You have reached the website

Jenis-jenis Minuman Kopi ala Coffee Shop yang Bisa Anda Buat di Rumah

Jenis-jenis Minuman Kopi ala Coffee Shop yang Bisa Anda Buat di Rumah

Saat ini minuman kopi ternyata tidak hanya sekadar aktivitas meneguk kopi belaka. Beberapa waktu terakhir, minum kopi, khususnya di Coffee Shop menjadi ritual yang banyak dilakukan oleh orang-orang muda.

Tidak sedikit yang memilih untuk menikmati secangkir kopi di Coffee Shop karena tempatnya yang nyaman serta rasa beragam menu kopi yang ditawarkan memang jauh lebih nikmat. Pertanyaannya, apakah kita bisa memuat minuman kopi ala Coffee Shop di rumah? Jawabannya tentu saja bisa.

Untuk Anda yang tertarik mencari tahu berbagai macam macam kopi ala coffee shop yang bisa dibuat di rumah, yuk simak artikel berikut!

Americano

Minuman kopi pertama yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah adalah Americano. Pada dasarnya, Americano adalah kombinasi antara espresso dengan air hangat. Perbandingan pada umum keduanya adalah sepertiga bagian dari gelas diisi dengan espresso, sisanya air hangat.

Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan perbandingan 1:3. Untuk rasa, Americano ini memiliki rasa yang sangat kuat dan menjadi base berbagai minuman kopi.

Latte

Jika Anda tidak terlalu suka kopi hitam yang pahit, Anda bisa menambahkan susu ke dalam hidangan minuman Anda. Ada macam macam kopi susu yang bisa dibuat di rumah, yang pertama adalah Latte.

Tak banyak yang tahu bahwa Latte dalam bahasa Italia berarti susu. Penggunaan susu inilah yang menjadi ciri khas dari Latte.

Menu yang satu ini merupakan minuman dengan memanfaatkan espresso sebagai dasarnya dan susu panas serta busa mikro sebagai pelengkap. Jika dibandingkan dengan Americano, Latte terasa lebih manis karena tambahan susunya. Minuman Latte ini bisa dinikmati selagi hangat, ataupun dingin.

Macchiato

Bagi Anda yang suka minuman kopi yang ringan, Anda bisa membuat Macchiato di rumah. Kandungan susu di dalam secangkir Macchiato ini lebih banyak dibandingkan rasio kopinya yang menjadikan rasanya ringan dan tidak pahit.

Cappuccino

Siapa yang tidak kenal dengan Cappuccino? Minuman kopi susu yang satu ini punya rasa yang hampir mirip dengan Latte namun memiliki rasa kopi yang sedikit lebih kuat dibandingkan Latte. Biasanya, kalau di coffee shop, Cappuccino ini disajikan dengan taburan bubuk cokelat di atasnya.

Flat White

Kalau takaran espresso dan air hangat dalam Americano 1:3, Flat White juga memiliki takaran yang sama. Bedanya, dalam membuat Flat White, Anda menggantikan air hangat dengan susu, sehingga perbandingan kopi dan susu yang digunakan untuk membuat Flat White adalah 1:3.

Es Kopi Susu

Nah, ini dia minuman yang lagi viral beberapa waktu belakangan ini. Es Kopi Susu memang masih menjadi idola dalam waktu beberapa tahun belakangan ini. Biasanya, Es Kopi Susu diminum di siang dan sore hari karena sangat menyegarkan. Untuk membuat Es Kopi Susu, Anda membutuhkan espresso, susu segar, susu evaporasi, dan juga gula aren sebagai pemanis.

Cafe Au Lait

Ada yang sudah pernah coba Cafe au Lait? Secara bahasa, Cafe au Lait ini berarti kopi dengan susu. Tapi, bahan dasar pembuatan Cafe au Lait ini sebenarnya juga membutuhkan tanaman herbal yang bernama chicory. Sama seperti minuman kopi lainnya, Anda juga bisa membuat Cafe au Lait sendiri di rumah.

Affogato

Dari macam macam kopi yang ada di coffee shop, ini dia minuman yang paling berbeda dan juga unik, yaitu kombinasi es krim dan juga espresso. Untuk membuat Affogato ini, Anda hanya perlu menyiapkan satu scoop es krim vanila dan juga satu shot espresso. Rasanya? Sangat creamy dan juga manis.

Moccachino

Selain kopi susu, Anda juga bisa menikmati secangkir kopi dengan perpaduan susu dan juga cokelat dalam Moccachino. Perpaduan susu, kopi dan cokelat ini menjadikan rasa Moccachino sangat lembut dan juga ringan, cocok untuk Anda yang tidak terlalu menyukai kopi yang kuat.

Cortado

Macam macam kopi yang satu ini memang sedikit jarang ditemukan di Indonesia. Padahal, Cortado juga memiliki rasa yang nikmat, cocok untuk Anda penyuka kopi susu. Untuk membuat Cortado, Anda hanya perlu menyiapkan espresso dan steamed milk dengan perbandingan 1:1.

Apabila semua jenis-jenis minuman kopi tersebut cenderung ribet dalam proses pembuatannya, maka Anda bisa menggunakan kapsul dan mesin kopi dari NESCAFÉ Dolce Gusto yang rasa minuman kopinya tidak kalah dengan menu Coffee Shop.

Beberapa varian dari kapsul kopi antara lain kopi hitam, kopi dengan susu, teh, serta cokelat.  Nikmati kopi bersama orang-orang terdekat di rumah dengan NESCAFÉ Dolce Gusto yang membuat Anda serasa memesan minuman langsung dari Coffee Shop favorit Anda.