You have reached the website

Cara Membuat Kopi Enak Ala Barista

Cara Membuat Kopi Enak Ala Barista

Siapa bilang teknik atau cara membuat kopi enak ala barista tidak bisa dilakukan di rumah? Adanya beragam pilihan biji kopi dan peralatan yang dipasarkan memungkinkan setiap orang untuk bisa meracik kopi nikmat sendiri walau dari dapur pribadi.

Namun sebelum dapat melakukan hal tersebut, Anda tentunya perlu mengetahui berbagai informasi seputar caranya terlebih dahulu. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

Pilih Biji Kopi Berkualitas

Hal pertama yang harus diketahui sebelum membuat kopi adalah biji kopi yang akan digunakan. Pasalnya, biji kopi inilah yang merupakan penentu utama enak atau tidaknya kopi yang akan dibuat. Maka dari itu, memilih biji kopi tidak boleh dilakukan sembarangan. Terapkan beberapa tips atau cara berikut dalam memilih biji kopi:

  1. Cium Aroma Biji Kopi
    Langkah ini bertujuan untuk mengetahui apakah biji kopi tersebut punya kualitas yang baik. Biji kopi dengan aroma tebal, bisa dipastikan baik kualitasnya. Sebaliknya, jika biji kopi yang wanginya tidak tercium, bisa saja kualitasnya justru meragukan.

  1. Cek Tanggal Sangrai
    Berikutnya, pastikan Anda mengetahui kapan biji kopi tersebut disangrai. Tujuannya untuk memastikan biji kopi masih dalam keadaan segar. Semakin segar kopi, semakin baik kualitasnya.

  1. Beli Sedikit Sebagai Percobaan
    Tidak sedikit orang yang membeli biji kopi dalam jumlah banyak tanpa pernah mencobanya terlebih dahulu. Padahal ada baiknya jika Anda membeli dalam jumlah sedikit terlebih dahulu sebagai percobaan. Jika dirasa sudah cocok, Anda bisa membelinya dalam jumlah yang lebih banyak di kemudian hari.

Baca Juga: Manfaat Secangkir Kopi Hitam di Pagi Hari

Pahami Proses Ekstraksi Kopi

Metode seduh (brewing) merupakan langkah yang ditempuh guna mengekstrak senyawa yang ada di dalam kopi. Dalam metode seduh yang berbeda, akan terjadi tingkatan ekstraksi yang berbeda juga. Hal ini kemudian akan memengaruhi profil rasa yang dimiliki kopi.

Singkatnya, saat penyeduhan sedang berlangsung, senyawa yang lebih dominan akan diekstraksi lebih dahulu. Maka dari itu, pada proses ekstraksi yang terbilang cepat, kopi akan terasa lebih asam. Sebaliknya, jika rasanya pahit, maka proses ekstraksi terlampau lebih lama. Apabila rasa yang dihasilkan terasa manis, hal ini menandakan bahwa durasi proses ekstraksi kopi sudah tepat.

Ketahui Tingkat Gilingan Kopi dan Waktu Seduh

Setelah menerima gambaran seputar ekstraksi kopi, perhatikan juga tingkat giling kopi. Hal ini dikarenakan perbedaan tingkat gilingan kopi juga membutuhkan durasi ekstraksi dan penyeduhan yang berbeda. Pertama, pada kopi dengan tingkat giling halus, ekstraksi akan berlangsung lama. Hal ini kemudian akan menyebabkan penyeduhan juga berlangsung lebih lama juga.

Sebaliknya, pada kopi yang digiling kasar, proses ekstraksi akan berlangsung cepat, sehingga penyeduhan tidak perlu lama. Maka dari itu, perhatikan agar tidak membiarkan penyeduhan berlangsung terlalu lama untuk menghindari kopi terasa pahit.

Perhatikan Suhu Air Secara Saksama

Selain tingkat gilingan kopi dan waktu seduh, cara membuat kopi enak ala barista lainnya adalah dengan memperhatikan suhu air secara saksama. Secara umum, suhu optimal untuk ekstraksi kopi adalah sekitar 90°  hingga 96° Celsius. Meski demikian, suhu air ini juga bergantung pada alat kopi yang digunakan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara membuat kopi enak ala baristadi rumah. Pada dasarnya, langkah-langkah di atas memang sangat penting diperhatikan agar kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang tepat dan sesuai selera Anda. Namun, apabila Anda mencari cara lainnya yang menggunakan mesin kopi otomatis, Anda dapat mencoba mesin dan kapsul kopi dari NESCAFÉ® Dolce Gusto.

Setiap penikmat kopi hanya perlu memilih kapsul dari beragam varian rasa yang ada, misalnya Espresso dengan rasa yang intens, Latte Macchiato dengan layer cantik, Chococino dengan buih lembut, dan masih banyak lagi. Kemudian, masukkan kapsul kopi tersebut ke dalam NESCAFÉ® Dolce Gusto [2] dan ikuti instruksi sederhana untuk tiap kapsul. Setelahnya, secangkir kopi ala barista pun siap disajikan!