You have reached the website

Suka Kopi? Inilah Jenis-jenis Kopi Hitam yang Wajib Dicoba!

Suka Kopi? Inilah Jenis-jenis Kopi Hitam yang Wajib Dicoba!

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kopi hitam pada dasarnya hanyalah minum dengan satu menu. Faktanya, meski warnanya tampak sama, tetapi nama dan rasa bisa jadi tidak sama. Sementar itu hampir setiap orang barangkali pernah mencicipi kopi hitam.

Apalagi masyarakat Indonesia sudah sejak dahulu dikenal sebagai penghasil dan peminum yang patut diperhatikan di level internasional. Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai jenis-jenis kopi hitam yang ada dan wajib dicoba, berikut daftar lengkapnya!

Kopi Tubruk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kopi. Kebiasaan minum kopi ini melahirkan salah satu jenis kopi hitam bernama kopi tubruk. Apa perbedaan kopi tubruk dengan kopi yang lainnya?

Selain cara penyajiannya yang terbilang tradisional, cara menikmatinya biasanya dengan mengikutkan ampas kopinya. Kopi tubruk ini pada umumnya dibuat dengan menggunakan kopi bubuk yang telah digiling halus atau medium sesuai selera.

Baca Juga: Inilah Cara Menikmati Kopi Hitam Bagi Pemula

Setelah itu, baru disiram dengan air panas mendidih. Untuk menikmatinya, beberapa orang gemar mengaduk lalu mendiamkannya sebentar supaya ampasnya tenggelam ke dasar cangkir. Baru setelah itu kopi tubruk bisa diseruput dengan pisang goreng hangat.

Espresso

Siapa yang tidak kenal kopi hitam ini? Espresso merupakan base dari hampir seluruh menu kopi yang ada. Rasanya yang beraneka macam tergantung biji kopinya dengan crema tebal yang ditawarkan merupakan salah satu jenis kopi hitam yang wajib Anda coba.

Perlu diketahui bahwa Espresso yang disiapkan dengan baik seharusnya punya rasa manis, halus, dan lembut, dengan sedikit rasa pahit yang menyenangkan.

Kesalahpahaman paling umum tentang espresso adalah bahwa kopi hitam ini terbuat dari jenis biji kopi tertentu atau espresso adalah label untuk teknik roasting tertentu.

Faktanya, definisi Espresso tidak ada hubungannya dengan asal atau jenis biji kopi serta teknik roasting. Adapun yang membuat Espresso berbeda dari kopi lainnya adalah proses pembuatannya.

Doppio

Di Seattle pada 1980-an diperkenalkan satu jenis kopi hitam bernama Doppio. Menu kopi yang satu ini pada dasarnya sama dengan Espresso yang dibuat dalam bentuk ukuran dua kali lipat. Sebagai contoh, Doppio dengan bubuk kopi 16 gram mampu menghasilkan kurang lebih 55 gram kopi atau 2 gelas cangkir untuk dinikmati.

Americano

Salah satu jenis kopi hitam yang merupakan turunan dari Espresso adalah Americano. Tidak sedikit pencinta kopi yang menyebutkan bahwa Americano merupakan versi encer dari Espresso.

Pasalnya, Americano hadir sebagai percampuran antara Espresso dengan air panas. Untuk rasa yang lebih segar tidak jarang pencinta kopi menambahkan es batu, sehingga lahirlah Iced Americano sebagai salah satu jenis kopi hitam.

Istilah Americano sendiri disebut-sebut berasal dari bahasa Italia saat Perang Dunia II. Konon, waktu itu tentara Amerika tidak menyukai intensitas Espresso yang disajikan di kafe-kafe di Italia. Sebagai solusi, mereka menambahkan air ke dalam Espresso.

Long Black

TIdak jauh berbeda dari Americano, satu lagi jenis kopi hitam yang bisa Anda coba, yakni Long Black. Masih menggunakan Espresso sebagai based, menu kopi yang satu ini dibuat dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu lalu setelah itu dituangkan Espresso ke dalamnya.

Itulah tadi beberapa daftar kopi hitam yang wajib Anda coba. Untuk mendapatkan kopi hitam dengan rasa yang nikmat, tidak ada salahnya untuk mencoba varian kopi hitam dari NESCAFÉ Dolce Gusto. Beberapa kopi hitam yang tersedia antara lain Espresso Intenso, Grande Intenso, Espresso, Americano, dan Grande Intenso Americano Rich Aroma.

Semua varian kopi hitam tersebut dikemas di dalam kapsul pintar yang secara otomatis mampu mengatur besaran tekanan yang harus dikeluarkan saat membuat minuman, misalnya tekanan tinggi untuk secangkir Espresso yang kuat.

Kapsul kopi ini kemudian dimasukkan ke dalam mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto yang bakal membuat aktivitas minum kopi Anda serasa memesan kopi dari kafe favorit. Menarik ‘kan?