You have reached the website

Teknik Membuat Kopi Enak dengan Metode Manual Brew

teknik membuat kopi enak dengan manual brew

Sering nongkrong atau beli kopi dari cafe tidak jarang membuat orang bingung ketika harus membuat sendiri kopinya di rumah. Rasa yang tidak pas hingga kebingungan memilih alat atau biji kopi yang tepat untuk diseduh merupakan beberapa hal yang memang perlu dipelajari bagi setiap pencinta kopi.

Tidak perlu jauh-jauh belajar mengenai teknik roasting atau pemanggangan kopi. Anda bisa mulai belajar dari teknik dasar membuat kopi enak terlebih dahulu. Proses pembuatannya pun dapat dimulai dengan menerapkan metode manual brew.

Pada dasarnya, manual brew adalah cara menyeduh kopi secara manual tanpa menggunakan mesin espresso sama sekali. Teknik ini erat hubungannya dengan bubuk kopi yang sudah digiling, filter atau penyaringan, serta air panas di tingkat temperatur tertentu.

Lantas, bagaimana teknik membuat kopi enak dengan metode manual brew? Berikut informasi lengkap yang bisa Anda coba sendiri di rumah!

Pilih Vietnam Drip

Memilih Vietnam Drip sebagai metode manual brew dalam menghasilkan kopi enak banyak dilakukan pencinta kopi. Pasalnya, Vietnam Drip menawarkan detail di setiap proses seduhnya.

Bayangkan, mulai dari menggiling biji kopi hingga jadi bubuk, lalu proses menuang air ke bubuk kopi yang sudah berada di dalam drip, aroma kopi menguar, lalu hasil ekstraksi kopi menetes  demi setetes ke dalam gelas.

Seluruh proses ini menjadikan Anda punya pengalaman menyeduh sendiri kopi enak yang tidak akan ditemukan di metode manual brew yang lainnya.

Baca Juga: Yuk, Belajar Cara Membuat Kopi Enak ala Cafe dari Rumah Lewat Langkah-langkah Ini!

Manfaatkan French Press

Tapi, jika Anda tidak ingin berlama-lama dan ingin segera menikmati kopi enak, maka pilihannya bisa jatuh ke French Press. Keberadaan French Press sebenarnya tidak hanya dinikmati oleh para pencinta kopi, tapi juga oleh mereka yang menyukai teh. Alatmanual brew yang satu ini memang mampu mengekstraksi minuman dengan rasa yang cenderung dan tegas, hanya saja agak berminyak.

Tekan dengan Aeropress

Teknik membuat kopi enak dengan metode manual brew berikutnya adalah dengan menggunakan Aeropress. Proses tekanan dengan Aeropress membuat ekstraksi biji kopi lebih merata atau full immersed, sehingga kopi yang dihasilkan tidak hanya enak, tapi juga kaya akan cita rasa.

Anda pun tidak perlu menghabiskan banyak waktu membuat kopi enak dengan Aeropress sebab proses penyeduhannya cenderung lebih singkat karena kopi bisa terhidang hanya dalam hitungan satu menit.

Gunakan V60

Teknik pembuatan kopi enak dengan metode yang satu ini disebut-sebut sebagai yang paling revolusioner. Rasa kopi yang dihasilkan jauh lebih bersih dan tidak berminyak karena adanya filter keras yang berguna untuk menahan minyak agar tidak turun ke dalam server.

Untuk menjaga kesegaran dari kopi, ada baiknya jika Anda menggiling kopi tepat sebelum ingin menyeduh kopi dengan menggunakan V60.

Pakai Moka Pot

Dibandingkan dengan peralatan sebelumnya, Moka Pot jauh lebih memudahkan Anda menghasilkan kopi enak. Caranya, Anda cukup memasukkan air dan bubuk kopi ke dalam Moka Pot, lalu didihkan di atas api. Tunggu beberapa saat dan kopi enak Anda siap dinikmati.

Coba Rok Presso

Terakhir, membuat kopi enak dengan metode manual brew bisa dengan mencoba Rok Presso. Di kalangan pencinta kopi, Rok Presso sering kali disebut sebagai mesin kopi manual. Meski namanya mesin, tapi Rok Presso tetap memerlukan tenaga karena tidak memakai listrik sama sekali.

Rasa kopi yang dihasilkan jauh lebih intens dibandingkan dengan peralatan lainnya yang sebelumnya sudah dibahas. Karena rasa intens ini, maka tidak sedikit orang yang sering kali mencampur Rok Presso dengan air, sehingga menghasilkan kopi enak Americano.

Demikianlah informasi seputar cara membuat kopi dengan teknik manual brew. Sebelum memilih peralatan manual brew apa yang akan dibeli, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui tujuan membeli peralatan tersebut.

Apakah Anda membelinya untuk kebutuhan pribadi atau untuk kebutuhan keluarga di rumah yang merupakan pencinta kopi serta seberapa intens Anda ngopi.

Kalau  Anda memang intens minum kopi bahkan dengan seluruh anggota keluarga, maka tidak ada salahnya untuk memilih peralatan yang memang mampu memenuhi kebutuhan tersebut dan sesuai dengan budget.

Salah satu rekomendasi peralatan pembuat kopi yang bisa Anda coba di rumah, yakni mesin dan kapsul kopi pintar dari NESCAFÉ Dolce Gusto. Beberapa varian kapsulnya antara lain:

  • Kopi hitam: Grande Intenso dan Espresso Intenso
  • Kopi dengan susu: Cappuccino, Latte Macchiato, Flat White
  • Teh: Milk Tea

Semua kapsul kopi pintar ini hadir dengan paduan teknologi dan desain inovatif. Secara otomatis, kapsul kopi mampu mengatur seberapa besar tekanan yang harus dikeluarkan saat membuat menu kopi.

Sementara mesin kopi ESCAFÉ Dolce Gusto punya rangkaian pilihan mesin antara lain Genio 2 Red Metal Automatic, Mini Me Piano Black Automatic, Drop Dark Silver Automatic, Lumio Red Automatic, dan Lumio Black Automatic, dan Piccolo Anthracite Manual.

Gimana? Sudah siap untuk membuat kopi enak di rumah?