You have reached the website

5 Jenis Kopi Arabika Indonesia yang Terkenal Di Dunia

5 Jenis Kopi Arabika Indonesia yang Terkenal Di Dunia

Tidak hanya terkenal dengan pesona indah di setiap objek wisatanya, Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan letak geografis dan struktur tanah yang baik sebagai tempat bertumbuhnya tanaman kopi.

Bahkan, berdasarkan data Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), Indonesia merupakan produsen kopi terbesar di dunia, setelah negara Brasil dan Kolombia. Hal bukan sesuatu yang mengherankan.

Pasalnya, produksi kopi tahunan bisa mencapai 600 ribu ton dan mampu menyuplai tujuh persen kebutuhan kopi dunia. Perkebunan kopi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia masing-masing memiliki karakteristik kopi yang unik.

Salah satu jenis kopi yang terkenal dari Indonesia adalah kopi arabika. Lantas, apa saja jenis kopi arabika dari Indonesia yang berhasil mendunia? Cek info lengkapnya di bawah in

Kopi Arabika Kintamani, Bali

Salah satu kopi arabika dari Indonesia yang sukses mendunia adalah kopi Kintamani yang berasal dari Bali. Jenis kopi ini cukup populer di negara Jepang, Eropa, hingga beberapa negara Arab. Kopi arabika Kintamani memiliki rasa yang unik, didominasi oleh rasa asam citrus segar dan aroma wangi bunga.

Hal tersebut disebabkan oleh tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam dengan menggunakan metode ‘tumpang sari’, bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Selain memiliki cita rasa buah-buahan, kopi arabika Kintamani ini memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Karakteristik Kopi Arabika

Kopi Arabika Toraja

Kopi arabika yang berasal dari Toraja juga menjadi salah satu jenis kopi khas Indonesia yang sudah sangat mendunia. Tujuan utama ekspor kopi arabika Toraja ini adalah negara Jepang dan Amerika, karena karakteristiknya unik, sesuai dengan kebiasaan minum kopi masyarakat di sana. Namun, ciri khas dari kopi ini adalah tidak menyisakan after taste pahit.

Kopi Arabika Flores Bajawa

Meski punya kekentalan yang cukup pekat, kopi Flores Bajawa memiliki tingkat keasaman yang rendah. Hal ini tentu saja menjadi perbedaan yang cukup mencolok dengan kebanyakan kopi lain yang berasal Indonesia.

Kopi arabika dari kawasan Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki rasa dominan dari cokelat dan vanili, serta memiliki after taste yang sedikit nutty. Sebagian besar komoditas kopi arabika dari Flores Bajawa ini ditujukan ke negara Amerika.

Kopi Arabika Aceh Gayo

Siapa yang tidak kenal dengan kopi arabika dari Aceh Gayo yang sudah terkenal akan kenikmatannya? Kopi yang berasal dari daerah tanah Aceh ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, ataupun luar negeri. Kopi Gayo memiliki keunikan dari aroma khas yang berbeda dengan kopi-kopi lain di Indonesia.

Kopi Gayo menghasilkan sebagian besar jenis kopi arabika terbaik di Indonesia. Jenis kopi arabika yang satu ini memiliki cita rasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya yang tajam menjadikan kopi arabika ini disukai banyak orang.

Maka, tidak heran jika kopi jenis ini menjadi penghasil kopi terbesar di Asia. Meskipun rasanya pahit, di setiap tegukan kopi Gayo, Anda bisa merasakan aroma gurih yang nikmat.

Kopi Arabika Papua Wamena

Tumbuh pada ketinggian 1.500 m dengan suhu 20 derajat, Kopi arabika yang berasal dari wilayah timur Indonesia ini memiliki cita rasa ringan dan memiliki keharuman tajam yang nikmat. Karena letak geografis serta struktur tanah tempat penanamannya, kopi jenis ini memiliki tingkat keasaman yang rendah.

Meski demikian, kopi arabika dari Papua Wamena memiliki kualitas yang tinggi. Pasalnya, proses jenis kopi arabika ini ditanam secara organik. Hal ini berarti para petani kopi tidak menggunakan bahan kimia yang tentu bisa memengaruhi cita rasa kopi yang dihasilkan. Bila Anda menyukai kopi dengan rasa ringan dan lembut, aroma tajam yang nikmat serta tekstur yang nyaris tanpa ampas, kopi arabika Papua Wamena adalah pilihan yang tepat.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai kopi arabika yang mendunia dari Indonesia. Beruntungnya, saat ini Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari kopi arabika karena biji-biji arabika pilihan sudah dapat Anda nikmati lewat kapsul kopi Grande Intenso dari NESCAFÉ Dolce Gusto. Kapsul kopi ini memiliki 100% kopi arabika yang jika diseduh akan menghasilkan krema yang tebal serta cita rasa buah dan bunga yang nikmat. Sudah siap mencoba?