You have reached the website

Cara Memilih Biji Kopi untuk Menciptakan Espresso Blend yang Nikmat

Cara Memilih Biji Kopi Espresso Blend

Pernahkah Anda mendengar istilah ‘espresso blend’? Jika belum, Anda perlu memerhatikan jenis hidangan kopi yang satu ini secara baik-baik. Ketika datang ke sebuah kafe, Anda akan melihat terdapat dua jenis hidangan espresso, yakni espresso single origin serta espresso blend. Sering kali banyak yang tidak memerhatikan keduanya. Tapi ketika iya, mereka pun akan mempertanyakan perbedaannya.

Perlu diketahui bahwa espresso single origin hanyalah terdiri dari satu macam biji kopi yang berasal dari satu wilayah tertentu yang kemudian diolah menjadi espresso. Sementara espresso blend adalah jenis kopi yang terdiri dari dua, tiga, bahkan empat kombinasi biji kopi, baik itu arabika maupun robusta. Tapi, untuk apa tujuannya mencampur biji kopi ini, ya?

Espresso dari Massa ke Massa

Eksperimen untuk Perpaduan Rasa Sempurna

Hadirnya istilah blend atau pencampuran beragam biji kopi ini pada mulanya hanya untuk menyembunyikan rasa kopi dengan kualitas kurang baik dengan menambahkan jumlah kopi yang kualitasnya lebih baik. Kemudian, metode ini kemudian berkembang hingga dijadikan cara untuk menghasilkan rasa yang seimbang dan tidak kalah nikmatnya dari single origin. Hasilnya, mau tidak mau single origin pun punya pesaing!

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Cappuccino di Rumah

Tapi, sebelum membahas semakin jauh tentang hidangan espresso blend, Anda juga perlu tahu bahwa mengombinasikan biji kopi tidak dapat dilakukan begitu saja. Pertama, Anda perlu memperhatikan penggunaan peralatan kopi. Kemudian, yang paling penting, Anda juga harus menggunakan biji kopi tertentu untuk meraih rasa yang khusus. Berikut langkah-langkah memilih biji kopi untuk membuat espresso blend!

Rasa Lebih Kuat, Manis, dan Beraroma

Pada dasarnya, memilih biji kopi untuk espresso blend tergantung dari preferensi seseorang. Sebagian orang mungkin akan memilih rasa lebih kuat dan manis serta memiliki aroma yang menggoda. Maka itu, mereka akan cenderung cocok mencampurkan biji kopi dari negara-negara di Amerika Tengah, seperti Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, atau Honduras.

Namun, selain itu, rupanya ada yang tidak suka dengan cita rasa tersebut atau lebih suka ketiga faktor berada pada tingkatan yang sedang-sedang saja. Jika ini adalah preferensi Anda, coba pilih biji kopi dengan ciri-ciri yang kontradiktif dengan rasa kuat, manis, serta beraroma. Tujuannya adalah agar Anda menemukan keseimbangan.

Lebih Tebal dan Manis

Apakah Anda adalah penikmat kopi yang menginginkan body espresso yang tebal dengan rasa manis?

Jika jawabannya adalah iya, tidak ada salahnya untuk bereksperimen dengan biji-biji kopi nusantara yang berasal dari Sumatera dan Sulawesi.

Rasa Earthy dan Agak Spicy

Kedua karakteristik ini bisa menciptakan satu shot espresso blend yang nikmat. Untuk memperoleh rasa earthy dan agak spicy ini, Anda bisa mencoba kopi dry-processed Ethiopian.

Biji kopi ini pada dasarnya menawarkan karakter fruity serta winey. Tapi, jika diolah pada tingkatan dark roast, kopi dry-processed Ethiopian biasanya menghasilkan karakter spicy, sehingga sesuai dengan cita rasa yang Anda inginkan.

Ketiga cara pemilihan biji kopi ini bukanlah sesuatu yang mutlak. Anda bisa bereksperimen dengan biji yang ada, persentase setiap biji kopi, serta proses roasting yang berbeda. Namun, pastikan Anda mengembangkan keterampilan dalam bidang ini karena menemukan keseimbangan rasa tidaklah mudah serta sulit dikuasai dalam semalaman saja.

Namun, jika ingin meminum secangkir espresso blend tanpa perlu memikirkan hal-hal di atas, tidak ada salahnya untuk mencoba varian kapsul kopi Espresso dari NESCAFÉ Dolce Gusto. Kopi ini punya cita rasa serta aroma khas yang berasal dari pencampuran biji kopi Arabika dari Amerika Selatan serta Robusta dari Asia yang dipanggang pada tingkat medium-dark untuk memperoleh rasa nikmat. Kemudian, ada pula kilasan cita rasa buah dan rempah yang dikemas ke dalam varian kapsul kopi NESCAFÉ Dolce Gusto lainnya, yakni Espresso Intenso.

Kedua varian kapsul kopi ini bisa Anda nikmati secara langsung tanpa perlu menghabiskan waktu, cukup praktis ’kan?