderung lebih mudah dibuat jika dibandingan dengan menu kopi lainnya, seperti espresso atau americano. Anda hanya butuh bubuk kopi dan air panas. Menariknya, black coffee dipercaya mampu menghilangkan perasaan kantuk dan malas bagi beberapa orang. Hal ini dikarenakan pada saat seseorang meneguk kopi, maka senyawa yang ada di dalamnya akan meleburkan diri ke dalam aliran darah dan menuju otak. Di dalam otak, kandungan kopi akan menghambat neurotransmiter adenosin yang punya potensi membuat Anda mengantuk. Jadi black coffee tidak hanya mengusir kantuk, tetapi juga bisa memberi berbagai manfaat lain, apalagi jika diminum di pagi hari sebelum memulai rutinitas harian. Penasaran dengan manfaat tersebut? Segera cek beberapa di antaranya berikut ini!

 

Untuk Kemampuan Fokus dan Daya Ingat

 

Bagi Anda yang sering merasa sulit untuk fokus atau mengingat sesuatu, maka menu kopi yang satu ini bisa jadi solusi. Kandungan kafein di dalam kopi yang dialirkan melalui darah akan berinteraksi dengan reseptor adenosin dan memicu produksi serotonin, dopamin, serta noradrenalin. Kerja sama antara ketiga senyawa ini akan menjadikan seseorang lebih waspada dan fokus. Dengan begini, kemampuan berpikir dan daya ingat pun semakin meningkat. Manfaat Black Coffee juga akan semakin efisien jika dikonsumsi oleh orang yang jarang minum kopi.

 

Menekan Risiko Gangguan Otak dan Saraf

 

Siapa sangka bahwa penurunan fungsi otak juga bisa terjadi secara tidak disadari? Jika sudah begini, beragam gangguan kesehatan pun bisa mengancam otak dan sistem saraf. Alzheimer dan demensia pun menjadi dua penyakit populer terkait hal ini. Meski keduanya bisa meningkat secara terus menerus seiring pertambahan usia, namun risikonya bisa diperlambat dengan minum kopi secara rutin. Pasalnya, terdapat antioksidan dan senyawa anti radang di dalam kopi yang bisa menekan risiko gangguan kesehatan.

 

Menurunkan Risiko Serangan Jantung dan Strok

 

Black Coffee sering kali juga dihubungkan dengan risiko serangan jantung dan strok bagi laki-laki dan wanita. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 130.000 orang, ditemukan bahwa laki-laki yang minum 1-3 cangkir kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk dirawat di rumah sakit karena gangguan irama jantung atau aritmia. Sementara pada sebuah studi yang diadakan pada 2009 dengan melibatkan 83.700 perawat ditemukan bahwa konsumsi kopi harian mereka 2 cangkir atau lebih ternyata yang punya dampak untuk menurunkan risiko strok 20% lebih rendah.

 

Melawan Depresi dan Membuat Lebih Bahagia

 

Depresi merupakan gangguan mental serius yang mampu menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Dalam sebuah penelitian Harvard yang diterbitkan pada 2011, wanita yang minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk depresi. Studi lain pada 208.424 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari adalah 53% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena bunuh diri. Berdasarkan data inilah black coffee tampaknya mampu menurunkan risiko terkena depresi dan bisa membuat seseorang lebih bahagia. Demikianlah beberapa informasi mengenai khasiat secangkir black coffee di pagi hari. Yang perlu diperhatikan, kadar aman kopi bagi orang dewasa sehat hanya 2 hingga 3 cangkir per hari. Salah satu kopi nikmat yang bisa Anda coba yakni NESCAFÉ Dolce Gusto dengan varian black coffee-nya.

 

NESCAFÉ Dolce Gusto memang dirancang khusus untuk memastikan setiap tegukan yang Anda minum memiliki tarakan, cita rasa, serta kualitas yang pas. Semua menu kopi yang dihasilkan akan memanjakan Anda saat Anda meminum kopinya. Menariknya, NESCAFÉ Dolce Gusto membuat setiap penikmatnya seperti memesan minuman langsung di kafe favorit Anda sehingga Anda pun bisa memulai aktivitas harian dengan lebih semangat. Tunggu apa lagi? Yuk segera coba NESCAFÉ Dolce Gusto sekarang juga!