You have reached the website

Macam-macam Filter Kopi dan Perbedaanya dengan Espresso

mengenal macam-macam filter kopi

Filter coffee dan kopi espresso. Di antara begitu banyaknya istilah, kedua hal ini harus selalu dimasukkan dalam menu kedai kopi. Lantas, apa perbedaan antara kopi espresso dan filter? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Apa Itu Kopi Espresso?

Espresso adalah proses penyeduhan kopi dengan tekanan dan bersuhu tinggi. Kopi espresso dibuat dengan cara menggiling kopi hingga halus kemudian dipadatkan, atau dengan menyeduh kopi pada suhu tinggi di bawah tekanan tinggi, biasa disebut “tamping”, untuk mendapatkan ekstrak kopi yang kaya rasa.

Cita rasa dan teksturnya yang kaya menjadi dasar penyusunan berbagai menu kopi seperti cappuccino, Americano, dan latte.

Apa Itu Filter Coffee?

Sebenarnya, konsep espresso dan filter coffee itu sama. Keduanya sama-sama menuangkan air mendidih ke dalam bubuk kopi, dan bubuk kopi melewati saringan dan jatuh ke dalam gelas. Namun, perbedaan utama antara kopi espresso dan kopi saring adalah airnya turun dari tempat kopi digiling. Filter coffee membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk diseduh jika dibandingkan dengan kopi espresso. Namun, waktunya bisa berubah tergantung selera Anda. Oleh karena itu, penyaring kopi membutuhkan lebih banyak bubuk kopi dan air untuk menyeduh kopi.

Baca Juga: Macam-macam Kopi Espresso-Based yang Perlu Diketahui

Filter coffee, juga dikenal sebagai pour over atau drippers, biasanya menonjolkan aroma kopi yang lebih kompleks. Metode persiapan menggunakan filter ini adalah pilihan banyak pecinta kopi single-origin karena memungkinkan Anda menemukan rasa kopi yang diseduh. Hal ini berbeda dengan espresso yang lebih pekat dan kental. Filter coffee yang tepat dapat menghasilkan rasa yang lebih bersih dan kompleks.

Hal ini dikarenakan kopi dibuat dengan cara yang lebih ‘santai’ dan lebih sedikit lama dibanding espresso. Selain itu, filter kopi juga akan memberikan rasa yang lebih ringan di mulut, tidak terlalu pahit seperti espresso.

Ada berbagai jenis filter kopi yang digunakan dalam berbagai jenis metode pembuatan kopi espresso secara manual. Selain kegunaan yang berbeda, filter ini juga memiliki kualitas dan “selera alami” yang berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan dalam rasa standar yang dibuat oleh filter kopi ini setelah menyeduh kopi untuk mengakomodasi rasa yang berbeda.

Filter Chemex 

Secangkir kopi espresso yang dibuat dengan filter Chemex ini memberikan tekstur yang ringan dan membawa aroma bunga yang sangat ringan. Selain itu, filter ini meninggalkan “rasa kering” di mulut saat tertelan.

Melitta Oxygen Bleached

Filter ini memiliki aroma kertas bawaan. Kopi yang dihasilkannya sedikit lebih berat dengan tekstur yang lebih penuh. Filter ini murni aroma kertas tanpa ada aroma lain yang dibawanya.

Melitta Unbleached Natural

Filter kopi yang satu ini memberikan rasa kayu yang tipis pada bilasan pertama dan kedua. Selain itu, filter ini juga memberikan rasa yang tipis pada kopi dengan dryness yang mencolok.

Hario V60

Filter ini memberikan rasa rumput terlebih dahulu dan kemudian rasa bersih baru mulai muncul. Filter V60 menjamin rasa kopi yang ringan dan bersih dengan sedikit aroma jeruk.

Sock Cloth Filter

Filter kain ini memberikan rasa kopi yang kuat, tapi sayangnya itu saja tidak cukup. Rasanya seperti kain wol yang basah. Namun, terdapat sebagian orang menyukainya.

Able Kone

Able Kone bukanlah filter kertas, tetapi corong stainless steel dengan lubang kecil di bagian bawah. Able Kone dirancang untuk digunakan dengan Chemex dan alat pembuat kopi espresso yang lainnya. Hasil dari Able Kone dan filter kertas Chemex sangat berbeda. Filter kertas memiliki hasil akhir yang bersih, dan Able Kone memiliki rasa yang lebih kaya, lebih kuat, sedikit berminyak, memberikan rasa seperti kopi yang dibuat dengan french press.

Able Disk

Able Disk adalah sebuah lempeng yang juga terbuat dari stainless steel yang bisa digunakan kembali. Alat ini biasanya digunakan bersama mesin AeroPress. Ada dua jenis Able Disk, standar dan halus (fine). Artinya, ada dua ukuran dan level lubang. Sama seperti Able Kone, Able Disk menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih kuat, sedikit berminyak, dan bertekstur.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai kopi espresso dan filter coffee yang perlu Anda ketahui. Sekarang setelah Anda memutuskan alat yang sesuai, sekarang waktunya untuk mulai bereksperimen dengan teknik dan mesin kopi untuk menghasilkan secangkir kopi nikmat. Namun, untuk pilihan lainnya dengan alat bikin kopi otomatis, tidak ada salahnya untuk menggunakan NESCAFÉ Dolce Gusto.

NESCAFÉ Dolce Gusto dapat membantu Anda yang tidak punya banyak waktu di pagi hari, namun tetap ingin menyajikan secangkir kopi. Masukkan kapsul dan dapatkan minuman dengan rasa nikmat hanya dengan sentuhan jari. Selamat mencoba!