You have reached the website

Cara Membuat Kopi Susu ala Cafe yang Bisa Anda Tiru di Rumah

Cara Membuat Kopi Susu ala Cafe yang Bisa Anda Tiru di Rumah

Tren kopi susu kekinian yang sudah berlangsung kurang lebih selama lima tahun terakhir memang masih belum surut. Meski bukan sesuatu yang baru, namun kemampuan coffee shop untuk mengemasnya dengan lebih kekinian membuat kopi susu semakin naik pamor.

Minuman ini simple, enak, dan menyegarkan. Harga yang harus dibayar untuk segelas kopi susu kekinian pun tidak terlalu mahal. Tidak heran jika kopi susu ini banyak digemari bukan hanya oleh penikmat kopi, tapi juga mereka yang biasanya kurang bisa menikmati kopi.

Jika Anda kurang tergerak untuk keluar membeli kopi susu, ada alternatif juga lho, selain membeli melalui jasa pesan antar. Ya, Anda bisa berkreasi sendiri, dengan cara membuat kopi susu ala cafe pada artikel ini.

Meski espresso yang digunakan sebagai base untuk kopi susu di cafe dibuat menggunakan mesin espresso yang harganya mahal dan tentunya belum tentu Anda ingin mengeluarkan uang sebanyak itu untuk membeli sebuah mesin, selalu ada cara lain untuk menikmati kopi susu ala cafe.

Baca Juga: 5 Jenis Minuman ala Cafe Korea yang Bisa Anda Racik di Rumah

Alternatif Pembuat Kopi Tanpa Mesin

Sebelum mengetahui cara membuat kopi susu ala cafe, Anda perlu menyiapkan espresso sebagai bahan utama. Terdapat beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan untuk membuat espresso. Harganya beragam namun lebih terjangkau dibandingkan harus membeli mesin espresso.

Contohnya pembuat espresso manual. Jika mesin espresso mengerjakannya secara otomatis, pembuat espresso manual mengandalkan tenaga Anda sendiri. Alat pembuat espresso manual yang bisa kamu gunakan antara lain adalah Rokpresso, Bellman, Handpresso, dan lain-lain.

Selain pembuat espresso manual, Anda juga bisa menggunakan moka pot. Alat yang harganya sangat terjangkau ini bisa menghasilkan segelas kopi yang nikmat sebagai base dari kopi susu meski bukan espresso. Moka pot cukup mudah digunakan.

Jika Anda mengikuti instruksi untuk takaran kopi dan air, Anda cukup meletakkan moka pot tersebut di atas api, dan ekstraksi kopi akan bekerja melalui panas uap dan kopi akan muncul di bagian atas moka pot ini. Moka pot cocok bagi Anda yang sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai kopi.

Alat lainnya adalah kain penyaring kopi atau dikenal sebagai cloth filter. Jika Anda pernah pergi ke warung kopi dan melihat kain berkibar seperti bendera, itulah salah satu jenis cloth filter yang digunakan untuk membuat kopi saring. Sama seperti moka pot, penggunaan kopi saring membutuhkan pengalaman yang cukup untuk mendapatkan rasa kopi yang tepat.

Untuk cara lain yang lebih mudah, Anda bisa menyeduh kopi sachet hitam instan sebagai base dari kopi susu yang hendak Anda buat. Untuk mendapatkan konsistensi kopi hitam yang pekat dan pahit, pastikan jika takaran kopi tersebut adalah satu sendok teh kopi instan per seperempat gelas air panas.

Cara Membuat Kopi Susu ala Cafe

Setelah konsentrat kopi yang digunakan sebagai dasar kopi susu berhasil Anda buat, cara membuat kopi susu ala cafe selanjutnya adalah mencampurkannya dengan susu UHT atau fresh milk ditambah dengan krimer jika Anda suka. Campuran dan rasio susu/krimer dengan kopi tergantung pada cita rasa yang Anda inginkan. Apakah Anda lebih menyukai rasa pahit dari kopi yang lebih dominan, atau kopi susu yang tidak terlalu pekat. Selain itu, berkreasi sedikit dengan menambah creamer akan membuat segelas kopi susu yang Anda nikmati lebih creamy.

Kopi susu sendiri pada dasarnya nikmat untuk diminum tanpa gula. Rasa kopi yang khas ditambah creamy-nya susu atau krimer sudah cukup membuat hari Anda semakin menyenangkan. Namun salah satu ciri khas dari kopi susu kekinian ala cafe adalah tambahan pemanis.

Untuk mendapatkan rasa manis yang lebih alami dan khas, kopi susu bisa ditambah dengan gula aren. Alternatif dari gula aren adalah susu kental manis. Untuk takaran baik susu maupun pemanis, bisa Anda atur sendiri sesuai selera. Asal jangan membuat rasa kopinya terlalu tipis.

Jika Anda bingung dengan rasio antara kopi, susu, dan gula, Anda bisa menggunakan rasio 40ml kopi, ditambah 30ml gula aren, dan 20 ml krimer. Cara membuat kopi susu ala cafe yang terakhir, genapkan takarannya menjadi 250ml dengan susu UHT atau fresh milk.

Setelah kopi susu jadi dan siap diminum, jangan lupa untuk tambahkan beberapa butir es batu agar kopi susu kekinian ala cafe Anda semakin nikmat dan segar untuk dinikmati bersama camilan favorit Anda.

Untuk membuat kopi espresso, Anda juga bisa menggunakan espresso hasil ekstraksi kopi mesin kopi kapsul dari NESCAFÉ Dolce Gusto. Espresso dari NESCAFÉ Dolce Gusto menghasilkan espresso yang sempurna dan cocok untuk digunakan sebagai base dari kopi susu.

Pengoperasiannya juga sangat mudah. Cukup satu klik tombol dan dalam waktu singkat, segelas espresso sudah berhasil tersaji. Tinggal ikuti saja langkah-langkah di atas, dan jadikan harimu lebih menyenangkan dengan kopi susu kekinian ala NESCAFÉ Dolce Gusto.