You have reached the website

Pencinta Kopi Wajib Tahu 4 Jenis Black Coffee Berikut Ini!

Pencinta Kopi Wajib Tahu 4 Jenis Black Coffee Berikut Ini!

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa black coffee pada dasarnya hanyalah minuman dengan satu menu atau jenis. Padahal, walaupun warnanya tampak sama, tetapi nama dan rasa bisa jadi berbeda.

Hampir setiap orang mungkin pernah mencicipi kopi hitam. Apalagi di negara Indonesia yang sejak dahulu masyarakatnya dikenal sebagai penghasil dan pencinta kopi yang patut diperhatikan di level internasional.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar jenis-jenis black coffee yang ada dan wajib dicoba, simak artikel berikut ini!

Macchiato

Pada dasarnya, jenis black coffee bernama Macchiato ini merupakan perpaduan dari susu dan espresso. Dalam bahasa Italia, Macchiato berarti ‘bercak’. Hal ini dikarenakan busa atau foam susu yang berada di atas permukaan espresso berbentuk seperti bercak.

Baca Juga: Manfaat Secangkir Black Coffee di Pagi Hari

Terdapat dua jenis kopi macchiato, yakni latte macchiato (memiliki takaran susu yang lebih banyak dibandingkan espresso) dan coffee macchiato (takaran susu lebih sedikit ketimbang espresso dan disajikan dalam cangkir yang kecil). Perbedaan lain dari latte macchiato dan coffee macchiato adalah suhu ketika disajikan. Coffee macchiato biasanya disajikan dalam kondisi panas, sedangkan latte macchiato disajikan dingin.

Ristretto

Biasanya, secangkir espresso juga disebut dengan julukan single atau one shot. Selain itu, black coffee ini juga hadir dalam beberapa varian ukuran, salah satunya adalah ristretto. Ristretto adalah black coffee yang isinya hanya setengah dari espresso. Meski takaran kopinya sama, tapi dosis air yang digunakan lebih sedikit. Dalam setiap sajiannya, takaran satu cangkir kira-kira hanya 15-20 ml.

Dalam bahasa Italia, ristretto memiliki arti “terbatas” atau “pendek”. Black coffee ristretto dibuat kurang dari 20 detik dalam tekanan tinggi. Untuk membuatnya, sebelum espresso disajikan sampai penuh pada cangkir, cangkirnya sudah segera diambil.

Dengan kata lain, ristretto adalah minuman yang dibatasi hanya sampai “setengah” takaran espresso saja. Karenanya ristretto pun umumnya memiliki rasa yang lebih manis dan memiliki sentuhan rasa cokelat lantaran tidak ikut menyertakan ekstraksi terakhir dari kopi.

Doppio

Berbeda dengan macchiato dan ristretto, doppio adalah black coffee yang memiliki dua kali takaran espresso. Doppio biasanya disajikan dalam takaran 60 ml pada satu cangkir. Kalau ristretto tadi disebut single shot, maka orang yang memesan doppio terkadang juga menyebutnya dengan double shot.

Long Black

Long black adalah sajian black coffee yang hampir sama dengan americano. Komposisinya juga sama persis, yaitu memadukan espresso dan air panas. Hal yang membedakan sangat sederhana, yaitu cara menyeduhnya saja. Jika americano biasanya disajikan dengan menambahkan air panas di atas espresso-nya, black coffee berjenis long black ini menambahkan espresso di atas air panas.

Ciri yang paling terlihat pada jenis long black ini adalah adanya crema. Pada kopi berjenis americano, nyaris tidak ada crema karena telah terpecah ketika air panas dituangkan. Nah, beberapa macam black coffee di atas bisa Anda coba pesan sewaktu bersantai dengan teman atau orang terdekat di cafe. Ingin pilihan yang lebih praktis?

Latte Macchiato dari NESCAFÉ Dolce Gusto bisa Anda jadikan pilihan. Latte Macchiato dari mesin kapsul NESCAFÉ Dolce Gusto merupakan kreasi kopi yang tersaji dengan lapisan susu panas, kopi yang lembut, dan buih susu yang melimpah.

Dengan paduan teknologi mutakhir dan desain inovatif, kapsul kopi Latte Macchiato dapat mengatur seberapa besar tekanan yang harus dikeluarkan saat membuat minuman secara otomatis, sehingga kopi yang dihasilkan akan terasa lembut dengan buih tebal di atasnya. Sudah siap mencoba?