You have reached the website

Coffee Maker Berdasarkan Karakteristik Pecinta Kopi

Ingin merasakan nikmatnya secangkir kopi? Tidak harus selalu di kafe, kok. Setiap orang bisa memiliki coffee maker atau alat pembuat kopi, sehingga dapat menyajikan kopinya sendiri kapan pun yang dimau. Pasalnya, saat ini ada banyak mesin kopi yang dirancang khusus untuk kebutuhan pribadi dan tidak rumit dalam penggunaannya.
Namun begitu, tidak semuanya coffee maker diciptakan sama antara satu dan lainnya. Coffee maker perlu disesuaikan dengan karakteristik dan selera penikmatnya. Ada yang menggunakan single serve coffee maker untuk menyajikan secangkir kopi dengan cepat, ada drip coffee maker yang lebih efisien, serta ada pula berbagai coffee maker lain dalam bentuk mesin untuk memungkinkan penyajian kopi yang lebih otomatis.
Penasaran dengan alat-alat tersebut? Segera simak beberapa di antaranya berikut ini!

French Press

 

Mesin French press telah berulang kali mengalami perubahan. Namun, French press yang ada sekarang umumnya berbentuk tabung silinder berbahan dasar kaca atau plastik bening dengan coffee plunger.
Untuk menggunakannya, pertama, Anda hanya perlu memasukkan bubuk kopi ke dalam French press terlebih dahulu, lalu menuangkan air panas dengan suhu di bawah 95° Celsius ke dalamnya. Kemudian, untuk hasil yang lebih nikmat, tunggu sekitar 4 menit agar bubuk kopi dan air menyatu dengan sempurna. Jika sudah menyatu, tekanlah coffee plunger, tunggu lagi selama sekitar 20 detik, dan kopi hitam Anda siap untuk dinikmati.
Langkah-langkah tadi juga terutama sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat kopi tubruk tanpa ampas, tapi tidak ingin mengorbankan aroma yang kuat. Tetapi, untuk meraih hal tersebut, pastikan Anda menggunakan kopi yang telah digiling kasar.

 

Vietnam Drip

 

Seperti namanya, coffee maker ini berasal dari Vietnam. Namun, bukan itu yang menjadikannya khas. Alat ini berupa dripper yang terdiri dari saringan bawah dan atas, serta penutup berbahan metal yang mampu mengekstraksi kopi dengan memanfaatkan setiap tetesan air panas. Jadi, Vietnam drip sangat cocok apabila Anda mempunyai kebiasaan menyeduh kopi secara santai.
Nah, dalam menggunakan Vietnam drip, Anda perlu memastikan bubuk kopi yang digunakan telah digiling secara sedang. Kemudian, masukkan bubuk kopi, tuangkan air panas, dan biarkan kopi menetes perlahan ke dalam cangkir.
Selanjutnya, jangan lupa untuk mencuci kembali dripper Anda setelah selesai menggunakannya. Hal ini karena kebersihan alat dapat menentukan rasa dan kualitas kopi yang Anda hidangkan.

 

Alat V60

 

Bagi Anda yang terbiasa pergi ke kafe untuk menyantap kopi, coffee maker yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Pertama, penampilannya menyerupai cangkir kopi pada umumnya. Anda bisa menemukan kopi V60 berbahan kaca, plastik, metal, keramik, bahkan tembaga. Kemudian, alat ini memang sangat populer dan akan sering Anda jumpai di kafe atau warung kopi kekinian.
Namun, di samping itu, alat V60 ini juga disukai karena proses pembuatan dengan alat ini yang terbilang mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Caranya hampir sama dengan penerapan metode pour-over. Keduanya mengharuskan Anda menuangkan air panas pada bubuk kopi yang berada di atas filter. Tapi, bedanya, alat V60 dilengkapi dengan ujung lubang yang berfungsi untuk mengatur proses ekstraksi serta suhu air, sehingga menjadikannya lebih inovatif lagi.
Tapi, jika tertarik untuk mendapatkannya, pastikan Anda juga menyediakan timbangan guna mengukur kadar bubuk kopi untuk setiap cangkir Anda. Dengan begitu, kopinya Anda akan terasa lebih jernih, lembut, dan sempurna.

 

Portable Espresso Maker

 

Alat portable espresso maker bisa jadi merupakan barang yang wajib dimiliki penggemar kopi espresso. Sesuai namanya, alat ini bersifat portable atau dapat dibawa ke mana saja, bahkan ada juga yang bisa digenggam hanya dalam satu tangan. Dengan alat ini, Anda bisa membuat espresso di mana saja secara mudah.
Namun, sebelum membeli portable espresso maker, pastikan Anda telah mengerti takaran yang tepat untuk pembuatan secangkir espresso. Hal ini bertujuan agar Anda tidak bingung lagi saat harus menggunakan portable espresso maker nantinya.

Coffee maker Otomatis

 

Apabila Anda tidak ingin repot atau selalu dalam kondisi on the go, coffee maker otomatis bisa menjadi solusi. Kemampuan peralatan kopi dengan sistem pengoperasian mesin yang sangat mudah menjadikannya populer di berbagai kalangan.
Salah satu coffee maker otomatis yang banyak diincar para pencinta kopi adalah mesin NESCAFÉ Dolce Gusto. Pasalnya, selain terdiri dari mesin, coffee maker ini juga dilengkapi coffee pod atau kapsul kopi pintar dengan varian kopi yang beragam, mulai dari kopi hitam hingga kopi dengan susu, sehingga memudahkan Anda menyajikan kopi nikmat ala kafe langsung dari rumah Anda.
Demikian beberapa informasi yang penting untuk Anda ketahui. Semoga dengan adanya paparan tersebut akan membantu Anda dalam memilih alat pembuat kopi yang tepat!