You have reached the website

Cara Membuat Kopi Latte yang Seenak Buatan Cafe

Para pencinta kopi tampaknya tidak akan kehabisan cara untuk menikmati minuman populer ini

  • Detail

Para pencinta kopi tampaknya tidak akan kehabisan cara untuk menikmati minuman populer ini. Hadirnya beragam hidangan kopi memberikan banyak pilihan, terutama bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan kopi hitam pekat atau black coffee. Salah satu pilihan menu yang banyak dipesan di berbagai kafe dan kedai kopi adalah kopi latte. Menu ini merupakan perpaduan antara kopi espresso dan susu yang dapat dinikmati kapan saja, baik dalam keadaan dingin ataupun panas. Terdapat dua versi tentang sejarah penemuan kopi latte . Beberapa orang menyebutkan bahwa menu kopi latte dibuat pada sekitar tahun 1980-an oleh David Schomer, seorang pria asal Amerika Serikat, yang gemar membuat pola atau lukisan pada secangkir espresso dengan cara menuangkan susu. Sementara, di waktu yang hampir bersamaan, seorang pria Italia bernama Luigi Lupi juga membuat seni yang sama di atas secangkir kopi dan disebut juga sebagai cikal bakal kopi latte.

 

Pada awal tahun 1990-an menu ini kemudian menyebar ke seluruh dunia, termasuk Australia dan beberapa negara Skandinavia. Tapi, siapa pun yang pertama kali menciptakannya, kopi latte tak dipungkiri telah menjadi salah satu menu kopi yang banyak digemari di seluruh dunia. Pasalnya, kopi yang satu ini memiliki tampilan yang benar-benar beda dibandingkan dengan menu kopi biasanya. Permukaan minuman latte umumnya dihiasi dengan bermacam-macam pola sesuai keinginan, mulai dari bentuk hati, kelopak bunga hingga gambar beruang. Pola ini dibuat dengan teknik dan proses pembuatan khusus sehingga membutuhkan tangan-tangan pembuat kopi yang ahli. Pada dasarnya, latte lebih dari sebuah hidangan kopi di mana beberapa pencinta kopi menyebutnya sebagai seni melukis di atas kopi (latte art). Bahkan, saat ini sudah ada kompetisi Latte Art Championshipyang diikuti setiap tahunnya oleh ratusan barista dari seluruh dunia. Anda tidak usah khawatir sebab Anda tidak harus menjadi barista yang handal untuk bisa membuat Kopi latte. Yang penting Anda memiliki bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Nah, apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara membuat kopi latte seenak di kafe? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

Bahan dan Alat yang Diperlukan

 

Untuk meracik kopi latte yang enak, Anda memerlukan beberapa bahan seperti berikut ini:

   1. Alat penggiling biji kopi
   2. Biji kopi arabika atau robusta
   3. Air panas dengan suhu 89 - 96 derajat celsius
   4. Susu rendah lemak

Mulailah memproses kopi bubuk Anda menjadi espresso dengan menggunakan peralatan kopi manual atau mesin yang sudah Anda punya. Tingkat roasting bisa disesuaikan dengan selera. Untuk mendapatkan buih susunya sendiri Anda bisa memproses dengan menggunakan stoples yang dipanaskan di microwave. Sedangkan untuk alatnya hanya terdiri dari termos stainless steel,  gelas kopi, dan sendok. Cukup simple ‘kan?

 

Cara Membuat Kopi Latte

Setelah bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan sudah tersedia, saatnya untuk beralih ke proses pembuatan kopi latte. Seperti apa caranya? Berikut adalah beberapa langkahnya:

  1. Persiapkan gelas kopi kesukaan Anda terlebih dahulu.
  2. Tuang espresso ke dalam gelas tersebut.
  3. Masukkan susu dan buih susu yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Hindari menuang susu terlalu penuh agar kopi Anda tidak tumpah.
  5. Kopi latte buatan Anda pun siap untuk disajikan

 

Jika melihat proses pembuatan tersebut, seluruh langkah-langkah yang harus ditempuh ini terbilang mudah. Namun, Anda tetap perlu memastikan bahwa semua bahan-bahannya telah tersedia dan hal inilah yang menjadikannya sedikit rumit. Untuk dapat membuat dan menikmati latte dengan cara yang mudah, ada baiknya Anda segera mencoba mesin dan kapsul dari NESCAFÉ Dolce Gusto. Dengan cara yang cukup mudah, yaitu hanya dengan menekan tombol, Anda dapat langsung mencoba kopi ala café langsung di rumah Anda. Proses pembuatan kopi pun hanya kurang lebih 1 menit. Setiap biji kopinya adalah biji kopi pilihan pilihan yang diberikan untuk pecinta kopi di seluruh dunia. Setiap tegukannya pun akan membuat Anda tersenyum lebar sebelum memulai segala aktivitas. Dengan begini, setiap orang pun sudah bisa menikmati kopi ala kafe di rumah setiap saat. Sudah siap?