You have reached the website

4 Fakta Menarik Kopi Latte, Pencinta Kopi Wajib Tahu!

4 Fakta Menarik Kopi Latte, Pencinta Kopi Wajib Tahu!

Masih ingat dengan gambar-gambar hewan lucu berbentuk 3 dimensi yang dibuat di  atas secangkir kopi latte dan sempat menghebohkan industri kopi dunia beberapa waktu lalu?

Barista asal Jepang tersebut membuat para penikmat kopi geleng-geleng kepala dengan kreativitas yang diterapkannya di cangkir-cangkir kopi Latte. Sebagai sebuah menu kopi bercampur dengan seni dan kreativitas, Latte juga dilombakan setiap tahunnya di World Latte Art Championship karena adanya beragam motif yang bisa dibentuk di atasnya.

Selama ini tidak sedikit orang yang menganggap Latte hanya kombinasi dari espresso dan steamed milk dengan foamed milk pada bagian atasnya. Perlu diketahui bahwa kopi Latte ini menjadi pilihan banyak orang yang tidak terlalu cocok dengan rasa kopi yang kuat.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Latte Seenak Buatan Cafe

4 Fakta Menarik Kopi Latte, Pencinta Kopi Wajib Tahu!

Hal ini pun menjadi salah satu faktor mengapa kopi Latte populer di hampir seluruh penjuru dunia ini. Menariknya, kopi latte ternyata punya sejarah panjang dan beragam fakta menarik untuk ditilik. Penasaran? Yuk, cari tahu informasi lengkapnya di bawah ini!

Lebih Dulu Dibanding Mesin Espresso

Tahukah Anda bahwa orang Eropa telah mencampurkan kopi dan susu setidaknya sejak abad ke-17 jauh sebelum mesin espresso ditemukan?

Istilah Caffe Latte sendiri pertama kali muncul dalam sebuah esai yang ditulis pada tahun 1867 berjudul Italian Journeys. Hal ini didasarkan pada catatan yang tertera di Oxford English Dictionary. Di dalam bahasa Italia, Latte diartikan sebagai susu.

Meski di awal metode pembuatannya masih sangat konvensional, kopi Latte ternyata langsung digemari oleh banyak orang. Baru setelah ditemukan Steam Wands berupa tongkat pada mesin kopi uap di awal tahun 1903, kopi Latte pun mengalami perkembangan dari segi pembuatan susu yang berujung pada rasa yang dihasilkan.

Mulai Populer dari Seattle

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kopi Latte berawal dari Italia; sebagai negara yang memang menghasilkan banyak menu kopi yang dinikmati hari ini. Faktanya, Latte dipopulerkan oleh seorang barista di Seattle, Washington pada awal 1980-an dan menyebar lebih luas pada awal 1990-an dengan gambar motif di lapisan atas kopi.

Sementara di Eropa utara dan negara-negara Skandinavia di masa yang bersamaan, tren ini juga berkembang, namun dengan nama kopi yang berbeda, yakni Café Au Lait. Jika pada secangkir Latte dicampurkan satu shot espresso, maka Café Au Lait menggunakan kopi hitam pekat.

Sering Disamakan dengan Cappuccino

Satu hal yang menarik dari menu kopi ini, yaitu kecenderungannya untuk disamakan dengan Cappuccino. Padahal keduanya cukup berbeda di mana salah satu perbedaan mencoloknya terletak pada komposisi bahan. Cappuccino pada umumnya terdiri dari espresso, steamed milk, dan foamed milk. Sementara Latte memiliki lebih banyak steamed milk dengan lapisan foamed milk yang tipis.

Paling Sering Disajikan di Rumah

Fakta menarik terakhir dari secangkir kopi Latte yang sering ditemukan di kafe adalah bahwa menu ini pada mulanya hanya dikonsumsi di rumah, khususnya pada masyarakat Italia.

Waktunya juga terbilang spesifik karena hanya dinikmati pada saat sarapan. Standar penyajiannya pun disiapkan pada satu gelas 240 ml dengan satu shot espresso ditambah steamed milk.

Sementara di Amerika Serikat, orang-orang sering kali memberikan tambahan gula untuk rasa yang manis. Selain gula, beberapa perasa lain sering ditambahkan ke dalam Latte agar sesuai dengan selera penikmatnya. Perasa tersebut antara lain vanilla, cokelat, dan karamel.

Nah, jika Anda juga ingin menikmati secangkir kopi latte di rumah atau di kantor, NESCAFÉ Dolce Gusto punya dua varian kapsul kopi Latte, yakni Latte Macchiato, Café Au Lait Decaffeinato dan Flat White.

Latte Macchiato NESCAFÉ Dolce Gusto adalah kreasi kopi yang tersaji dengan lapisan menawan susu panas, kopi yang lembut, dan buih susu. Untuk Café Au Lait Decaffeinato merupakan sebuah kombinasi seimbang antara kopi decaf dengan susu yang lembut di dalam satu kapsul. Dan flat White, secangkir kopi lembut dengan rasa manis nikmat sejak tegukan pertama.

Kenikmatan kopi ketiga varian ini terjaga di dalam teknologi kapsul pintar untuk kopi yang kaya dan beraroma setiap saat. Sudah siap mencoba secangkir kopi Latte nikmat?

Pernyataan “segar” hanya dapat digunakan apabila pangan tidak diproses, berasal dari suatu bahan dan menggambarkan pangan yang belum mengalami penurunan mutu secara keseluruhan (Sesuai Perka BPOM 2/2016)

 Suggest ganti Kenikmatan