You have reached the website

Memahami Cita Rasa Kopi Americano dan Cara Tepat Menikmatinya

Memahami Cita Rasa Kopi Americano dan Cara Tepat Menikmatinya

Anda pasti sudah sering mendengar atau meminum Americano, kopi hitam dengan based espresso. Tapi, apakah Anda pernah berpikir apa sebenarnya rasa dari kopi Americano dan bedanya dengan kopi hitam biasa.

Pertanyaan ini sering juga ditanyakan oleh para pecinta kopi, sederhananya Americano adalah kopi hitam encer. Berbeda dengan kopi tubruk yang biasa ditemukan di Indonesia. Kopi tubruk biasanya lebih kental, sedangkan Americano cenderung sangat encer.

Alasannya kopi Americano terbuat dari secangkir espresso dan air putih. Maka jangan kaget ketika memesan atau minum Americano teksturnya akan terasa lebih cair. Terlebih jika Anda memesan atau meminum Ice Americano, biasanya rasanya tidak akan terlalu tajam.

Americano sangat cocok untuk Anda penggemar kopi hitam yang tidak terlalu suka rasa pahit atau sangat kuat. Selain itu kadar kafein di Americano cenderung lebih sedikit karena sudah dicampur dengan air ataupun es.

Walaupun Americano dibuat dengan espresso ada beberapa teknik penyeduhan lain yang bisa Anda coba tanpa harus menggunakan mesin espresso. Berikut beberapa teknik penyeduhan kopi dengan alat manual yang bisa dilakukan di rumah.

1. Seduh dengan Alat French Press

Buat Anda pecinta kopi pasti sudah tidak asing dengan teknik penyeduhan manual yang menggunakan French Press. Menyeduh kopi manual dengan French Press cenderung lebih sederhana jika dibandingkan dengan teknik seduh lainnya

Anda hanya membutuhkan alat french press, bubuk kopi, dan air panas. Namun, untuk mendapatkan seduhan yang pas untuk espresso Anda bisa menggiling ½ cup biji kopi dan menyeduhnya dengan 180 ml air pana di suhu 93 atau 95 derajat celcius.

Setelah mendapatkan espresso yang kental dan pekat dari French Press, langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan air dengan perbandingan 1:1 atau 1:2. Rasio ini tentu bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Baca Juga: Inilah 5 Perbedaan Americano dan Espresso

2. Buat Espresso dengan Moka Pot

Moka pot menjadi favorit banyak pecinta kopi yang tidak ingin membeli mesin espresso yang mahal. Alat seduh manual yang satu ini bisa menciptakan rasa kopi espresso yang enak dengan cara tradisional dan harga yang cenderung lebih murah.

Perbedaan paling mendasar espresso yang diseduh dengan moka pot dan mesin ada di rasanya. Rasa espresso dari mesin akan terasa lebih pekat dan tajam, sedangkan moka pot rasanya akan sedikit lebih halus tapi tidak sehalus drip coffee.

Untuk menghasilkan rasa Americano yang enak, Anda bisa menyeduh biji kopi favorit dengan moka pot. Pastikan menggunakan takaran yang tepat untuk moka pot yang Anda miliki untuk rasa body yang bold atau tajam.

3. Kopi Espresso dengan Teknik AeroPress

Mesin kopi manual lain yang bisa menciptakan rasa espresso yang mendekati aslinya adalah dengan menggunakan AeroPress. Jika dibandingkan dengan dua mesin kopi manual yang sudah dibahas di atas harga AeroPress ini terbilang paling mahal. Namun tak bisa dipungkiri espresso yang dihasilkan dari teknik seduh menggunakan AeroPress akan terasa paling mendekati dengan rasa yang lebih konsisten.

Sayangnya AeroPress tidak bisa menghasilkan crema seperti mesin espresso. Tapi Anda tetap bisa menghasilkan espresso dengan rasa kuat yang kemudian bisa diolah menjadi kopi americano.

Untuk mendapatkan espresso dengan rasa tajam atau bold giling biji kopi hingga halus (Fine grind) hal ini akan membuat AeroPress memiliki tekanan yang lebih tinggi. Kombinasi inilah yang akan menciptakan espresso dengan citarasa tajam dan kekentalan yang pas.

Tips dan Cara Tepat Menikmati Kopi Americano

Cara utama menikmati kopi Americano adalah dengan membuat espresso dengan rasa tajam dan kekentalan yang tepat. Jadi membuat Americano tidak sesederhana membuat kopi lalu mencampurnya dengan air ataupun es.

Menikmati secangkir Americano hangat ataupun dingin, bisa Anda lakukan di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai, berikut tips membuat Kopi Americano yang enak di rumah:

  • Biji kopi khusus Espresso akan menghasilkan rasa yang lebih bold dibandingkan dengan biji kopi biasa. Biji kopi khusus Espresso ini biasanya masuk di kategori dark roast coffee yang memiliki tingkat keasaman rendah dan karakteristik yang full body.
  • Timbangan kopi juga jadi salah satu yang krusial saat membuat Espresso yang menjadi bahan utama dalam pembuatan Americano.
  • Grinder atau penggiling kopi akan menentukan rasa fresh di Espresso yang Anda buat. Selalu buat gilingan kopi baru saat akan membuat espresso atau jenis kopi hitam lainnya.
  • Gunakan bubuk atau gilingan kopi halus untuk mendapatkan citarasa yang lebih tajam dan penuh. Terutama jika Anda menggunakan mesin kopi manual seperti AeroPress atau Moka Pot.

Baca Juga: Ingin Membuat Secangkir Kopi Hitam Ala Kafe? Ini Tipsnya!

Nah, itu dia beberapa tips menikmati Kopi Americano yang enak dan mudah dibuat di rumah. Untuk Anda yang tidak mau repot Anda bisa menikmati secangkir Kopi Americano dengan membuat Espresso dengan mesin kopi kapsul dari NESCAFÉ Dolce Gusto.

Mesin kopi kapsul otomatis NESCAFÉ Dolce Gusto tersedia dalam beberapa model, selain itu varian kapsulnya pun beragam mulai dari kopi hitam hingga kopi dengan campuran susu. Temukan produk mesin kopi kapsul NESCAFÉ Dolce Gusto di official store e-commerce atau marketplace kesayangan Anda.