You have reached the website

Simak Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Tanpa Ampas Berikut Ini!

Simak Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dan Tanpa Ampas Berikut Ini!

Indonesia mungkin terkenal dengan kopi tubruknya. Kopi hitam yang dibuat dengan menuangkan air panas ke dalam cangkir atau teko yang telah diisi bubuk kopi. Dengan tambahan sedikit gula, kopi tubruk siap dinikmati.

Beberapa momen terbaik untuk menikmati kopi tubruk adalah di pagi hari saat sarapan dengan menu khas Indonesia, yakni pisang goreng. Selain pagi hari, orang-orang juga sering memilih sore hari untuk menikmati kopi tubruk. Lagi-lagi dengan camilan Indonesia, biasanya singkong atau roti.

Sayangnya, bagi sebagian orang, kopi tubruk rupanya sedikit tidak mengenakkan karena adanya ampas kopi yang kerap mengganggu di tenggorokan. Rasa kopi yang dihasilkan pun cenderung gosok. Orang-orang sering beralih ke kopi hitam tanpa ampas yang lebih murni rasa kopinya.

Bagi Anda penggemar kopi hitam tanpa ampas dan bingung bagaimana cara membuatnya, jangan khawatir! Berikut ini akan diulas cara membuat kopi hitam yang enak dan tanpa ampas dengan alat kopi seduh sederhana.

Penasaran? Yuk, cek informasinya di bawah ini!

Gunakan French Press

Siapa yang tidak kenal French Press? Alat seduh kopi manual ini paling sering dimanfaatkan untuk membuat kopi hitam yang enak dan tanpa ampas.

Kenapa? French Press memungkinkan pencinta kopi membuat secangkir kopi sesuai dengan selera masing-masing. Anda juga bisa memvariasikan waktu rendam bubuk kopi, sehingga menghasilkan rasa yang berbeda.

Cara membuat kopi dengan French Press terbilang mudah sebab Anda hanya perlu menuang air panas ke dalam gelas French Press yang berisi bubuk kopi, lalu menunggu beberapa saat sebelum menekan

plunger ke dasar gelas. Terakhir, Anda hanya perlu menuang kopi tanpa ampas ke dalam cangkir kopi.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dengan Takaran Pas

Kopi Hitam Enak dengan Manual Espresso Machine

Berikutnya, cara membuat kopi hitam yang enak dan tanpa ampas bisa dengan memakai Manual Espresso Machine atau mesin espresso manual. Untuk membuat kopi dengan cara ini, Anda perlu bubuk kopi dan mesinnya terlebih dahulu. Pilihannya ada beragam, mulai dari Rok Presso hingga Flair Espresso Maker.

Perlu dipahami bahwa karena kopi dibuat tanpa bantuan energi listrik, maka cara ini menuntut Anda untuk menggunakan kekuatan tenaga saja.

Manual Espresso Machine menyeduh kopi dengan cara memaksa air panas melalui bubuk-bubuk kopi dan filter untuk menghasilkan kopi pekat yang disebut Espresso. Espresso ini bisa Anda nikmati langsung, bisa juga ditambahkan dengan sedikit air.

Olah Kopi dengan Pour Over

Pada dasarnya, Pour Over merupakan teknik menyeduh kopi dengan cara menuangkan air panas ke filter atau penyaring berisi bubuk kopi. Penyaring ini pun biasanya berbahan kertas, kain, atau bahkan metal.

Cara membuat kopi hitam dengan teknik ini disukai karena mampu menghasilkan kopi jernih tanpa ampas. Hal lain yang membuatnya menarik adalah tingkat ekstraksi kopi dapat dikontrol dengan menerapkan teknik Pour Over.

Dengan begini, keseimbangan rasa bisa Anda atur sesuai selesai, baik dari tingkat keasaman atau ketebalan kopi.

Bikin dengan Drip Coffee

Selanjutnya, cara membuat kopi hitam yang enak dan tanpa ampas bisa dengan menggunakan Drip Coffee atau kopi tetes. Kenapa disebut kopi tetes?

Proses seduh Drip Coffee dilakukan secara manual dengan menuangkan air panas ke atas bubuk kopi. Tunggu hingga kopi benar-benar selesai menetes melewati bubuk kopi sebelum Anda mencicipinya.

Apa yang membuat cara ini tidak menyisakan ampas? Karena semua bubuk kopinya sudah disaring, sehingga yang Anda nikmati hanyalah kopinya saja.

Nah, itu tadi berbagai informasi seputar cara membuat kopi hitam yang enak dan tanpa ampas untuk Anda nikmati sehari-hari. Semua cara dengan menggunakan peralatan tersebut memang menuntut Anda untuk bersabar dan telaten dalam membuat kopi.

Jika ingin proses yang cepat dan praktis, Anda bisa memanfaatkan  mesin kopi dan kapsul kopi NESCAFÉ Dolce Gusto yang mampu bikin kopi hitam enak tanpa ampas.

Di antara sekian banyak varian dan rasa yang disajikan dalam kapsul NESCAFÉ Dolce Gusto, terdapat setidaknya 5 varian kapsul kopi Dolce Gusto yang memiliki base kopi hitam, yakni NESCAFÉ Dolce Gusto Espresso Intenso, Grande Intenso, Cappuccino, Latte Macchiato, dan Flat White.

Setiap varian kapsul in masing-masing memiliki rasa khas dan berbeda-beda dan setiap varian dapat dibuat dengan sama baiknya dengan mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto; yang pasti enaknya pas!

NESCAFÉ Dolce Gusto yang tersedia dalam berbagai model yang dapat Anda coba dan pilih di toko official NESCAFÉ Dolce Gusto. Toko official NESCAFÉ Dolce Gusto bisa ditemui di mal-mal di kota Anda. Atau jika tidak ingin repot, Anda bisa mendapatkan NESCAFÉ Dolce