You have reached the website

Cara Mudah Membuat Cappuccino di Rumah

Cara Mudah Membuat Cappuccino di Rumah

Setiap penikmat makanan dan minuman tentu tidak asing lagi dengan menu Cappuccino. Di balik kepopulerannya, salah satu minuman Italia paling populer di antara penikmat kopi di seluruh dunia dan disukai oleh banyak orang ini ternyata punya sejarah menarik untuk ditilik.

Jadi, sebelum melangkah kepada bagaimana cara buat Cappuccino yang nikmat di rumah, mari kita cari tahu terlebih dulu sejarah minuman ini.

Sejarah Awal Cappuccino

Tidak banyak yang tahu bahwa sebelum Cappuccino disebut sebagai Cappuccino, menu kopi yang satu ini lebih dikenal dengan nama Kapuziner pertama kali muncul di sebuah kedai kopi di Wina, Austria tahun 1700-an.

Beberapa tahun sebelum itu, Cappuccino dikabarkan diberi nama oleh Marco d'Aviano; seorang biarawan yang memimpin perlawanan terhadap pengepungan Turki di Wina pada tahun 1683.

Baca Juga: Ini Perbedaan Kopi Latte dan Cappuccino

Berdasarkan komposisinya Kapuziner ini terdiri dari kopi, krim, gula, dan rempah-rempah. Percampuran ini pun menghasilkan warna cokelat yang mirip dengan jubah yang dikenakan oleh biarawan Capuchin atau Kaphuzin.

Setelah Perang Dunia II, pembuatan Cappuccino mengalami beberapa perbaikan dan penyederhanaan di Italia. Hal ini terjadi berkat perkembangan mesin espresso yang lebih baik dengan jumlah ketersediaan yang lebih banyak, sehingga tidak jarang orang menyebut masa ini sebagai ‘The Age of Crema’ atau masa kebangkitan crema sebagai bagian tak terpisahkan dari secangkir kopi nikmat.

Sejak saat itulah Cappuccino semakin populer di seluruh dunia.

Cara Buat Cappuccino

Nah, selanjutnya mari melangkah ke proses pembuatan Cappuccino. Seperti apa cara mudah buat Cappuccino yang nikmat di rumah dan apa saja bahan serta peralatan yang dibutuhkan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Sebelum mulai membuat Cappuccino, ada beberapa bahan dan alat yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut antara lain:

  1. Mesin espresso
  2. Pemanas susu (opsional)
  3. Teko susu
  4. Cangkir Cappuccino 6 ons atau 170 gram
  5. Kopi espresso bubuk 16,5 gram
  6. Susu 3-4 ons

Tahap Persiapan

Sekarang, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan semua bahan pembuatan secangkir Cappuccino Anda. Jika Anda belum memiliki kopi espresso bubuk, Anda harus menggiling biji espresso secukupnya untuk menghasilkan sekitar 15,6 gram kopi. Setelah menyiapkan espresso Anda, lanjutkan dan tuangkan sekitar 3-4 ons susu ke dalam teko susu Anda.

Pembuatan Espresso

Setelah Anda selesai menyiapkan, Anda dapat mulai membuat espresso. Tempatkan 16,5 gram bubuk espresso Anda langsung ke portafilter Anda, lalu tempatkan di mesin espresso Anda untuk menghasilkan dua shot espresso. Untuk mengefektifkan proses pembuatannya, lanjutkan saja dan seduh espresso Anda langsung ke dalam cangkir Cappuccino 170 gram.

Membuat Steamed Milk

Setelah selesai membuat espresso, Anda dapat mulai membuat steamed milk. Bagian terpenting dari membuat steamed milk adalah tekniknya. Saat membuat steamed milk, suhu akan mencapai sekitar 71 derajat Celsius dan Anda harus menggerakkan teko dengan gerakan vertikal secara cepat agar uap panas benar-benar mampu memanaskan susu.

Selain itu, karena Cappuccino membutuhkan busa yang cukup banyak, Anda harus memegang ujung tongkat uap lebih dekat ke permukaan susu untuk membuat lapisan busa yang cantik di atas Cappuccino.

Berhati-hatilah saat melakukan ini karena memanaskan di permukaan akan menyebabkan volume susu dengan cepat meningkat saat berada di dalam teko. Ingat, Anda masih perlu membuat steamed milk untuk dimasukkan ke dalam minuman agar susu Anda tidak hanya berisikan busa.

Tuang Susu

Setelah espresso Anda selesai dibuat dan susu telah selesai di-steamed, Anda pun sudah dapat menuangkan keduanya di dalam satu cangkir gelas. Saat menuang susu, pegang tempat susu sekitar 8 sentimeter di atas cangkir Cappuccino dan tuangkan dengan gerakan vertikal secara melingkar.

Aliran susu akan membantu memanaskan dan mencampurkan susu dengan espresso. Buih susu terakhir akan dituangkan ke dalam cangkir dan menutupi Cappuccino dengan busa lembut, sehingga diperoleh rasa yang nikmat.

Jika seluruh proses tersebut di atas terbilang sulit dan menghabiskan waktu yang lama, tidak ada salahnya mencoba hidangan kopi khas Italia Cappuccino dari NESCAFÉ Dolce Gusto. Espresso yang kuat bercampur dengan kelembutan buih susu yang lembut hadir dalam kapsul pintar Cappuccino.

Anda hanya perlu memasukkan dua kapsul Cappuccino yang terdiri dari susu dan kopi ke mesin NESCAFÉ Dolce Gusto, tunggu beberapa saat, dan nikmati sajian Cappuccino Anda di rumah secara mudah.

Nikmati Cappuccino dari NESCAFÉ Dolce Gusto, hidangan kopi khas Italia. Aroma espresso yang kuat bertemu dengan buih susu yang lembut. Resep Cappuccino NESCAFÉ Dolce Gusto disempurnakan dalam sajian dua kapsul, hingga menghasilkan sajian kopi Arabika dari Amerika Selatan, dilengkapi dengan kelembutan buih susu yang lezat.