You have reached the website

Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dengan Takaran Pas

Cara Membuat Kopi Hitam yang Enak dengan Takaran Pas

Kopi hitam merupakan salah satu menu kopi esensial yang sering disajikan baik di rumah maupun di kafe. Pada tiap cangkir kopi hitam, Anda akan dapat merasakan cita rasa kopi seutuhnya tanpa adanya bahan-bahan lainnya, seperti susu dan juga cokelat.

Walau terdengar sederhana, pada praktiknya anjuran pembuatan kopi dapat berbeda-beda. Semua anjuran bisa diikuti sesuai kebutuhan masing-masing serta jenis kopi yang digunakan.

Namun, agar dapat lebih mempermudah Anda, kami telah menyusun panduan atau cara membuat kopi hitam yang enak dengan takaran pas yang bisa Anda di rumah. Seperti apa langkah-langkah tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Didihkan Air

Langkah pertama yang harus ditempuh untuk menghadirkan secangkir kopi hitam adalah dengan mendidihkan air sebanyak dua cangkir. Gunakan air mineral agar menghindari kemungkinan perubahan rasa pada kopi yang disebabkan oleh kandungan air yang Anda gunakan.

2. Masukkan Bubuk Kopi

Ketika mulai menyeduh kopi, cukup gunakan api dengan intensitas yang sedang. Kemudian, sebelum mendidih, masukkan bubuk kopi segar ke dalam panci yang sedang digunakan. Lalu, aduk secara perlahan. Jika sudah mendidih,  Anda dapat mematikan api.

Baca Juga: Mengenal Si Klasik Americano Coffee

3. Saring di Mug

Jika ingin menyaring ampas kopi, siapkan mug dengan filter atau kertas saring dan tuang kopi dengan pelan-pelan. Untuk mengeluarkan krema dan menambah aroma, angkat tinggi-tinggi mug yang dituangkan kopi saat disaring.

4. Pindahkan ke Cangkir

Demi menjaga suhu kopi agar bertahan lebih lama, Anda bisa memanfaatkan cangkir berbahan dasar keramik. Pasalnya, cangkir jenis ini cenderung lebih kuat, sehingga kopi yang baru saja diseduh tidak akan cepat dingin. Kemudian, jika Anda termasuk penikmat kopi hitam dengan gula, masukkan gula ke dalam cangkir terlebih dahulu sebelum kopi dituang.

5. Aduk Kopi

Untuk cara terakhir membuat kopi hitam yang enak, aduk kopi di dalam cangkir yang telah dicampur gula. Namun, jika tidak memilih untuk menambahkan gula sebelumnya, Anda dapat segera mencicipi kopi tanpa mengaduknya lagi.

Tips Menyeduh Kopi

Selain cara-cara tersebut di atas, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, yakni sebagai berikut:

  1. Perhatikan kebersihan alat seduh yang digunakan, khususnya panci untuk memasak air, sendok untuk mengaduk, serta cangkir untuk meminum kopi.

  2. Selalu patuhi rasio perbandingan kopi dan air. Sebab jika airnya terlalu banyak, maka kopinya encer. Sebaliknya, bubuk kopi yang akan mengalahkan karakter lainnya.

  3. Untuk rasa yang lebih nikmat dan segar, selalu gunakan kopi yang baru digiling. Hindari penggunaan kopi yang sudah tinggal berbulan-bulan di tempat penyimpanan.

  4. Agar menghindari hilangnya rasa segar kopi, simpanlah bubuk kopi pada wadah kedap udara serta memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Memasukkannya ke dalam lemari pendingin, khususnya, dapat memicu kelembapan yang dapat berpengaruh pada cita rasa kopi.

Itulah sekilas cara membuat kopi hitam yang enak. Jika ingin menikmati kopi hitam dengan mesin kopi otomatis, NESCAFÉ® Dolce Gusto juga menawarkan beberapa varian kapsul kopi hitam yang bisa Anda pilih. Ada Americano yang dibuat untuk menghasilkan rasa kopi lebih kaya dengan gelas ukuran besar. Serta ada Espresso dengan aroma yang kuat dan intens serta krema lembut.