You have reached the website

Jenis-jenis Minuman Kopi ala Coffee Shop yang Bisa Anda Buat di Rumah

Jenis-jenis Minuman Kopi ala Coffee Shop yang Bisa Anda Buat di Rumah

Saat ini minuman kopi ternyata tidak hanya sekadar aktivitas meneguk kopi belaka. Beberapa waktu terakhir, minum kopi, khususnya di Coffee Shop menjadi ritual yang banyak dilakukan oleh orang-orang muda.

Tidak sedikit yang memilih untuk menikmati secangkir kopi di Coffee Shop karena tempatnya yang nyaman serta rasa beragam menu kopi yang ditawarkan memang jauh lebih nikmat. Pertanyaannya, apakah kita bisa memuat minuman kopi ala Coffee Shop di rumah? Jawabannya tentu saja bisa.

Setiap orang kini punya kesempatan untuk membuat sendiri menu kopi favoritnya di rumah. Berikut ini beberapa jenis minuman kopi yang rasa dan tampilannya tidak kalah dengan menu yang disajikan di Coffee Shop. Penasaran? Cek informasinya di bawah ini!

Americano

Minuman kopi pertama yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah adalah Americano. Pada dasarnya, Americano adalah kombinasi antara espresso dengan air hangat. Perbandingan pada umum keduanya adalah sepertiga bagian dari gelas diisi dengan espresso, sisanya air hangat.

Baca Juga: Makanan untuk Dinikmati Bersama Minuman Kopi

Sebagai contoh, kalau Anda membuat Americano di gelas dengan kapasitas 150 ml, maka Anda perlu mencampurkan 50 ml espresso dengan 100 ml air hangat. Demi rasa yang menyerupai Americano ala Coffee Shop, Anda bisa menambahkan es batu sebelum menyesapnya.

Latte

Salah satu menu kopi yang banyak dipesan di Coffee Shop adalah Latte atau Cafe Latte. Tak banyak yang tahu bahwa Latte dalam bahasa Italia berarti susu. Penggunaan susu inilah yang menjadi ciri khas dari Latte.

Menu yang satu ini merupakan minuman dengan memanfaatkan espresso sebagai dasarnya dan susu panas serta busa mikro sebagai pelengkap. Jika dibandingkan dengan Americano, Latte terasa lebih manis karena tambahan susunya.

Cappuccino

Siapa yang tidak kenal dengan Cappuccino? Secara umum, minuman kopi ini hampir mirip dengan Latte. Namun, perbedaan utama antara Latte dan Cappuccino adalah ketebalan busa di atas. Cappuccino mempunyai lebih banyak busa.

Untuk mendapatkan rasa dan penampilan ala Coffee Shop, Anda bisa menaburkan bubuk cokelat di atasnya sebagai Jika ada bubuk coklat atau serutan kayu manis, taburkan di atasnya sebagai hiasan.

Flat White

Selain Cappuccino, Flat White menjadi minuman lain yang hampir sama dengan Latte. Hanya saja perbedaan keduanya terletak pada rasio perbadingan kopi dan susu yang digunakan. Adapun rasio perbandingan yang perlu diperhatikan demi menghasilkan Flat White ala Coffee Shop adalah 1:3 di mana 1 untuk kopi dan 3 untuk susu.

Es Kopi Susu

Gerah di rumah dan ingin menikmati minuman kopi yang segar? Anda bisa mencoba membuat es kopi susu yang sering kali ditambahkan gula aren sebagai pelengkap rasa. Perlu diketahui, menambahkan es batu pada kopi sebenarnya menghasilkan minuman yang sangat encer, sehingga Anda perlu tips khusus dalam membuat minuman kopi yang satu ini.

Seduh kopi seperti biasa dan tambahkan susu serta gula aren. Bisa juga gula aren dan susu terlebih dahulu. Untuk menyeduh kopi, jangan menggunakan terlalu banyak air sebab es batu yang Anda campurkan bakal membuatnya punya rasa seimbang.

Cafe Au Lait

Terakhir, minuman kopi ala Coffee Shop yang bisa anda buat di rumah adalah Cafe Au Lait. Banyak yang menyebutkan bahwa menu ini berasal dari Prancis. Secara harfiah, Cafe Au Lait biasanya diterjemahkan sebagai kopi dengan susu.

Proses pembuatannya dimulai dengan mencampur kopi serta Chicory; tanaman herbal yang diseduh seperti kopi. Lalu panaskan setengah cangkir susu sebelum memadukan semua bahan di dalam gelas.

Apabila semua jenis-jenis minuman kopi tersebut cenderung ribet dalam proses pembuatannya, maka Anda bisa menggunakan kapsul dan mesin kopi dari NESCAFÉ Dolce Gusto yang rasa minuman kopinya tidak kalah dengan menu Coffee Shop.

Beberapa varian dari kapsul kopi antara lain kopi hitam, kopi dengan susu, teh, serta cokelat.  Nikmati kopi bersama orang-orang terdekat di rumah dengan NESCAFÉ Dolce Gusto yang membuat Anda serasa memesan minuman langsung dari Coffee Shop favorit Anda.