You have reached the website

Pekat Berlapis Susu, Sudah Tau Perbedaan Flat White dan Macchiato?

Pekat Berlapis Susu, Sudah Tau Perbedaan Flat White dan Macchiato?

Anda barangkali pernah mampir ke sebuah kafe dan bingung dengan menu kopi campuran susu yang ada. Secara keseluruhan menu-menu yang terpampang seperti Flat White, Macchiato, Espresso Macchiato, dan Latte Macchiato hampir memiliki tampilan yang sama.

Hal inilah yang secara tidak langsung sering kali membuat orang yang tidak paham betul mengenai menu tersebut bakal kebingungan untuk memilih kopi yang sesuai dengan seleranya. Jika Anda termasuk di dalamnya, Anda tidak perlu khawatir.

Berikut ini ulasan singkat mengenai perbedaan dua jenis kopi dengan campuran susu dan espresso yang populer, yakni Flat White dan Macchiato. Apa saja?

Flat White

Menu pertama yang bakal dibahas adalah Flat White yang secara umum punya tampilan yang hampir sama dengan Macchiato. Hanya saja, Flat White terlihat lebih halus dengan tekstur seperti beludru dan warna putih rata sesuai namanya.

Jika Anda seorang pencinta kopi dan menyukai minuman dalam porsi kecil, namun punya rasa yang kuat, maka Flat White bisa jadi pilihan yang tepat untuk menemani hari Anda.

Baca Juga: Inilah 5 Perbedaan Americano dan Espresso

Pada dasarnya, Flat White adalah minuman kopi berbasis espresso yang terdiri dari dua gelas espresso yang kaya dan kuat dengan lapisan microfoam berbusa yang dihasilkan dari steamed milk. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, minuman ini berukuran lebih kecil; dan meskipun beberapa orang suka membandingkannya dengan Macchiato atau Cappuccino, Flat White memiliki jumlah susu yang cukup berupa microfoam.

Microafoam ini sendiri terbentuk dari susu kukus yang terdapat di dasar teko. Bagian ini adalah bagian susu yang paling lembut, namun kaya tekstur. Flat White dibuat dengan dua shot espresso, sehingga rasanya lebih kuat dibandingkan dengan Macchiato.

Hal lain yang perlu diketahui, Flat White biasanya disajikan dengan dua cara, yakni dengan sedikit foam atau tanpa foam dan banyak foam. Semua ini kembali lagi pada preferensi seseorang dalam menikmati secangkir kopi.

Macchiato

Di Italia, Macchiato biasanya dinikmati saat siang dan sore hari karena espresso dan cappuccino hanya diminum saat pagi hari. Namun, tahukah Anda bahwa menu kopi yang satu ini diartikan sebagai kopi yang ditandai? Macchiato adalah istilah yang merujuk pada bahasa Italia yang berarti penanda atau ditandai.

Pada mulanya, orang-orang yang memesan espresso dengan sedikit tambahan susu di atasnya merasa kebingungan untuk menentukan mana kopi yang dicampur susu dan mana yang tidak sebab keduanya tampak sama. Jadilah Macchiato, espresso yang ditandai demi memudahkan orang dalam membedakannya.

Apa yang membedakannya dengan Flat White?

Pada dasarnya Macchiato adalah menu kopi yang hanya terdiri dari satu shot espresso dan susu. Namun demi mengikuti selera penikmat kopi, Macchiato kemudian terbagi dua, yakni Espresso Macchiato dan Latte Macchiato di mana perbedaannya hanya pada jumlah susunya.

Di Italia, Espresso Macchiato disebut juga Caffe Macchiato yang merupakan bentuk asli dari Macchiato. Kadar espresso menu ini lebih kuat dibandingkan dengan kadar susu yang ditambahkan. Sementara Latte Macchiato punya jumlah susu yang lebih banyak ketimbang espressonya.

Proses pembuatan Latte Macchiato sedikit berbeda dengan Espresso Macchiato. Jika Espresso Macchiato hanya langsung menambahkan susu di atas espresso, maka tidak demikian dengan Latte. Susu yang telah dipanaskan dituang pertama di dalam gelas, kemudian disusul oleh espresso, dan terakhir ditambahkan busa susu, sehingga tampak tiga lapisan.

Agar lebih mudah membedakan Macchiato dan Flat White Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Tekstur susu di atasnya
  2. Takaran espresso, satu shot atau dua shot
  3. Penampilannya di mana Flat White ditutupi oleh lapisan tipis microfoam dan Macchiato, khususnya Latte Macchiato punya busa susu dengan ketebalan hingga 1 cm di atasnya

Beberapa ahli kopi berpendapat bahwa Latte Macchiato akan lebih nikmat jika disajikan di dalam gelas tinggi, bukan cangkir pendek. Sama seperti Latte Macchiato dari NESCAFÉ Dolce Gusto yang bisa Anda sajikan di dalam gelas tinggi demi menghadirkan secangkir kopi ala kafe favorit.

Khusus Latte Macchiato NESCAFÉ Dolce Gusto, minuman ini merupakan kreasi kopi yang tersaji dengan lapisan menggoda susu panas, kopi yang lembut, dan buih susu yang melimpah. Espresso yang menandainya adalah espresso Arabika murni dari Amerika Selatan.

Dengan paduan teknologi dan desain inovatif, kapsul kopi Latte Macchiato secara otomatis mengatur seberapa besar tekanan yang harus dikeluarkan saat membuat minuman, sehingga diperoleh kopi lembut dengan buih tebal di atasnya. Sudah siap mencoba?