You have reached the website

7 Jenis Kopi Modern yang Tengah Digemari Banyak Orang

7 Jenis Kopi Modern yang Tengah Digemari Banyak Orang

Apa jenis kopi favorit Anda? Apakah pahit, manis, creamy, pekat, atau justru yang light?

Anda tentu sudah paham bahwa kopi merupakan salah satu komoditas yang paling diminati di dunia. Tidak heran, peminatnya sangat banyak, dan kreasi yang diciptakan dari sebuah kopi kini seolah tidak ada hentinya.

Para barista berlomba-lomba menjadikan racikannya yang terbaik. Ketelatenan ditambah taburan kreativitas sana-sini menjadikan dunia kopi semakin berkembang dan membawa dunia ini kepada berbagai jenis kopi modern yang banyak digemari orang.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai kopi modern ini, yuk simak terus artikel ini sampai habis!

Tiga “Gelombang” Kopi

Gelombang Pertama/First Wave Coffee

Penanda zaman industri kopi dibagi atas tiga gelombang. Gelombang pertama atau first wave pada abad ke-19 atau tahun 1800-an di mana kopi disiapkan untuk harga yang lebih terjangkau dan lebih mudah disajikan. Fokus industri kopi di gelombang pertama masih berkutat pada inovasi kemasan dan tingkat kepraktisan penyajian. Imbasnya, rasa kopi dari gelombang pertama ini tidak begitu enak karena yang penting adalah bagaimana semua orang menikmati kopi, apapun kualitasnya.

Baca Juga: 7 Minuman Mood Booster yang Bisa Anda Nikmati Sebelum Mulai Beraktivitas

Gelombang Kedua/Second Wave Coffee

Gelombang kedua atau second wave industri kopi menyapu dunia untuk merespons kualitas kopi yang dihasilkan pada gelombang pertama. Penikmat kopi di gelombang kedua yang muncul pada tahun 1970-an ini cenderung lebih serius dan ingin mengenal lebih dalam secangkir kopi yang ada di hadapan mereka. Tidak sekadar minum, mereka penasaran dengan keseluruhan proses pembuatan kopi, mengapa ada pelabelan tertentu yang berbeda antara satu kopi dengan yang lainnya.

Pada gelombang ini, varian kopi seperti cappuccino, cafe latte, dan metode pembuatan kopi lainnya muncul. Gelombang ini menandai munculnya era cafe dan coffee shop mulai dari yang kecil hingga waralaba di kota-kota besar. Menikmati secangkir kopi bukan lagi sekadar minuman, tapi menjadi gaya hidup.

Gelombang Ketiga/Third Wave Coffee

Baru pada gelombang ketiga ini, istilah gelombang diperkenalkan. Tepatnya oleh Trish Rothgeb pada tahun 2002. Pada gelombang ini, penikmat kopi semakin rumit dan sophisticated. Seperti gelombang sebelumnya, rasa ingin tahu mereka terhadap kopi semakin meningkat.

Mereka sangat peduli dengan asal muasal kopi, proses pembuatan, cara kopi tersebut diseduh, bahkan barista yang membuatnya menjadi obrolan yang relevan. Selain itu, proses bertani dan dan jual kopi, apakah melalui proses jual beli dan adil, dan aspek-aspek seperti itu menjadi penting. Meski banyak bagian baru yang menjadi pertimbangan pecinta kopi, namun kualitas rasa tetap menjadi pertimbangan utama.

7 Jenis Kopi Modern

Dari ketiga “gelombang” tersebut, muncul perubahan dan pertumbuhan ke arah yang lebih baik. Respons dan kritik atas berbagai aspek di industri kopi menjadikan kopi menjadi lebih baik dan nikmat diminum. Dari situ lahirlah formasi kopi di era modern yang lazim kita lihat hari ini. Di antara kopi-kopi modern, 7 di antaranya lazim ditemui di coffee shop favorit Anda, antara lain:

  1. Espresso

    Kopi yang murni. Espresso merupakan hasil ekstraksi murni biji kopi dengan air sehingga menciptakan secangkir kecil kopi yang pekat dan pahit. Namun bisa dikatakan rasa kopi paling jujur datang dari segelas espresso. Espresso dihasilkan dengan cara mengekstraksi biji kopi yang digiling halus menggunakan sedikit air sangat panas. Kandungan kafein dari satu cangkir espresso berada di kisaran 120-170 miligram.

  1. Americano

    Americano adalah espresso yang ditambahkan air sehingga membuat espresso yang pekat dan kopinya terkonsentrasi menjadi lebih ringan. Kandungan kafein pada Americano berada di angka 150 miligram, tidak setinggi espresso.

  1. Macchiato

    Macchiato adalah satu shot espresso yang ditambahkan dengan sedikit susu panas berbusa. Adanya tambahan susu tersebut justru menjadikan aroma kopi semakin kuat dan rasanya semakin pekat. Yang penting, jangan terlalu banyak, cukup benar-benar sedikit saja busa susu panas.

  1. Cappuccino

    Cappuccino bisa jadi adalah jenis kopi yang paling terkenal. Tidak mengherankan. Dalam segelas cappuccino, Anda bisa menikmati rasa khas yang kuat dari kopi, namun rasa tersebut sedikit “dilemahkan” oleh sentuhan manisnya susu. Campuran cappuccino pada dasarnya adalah 33% espresso, 33% susu yang diuap, dan 33% busa susu padat yang menjadikan satu gelas cappucino berukuran 150 mililiter.

  1. Cafe Latte

    Bayangkan cappuccino dengan lebih banyak susu, itulah latte. Latte adalah minuman kopi dengan aroma paling susu banyak dibandingkan dengan yang lainnya. Rasa espresso pada latte lebih ringan dibanding cappuccino.

  1. Flat White

    Seperti cafe latte, flat white juga merupakan kopi yang dicampur dengan banyak susu. Perbedaannya adalah susu steamed yang masuk ke dalam flat white lebih sedikit sehingga rasa dan aroma espresso masih mendominasi, sedangkan susu hanya memberi tambahan rasa saja. Banyak coffee shop menggunakan ristretto daripada espresso untuk membedakannya dengan cappuccino maupun cafe latte.

  1. Mochaccino

    Mochaccino pada umumnya mengandung dua gelas espresso, busa susu, dan penambah rasa, biasanya bubuk cokelat atau sirup cokelat. Sebagai varian dari cafe latte, mochaccino cocok dinikmati oleh pemula yang menginginkan ada rasa lain yang dominan selain susu. Rasa mochacino juga pada umumnya lebih manis

Beragamnya jenis kopi modern menyisakan Anda dengan begitu banyak pilihan. Jika Anda masih pemula, Anda bisa menikmati kopi yang tidak begitu dominan sebagai permulaan.

Untuk mendapatkan pengalaman kopi berkualitas di rumah, Anda dapat mencoba kopi dari NESCAFÉ Dolce Gusto. NESCAFÉ Dolce Gusto menyediakan berbagai varian kopi modern yang bisa Anda nikmati tanpa harus melalui pembuatan kopi yang rumit. NESCAFÉ Dolce Gusto tersedia dalam varian Espresso Intenso, Grande Intenso, Cappuccino, Latte Macchiato, dan Flat White. Coba sekarang juga!