You have reached the website

Jangan Sampai Keliru, Inilah 5 Perbedaan Biji Kopi Arabika dan Robusta!

Tidak sedikit orang yang menjadikan kopi sebagai minuman yang wajib untuk konsumsi setiap hari

  • Detail

Tidak sedikit orang yang menjadikan kopi sebagai minuman yang wajib untuk konsumsi setiap hari. Tujuannya selain untuk menghilangkan kantuk, kopi dipercaya bisa membantu untuk lebih fokus dalam menjalani aktivitas harian. Pasalnya, selain bertujuan untuk meningkatkan daya ingat, kopi juga mampu mencegah penurunan fungsi otak. Selain berbagai manfaat tersebut, kopi juga mengandung antioksidan yang tinggi dan beberapa nutrisi yang berguna bagi tubuh, misalnya vitamin B2, vitamin B5, kalium, natrium, serta magnesium. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa mereka yang rutin minum kopi hitam tanpa gula sebanyak 2–3 cangkir sehari punya risiko lebih rendah terhadap berbagai penyakit serius. Berkat manfaat-manfaat inilah kopi menjadi salah satu minuman populer di seluruh dunia. Secara umum, terdapat dua jenis kopi yang sering kali dinikmati, yakni kopi arabika dan robusta. Meski sama-sama kopi, ternyata ada berbagai perbedaan di antara dua jenis kopi ini. Nah, agar tidak keliru, simak perbedaannya berikut ini!

 

Bentuk dan Tekstur Biji Kopi

 

Penampilan akan menjadi hal yang paling pertama diperhatikan ketika sedang menilai suatu objek. Begitu pula pada kedua kopi jenis ini. Secara penampakan, bentuk biji arabika cenderung lebih lonjong dan pipih, berbeda dengan biji kopi robusta yang terlihat lebih bulat dan padat. Perbedaan juga ada pada belahan garis biji kopi. Jika biji kopi robusta agak berliku, biji kopi arabika cenderung bergaris lurus. Kemudian, untuk teksturnya sendiri, biji kopi arabika lebih halus dibandingkan dengan Robusta. Hal ini pun membuat keduanya harus melalui teknik roasting yang berbeda pula.

 

Cita Rasa dan Aroma Kopi

 

Setelah melihat penampakannya, barulah orang-orang beralih ke rasa dan aroma kopi. Seperti yang diketahui bersama, kopi robusta mempunyai aroma dan rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan arabika. Kopi robusta memiliki rasa yang netral jadi cocok untuk dimodifikasi.Namun, bagi yang mencari aroma dan rasa kopi yang kaya dan berwarna, Anda bisa memilih jenis kopi arabika. Sebelum disangrai, biji kopi ini biasanya akan mengeluarkan aroma segar. Namun setelah disangrai, ada aroma wangi menyerupai bunga, buah, serta kacang-kacangan yang bisa Anda cium.

 

Kadar Gula

 

Siapa sangka bahwa di dalam sebiji kopi juga mengandung kadar gula? Kadar ini berbeda-beda untuk setiap jenis. Kopi arabika memiliki kadar gula sekitar 6–9% dari total keseluruhan senyawa yang terkandung di dalamnya, sedangkan pada kopi robusta berkisar 3–7%. Angka ini pun penting untuk diperhatikan terutama bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau yang sedang mengatur asupan gula harian.

 

Lokasi Tanam 

 

Sebagai seorang yang tinggal di Indonesia, para pencinta kopi sepatutnya berbangga. Pasalnya, negara ini punya topografi yang memungkinkan kedua jenis kopi ini tumbuh secara baik. Kopi arabika biasanya tumbuh di daerah dengan ketinggian antara 700 hingga 1.700 kaki di atas permukaan air laut di mana suhu udara daerah ini biasanya berada pada 16-20 derajat celsius. Berbeda dari lokasi tanam arabika, kopi robusta hanya mampu tumbuh di daratan yang lebih rendah di bawah 700  di atas permukaan air laut dan hanya mampu berbuah di suhu yang lebih hangat. Cukup berbeda ‘kan?

 

Harga Kopi

 

Bagaimana dengan harga kedua biji kopi ini? Kopi jenis arabika lebih mahal dibandingkan dengan kopi robusta. Hal ini disebabkan oleh rasa kopi arabika yang lebih punya banyak pilihan dan bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya. Semakin unik rasa yang ditawarkan, semakin mahal harganya. Rasa robusta yang cenderung tidak banyak pilihan menjadikan harganya lebih murah. Belum lagi, proses pra panen, panen, dan pasca panen yang singkat. Kondisi ini pula yang menyebabkan kopi jenis ini lebih banyak tersedia dalam bentuk bubuk siap seduh. Demikanlah sekilas informasi terkait perbedaan biji kopi arabika dan robusta. Jika Anda termasuk salah satu pencinta kopi Arabika, maka rekomendasi kopi nikmat yang wajib dicoba yakni Grande Intenso dari NESCAFÉ Dolce Gusto.

 

Kapsul kopi ini terbuat dari 100% Arabika dengan krema yang tebal serta cita rasa buah dan bunga. Namun, jika Anda menginginkan kopi dengan perpaduan Robusta dan Arabika, maka Espresso Intenso menjadi pilihan yang tepat. Varian kapsul ini terbuat dari Robusta dan Arabika yang kuat. Anda pun bisa merasakan krema yang lembut dengan cita rasa buah dan rempah di saat yang bersamaan. NESCAFÉ Dolce Gusto menghadirkan kapsul-kapsul pintar dengan sajian dari biji kopi pilihan dari seluruh dunia. Setiap cangkirnya menawarkan cita rasa berkualitas untuk Anda pencinta kopi. Setiap tegukannya pun akan membuat Anda bersemangat sebelum memulai hari-hari.