You have reached the website

Cara Menggunakan French Press untuk Hasilkan Kopi yang Nikmat

Cara Menggunakan French Press untuk Hasilkan Kopi yang Nikmat

Memesan kopi baik di kafe atau melalui sistem daring secara terus menerus dari waktu ke waktu tentu akan membuat setiap orang cenderung boros. Padahal dengan alat pembuat kopi sederhana, misalnya French Press, pencinta kopi berkesempatan untuk bereksperimen dengan meracik kopi yang kenikmatannya tidak kalah dengan kopi racikan barista profesional.

Khusus French Press, jika Anda menyukai kopi full body dengan aroma memikat, maka alat pembuat kopi ini bisa jadi alternatif. French Press sendiri, secara penampilan terdiri dari tabung silinder yang biasanya terbuat dari plastik bening atau kaca serta sebuah plunger atau alat pres.

Namun, tahukah Anda bahwa French Press merupakan alat seduh kopi yang dipatenkan oleh desainer Italia bernama Attilio Calimani pada tahun 1929? Peralatan ini biasa juga disebut sebagai Cafetière, Сafetière À Piston Coffee Press, atau Coffee Plunger.

Baca Juga: Cara Pembuatan Kopi Menggunakan French Press

Perlu dicatat bahwa untuk menghasilkan menu kopi dengan French Press, Anda disarankan untuk menggunakan kopi yang telah digiling kasar. Kenapa memilih kopi yang digiling kasar?

Kopi yang digiling halus sebenarnya mampu melalui filter French Press, sehingga hasil seduhan Anda bakal bercampur dengan ampas kopi.  Kopi yang digiling terlalu halus juga dapat menjadikan kopi seduhan Anda punya rasa pahit sebagai akibat dari proses ekstraksi berlebihan.

Sampai di sini, Anda barangkali sudah bertanya-tanya mengenai cara menggunakan French Press demi menghasilkan kopi nikmat. Olehnya itu, berikut dijelaskan cara penggunaan alat kopi manual yang penting Anda ketahui!

Memastikan Rasio Air dan Kopi

Sebagai langkah awal, Anda perlu memastikan bahwa perbandingan rasio antara air dengan kopi yang tepat. Untuk 2 sendok makan bubuk kopi, Anda memerlukan 450 gram air panas. Pastikan air panas yang digunakan bersuhu kurang lebih 90 derajat Celsius.

Jika Anda tidak memiliki termometer makanan yang baik, maka Anda hanya perlu mendidihkan air terlebih dahulu kemudian biarkan selama dua atau tiga menit.

Menunggu Proses Ekstraksi

Masukkan bubuk kopi, tuang air dengan suhu panas yang telah dijelaskan sebelumnya, lalu angkat plunger agar tidak menyentuh permukaan kopi. Tunggu kurang lebih empat menit demi menikmati hasil ekstraksi yang tepat. Jangan melewati waktu tersebut sebab cita rasa kopi yang dihasilkan bakal menjadi pahit.

Setelah empat menit, tekan alat pres secara perlahan hingga benar-benar menekan bubuk kopi. Tunggu beberapa detik lalu jika sudah selesai, tarik kembali plunger, tetapi jangan sampai lepas dari tabung silinder. Tuang kopi ke dalam gelas.

Selain dua cara utama tersebut di atas, Anda juga perlu tahu tips-tips saat menggunakan French Press sebagai alat untuk membuat kopi. Tips tersebut antara lain:

  1. Bilas tabung silinder menggunakan air panas terlebih dahulu sebelum menuangkan bubuk kopi
  2. Pastikan agar tidak ada bubuk kopi yang tersisa di plunger
  3. Setelah proses brewing berakhir, tekan plunger secara perlahan demi menghindari kopi menyemprot keluar

Apabila seluruh proses tersebut di atas membuat Anda kerepotan apalagi jika ada banyak hal yang harus dikerjakan, tetapi Anda tidak ingin melewatkan pagi tanpa minum kopi, maka pilihan praktisnya bisa jatuh pada penggunaan mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto.

Mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto mampu membantu Anda menyajikan secangkir kopi nikmat setiap hari. Prosesnya pun terbilang mudah sebab Anda hanya perlu memasukkan kapsul kopi pintar dan dapatkan minuman dengan rasa nikmat hanya dengan sentuhan jari.

Ada beragam varian kapsul kopi pintar NESCAFÉ Dolce Gusto yang tersedia mulai dari kopi hitam, kopi dengan susu, teh, hingga cokelat. Setiap varian tersebut terbagi lagi ke dalam beberapa pilihan minuman kopi sesuai selera Anda, misalnya Espresso, Americano, Cappuccino, Latte Macchiato, dan Marrrakesh Style Tea. Yuk, cobain!