You have reached the website

Bikin Kopi di Rumah? Cek Jenis Coffee Maker Terbaik Berikut Ini!

Bikin Kopi di Rumah? Cek Jenis Coffee Maker Terbaik Berikut Ini!

Demi menghemat biaya ngopi setiap hari, beberapa orang biasanya akan membeli coffee maker untuk digunakan di rumah. Dengan begini, mereka tidak akan lagi pergi ke kedai kopi hanya untuk mendapatkan asupan kafein.

Ternyata keberadaan coffee maker ini tidak hanya untuk untuk menghemat biaya, tapi juga menghemat waktu sebab Anda tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah, berkendara, dan memesan kopi secara langsung. Waktu yang dihemat pun bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda atau digunakan untuk bersantai.

Manfaat lain dari coffee maker adalah menghemat tenaga dan Anda punya kesempatan untuk menyajikan kopi dalam jumlah banyak. Berjaga-jaga jika setiap waktu keluarga besar sedang ngumpul atau teman-teman terdekat sedang main di rumah Anda.

Sampai di sini, Anda mungkin bertanya-tanya, "Apa itu coffee maker?"

Coffee maker pada dasarnya adalah alat pembuat kopi yang memungkinkan Anda untuk membuat sendiri secangkir kopi sesuai selera. Di pasaran, ada banyak jenis-jenis coffee maker yang bisa Anda pilih, mulai dari yang manual hingga otomatis.

Baca Juga: Coffee Maker Berdasarkan Karakteristik Pecinta Kopi

Harga coffee maker pun beragam. Beberapa coffee maker punya harga yang terbilang tidak murah, tapi ada juga coffee maker dengan harga terjangkau. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Lantas, mana yang terbaik? Berikut ini informasi mengenai rekomendasi coffee maker yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Simak selengkapnya di bawah!

French Press

Rekomendasi coffee maker pertama adalah French Press; alat penyeduh kopi manual yang dipatenkan pada 1929 oleh desainer asal Italia, Attilio Calimani. Nama lain dari French Press sendiri biasa disebut Cafetière, Cafetière à Piston, Press Pot, atau Coffee Plunger di Indonesia.

French Press yang mudah ditemukan sehari-hari ini terdiri dari tabung silinder yang biasanya berbahan kaca atau plastik bening. Selain tabung, coffee makerini dilengkapi dengan logam atau tutup plastik, serta plunger yang ukurannya pas dengan tabung silinder. Ada juga kawat atau nilon mesh sebagai penyaring pada alat yang satu ini.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Coffee Maker yang Mudah Digunakan di Rumah Berikut Ini!

Chemex

Disebut-sebut sama seperti V60 Hario, Chemex pada dasarnya menjadi alat seduh kopi manual yang baru banyak digunakan di Indonesia dalam satu dekade terakhir. Chemex sendiri pada mulanya diciptakan di Amerika Serikat pada 1941 dan sempat menjadi favorit pada penikmat kopi di sana.

Chemex sendiri pada dasarnya menerapkan metode drip sebagaimana cara tuang pada filter pour over. Bahan dasarnya adalah gelas kaca dengan bentuk menyerupai jam pasir atau berbentuk huruf X dengan pegangan kayu di bagian tengah Chemex.

Aeropress

Selain itu, ada coffee makerbernama Aeropress. Berbeda dengan dua coffee makersebelumnya, alat seduh kopi manual yang satu ini tampak lebih simple karena hanya berbentuk tuas, seperti peralatan suntik. Alat inilah yang akan memaksa air panas keluar melewati bubuk kopi halus dengan tekanan tinggi. Cara penggunaannya pun cukup dengan mendorong Aeropress ke bawah dan kopi Anda pun siap disajikan.

Coffee Maker NESCAFÉ Dolce Gusto

Terakhir, ada coffee maker NESCAFÉ Dolce Gusto. Jika French Press, Chemex, dan Aeropress menuntut Anda membuat kopi dengan cara manual, maka coffee maker NESCAFÉ Dolce Gusto jauh lebih mudah, bahkan terbilang otomatis.

Coffee maker NDG ini terdiri dari berbagai varian mesin dan kopi kapsul. Desain dan tampilan mesinnya bisa dikatakan sebagai sentuhan terakhir yang membungkus daya tarik mesin kopi secara keseluruhan.

Hal ini juga menjadi pemikat pertama untuk menarik perhatian orang yang melihatnya. Jika Anda mencari mesin kopi dengan desain yang menawan, NESCAFÉ Dolce Gusto dapat dijadikan pilihan. Beberapa mesin NESCAFÉ Dolce Gusto antara lain Genio 2 Merah Otomatis, Lumio Merah Otomatis, Mini Me Hitam Otomatis, Piccolo Anthracite Manual, Drop Dark Silver Automatic, dan Lumio Hitam Otomatis.

Seluruh mesin ini NESCAFÉ Dolce Gusto memiliki tekanan hingga 15 bar untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Proses pembuatannya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu mengambil kapsul kopi, memasukkannya ke dalam mesin kopi, menunggu sekitar satu menit, dan menekan tombol. Secangkir kopi berkualitas pun sudah siap Anda nikmati setiap hari.

Untuk kapsul kopinya sendiri, NESCAFÉ Dolce Gusto memiliki banyak varian yang bisa menyesuaikan keinginan Anda. Mulai dari Espresso Intenso, Grande Intenso, Espresso, dan Americano. Namun, jika Anda lebih menyukai kopi dengan susu, ada pula pilihan kapsul kopi Cappuccino, Latte Macchiato, serta Café Au Lait Decaffeinato.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis-jenis coffee maker terbaik yang bisa Anda pilih untuk digunakan di rumah. Sebagai kesimpulan, untuk bisa memilih coffee maker yang tepat, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Semoga informasi ini berguna untuk Anda!