You have reached the website

Yuk, Belajar Cara Membuat Kopi Enak ala Cafe dari Rumah Lewat Langkah-langkah Ini!

Yuk, Belajar Cara Membuat Kopi Enak ala Cafe dari Rumah Lewat Langkah-langkah Ini!

Tidak sedikit orang yang kerap bingung mengenai cara membuat kopi enak ala kafe. Pasalnya, kopi yang dibuat sendiri punya rasa yang sangat jauh dengan rasa menu kopi yang ditawarkan kedai-kedai tersebut.

Sementara menikmati kopi di cafe setiap hari secara terus menerus bukan tidak mungkin bakal menguras kantong. Maka dari itu, daripada harus keluar rumah dan menghabiskan anggaran untuk segelas kopi di cafe, ada baiknya untuk mencari tahu sendiri cara membuat kopi enak di rumah.

Nah, buat Anda yang ingin mencoba membuat sendiri kopi ala cafe di rumah, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba di rumah. Apa saja? Yuk, cek ulasannya di bawah ini!

Pilih Kopi yang Benar

Langkah pertama bisa Anda mulai dari pemilihan kopi yang benar. Kopi benar yang dimaksudkan adalah kopi yang segar, baru saja di-roasting, berwarna kecokelatan, dan punya tingkat keasaman yang rendah.

Baca Juga: Cara Membuat Secangkir Kopi Hitam ala Kafe

Yang tidak kalah kalah penting adalah profil roasting yang pas. Biji kopi yang diroasting terlalu gelap bisa berujung pada rasa pahit. Sementara yang terlalu terang bakal terasa asam dan kurang manis. Semua hal inilah yang menjadi alasan mengapa secangkir kopi bisa nikmat seperti sajian di kafe-kafe.

Tentukan Rasio Air dengan Benar

Tidak sedikit orang yang sering bertanya, "Berapa banyak air yang harus saya gunakan saat membuat kopi?" Jawabannya tentu tergantung seberapa kuat kopi yang Anda inginkan.

Bagi anda yang baru mulai belajar membuat kopi sendiri di rumah, ada baiknya untuk menggunakan rasio 1:3. Untuk setiap gram bubuk kopi, Anda memerlukan 3 ml Espresso di dalam cangkir. Namun, aturan ini tentu bukanlah hal yang baku sebab Anda bisa bereksperimen dengan rasio air yang berbeda.

Perhatikan Kualitas Air dan Suhunya

Selain rasio air, kualitas dan suhunya pun ternyata perlu diperhatikan. Pasalnya, kualitas air memengaruhi enak atau tidaknya kopi Anda. Belum lagi kondisi air berkualitas buruk yang bisa merusak peralatan mesin kopi.

Cara membuat kopi enak ala cafe sebaiknya menggunakan air dengan pH netral dengan total mineral air antara 100-150 miligram per liter.Sementara untuk suhu air, Anda dapat bereksperimen dengan suhu untuk memengaruhi ekstraksi kopi.

Semakin panas air, semakin cepat rasa dan aroma keluar. Namun, ada baiknya untuk tetap menggunakan suhu antara 90 hingga 93 derajat Celsius.

Pilih Pelengkap Rasa Terbaik

Di kafe, Anda barangkali sering menemukan menu kopi yang punya beragam rasa dan pelengkap. Sebagai contoh, menu Affogato yang berbahan dasar kopi dengan tambahan satu scoop es krim di atasnya. Di rumah, Anda tetap bisa menghadirkan kopi-kopi enak ala kafe.

Bereksperimenlah terlebih dahulu dengan susu atau cokelat. Yang jelas, saat memilih susu, pilihlah susu dengan kandungan lemak dan hindari penggunaan susu rendah lemak. Pasalnya, susu dengan lemak akan membantu Anda mendapatkan foam serta menawarkan konsistensi rasa yang lebih baik.

Pelajari Karakteristik Setiap Peralatan Kopi

Cara membuat kopi enak ala kafe berikutnya adalah dengan mempelajari alat-alat kopi yang ada terlebih dahulu serta jenis penyajiannya. Pasalnya, setiap peralatan kopi dimaksudkan untuk menghasilkan kopi dengan hasil tertentu, misalnya pour over V60 untuk secangkir kopi yang ringan.

Secara umum, peralatan kopi di bagi menjadi dua tipe, yakni mesin kopi manual dan mesin kopi otomatis. Manual untuk peralatan seperti V60, French Press, serta Moka Pot yang menghabiskan beberapa waktu saat membuat kopi. Sementara mesin kopi otomatis meliputi mesin-mesin khusus penghasil Espresso, misalnya mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto yang lebih praktis.

Jika Anda tidak punya waktu banyak untuk bergelut dengan peralatan serta hal-hal tersebut di atas, tidak ada salahnya untuk menggunakan mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto. Mesin kopi yang satu ini memang dirancang khusus untuk menyajikan kopi dengan nikmat ala kafe, tetapi melalui proses yang singkat.

Mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto sendiri tersedia ke dalam berbagai macam dan bentuk. Intinya, mesin tersebut bisa Anda tempatkan di rumah atau di kantor dan dioperasikan hanya dalam satu sentuhan jari.

Untuk pilihan menunya, NESCAFÉ Dolce Gusto punya beragam varian kapsul kopi, seperti Espresso, Americano, Flat White, Latte Macchiato, hingga cokelat.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara membuat kopi enak ala cafe dari rumah. Sudah siap mencoba NESCAFÉ Dolce Gusto?