You have reached the website

Pekat Berlapis Susu, Sudah Tahu Perbedaan Flat White dan Macchiato?

Pekat Berlapis Susu, Sudah Tau Perbedaan Flat White dan Macchiato?

Anda barangkali pernah mampir ke sebuah kafe dan bingung dengan menu kopi campuran susu yang ada. Secara keseluruhan menu-menu yang terpampang seperti Flat White, Macchiato, Espresso Macchiato, dan Latte Macchiato hampir memiliki tampilan yang sama.

Bagi pemula, perjalanan ke coffee shop bisa menghadirkan pengalaman baru dan menegangkan. Alasannya jelas, banyak istilah-istilah berbahasa asing tanpa mengetahui perbedaan dari masing-masing menu yang tersedia. Di antara menu yang biasa ditemukan di coffee shop adalah Macchiato dan Flat White.

Jika Macchiato merupakan sajian kopi dengan kandungan susu yang sedikit, Flat White kebalikannya. Dari namanya sudah disebutkan bahwa sajian ini benar-benar putih, alias flat white.

Bicara soal Flat White dan Macchiato, siapa di sini yang masih suka tertukar antara keduanya? Walaupun terlihat mirip, ternyata keduanya memiliki kandungan dan rasa yang berbeda lho!

Mengenal Flat White

Menu pertama yang bakal dibahas adalah Flat White yang secara umum punya tampilan yang hampir sama dengan Macchiato. Hanya saja, Flat White terlihat lebih halus dengan tekstur seperti beludru dan warna putih rata sesuai namanya.

Jika Anda seorang pencinta kopi dan menyukai minuman dalam porsi kecil, namun punya rasa yang kuat, maka Flat White bisa jadi pilihan yang tepat untuk menemani hari Anda.

Pada dasarnya, Flat White adalah dua gelas espresso dengan lapisan microfoam berbuih dari steamed milk. Biasanya, Flat White berwarna putih yang disajikan dalam gelas yang kecil. Walaupun kecil, Flat White ini memiliki rasa yang kuat.

Microafoam ini sendiri terbentuk dari susu kukus yang terdapat di dasar teko. Bagian ini adalah bagian susu yang paling lembut, namun kaya tekstur. Flat White dibuat dengan dua shot espresso, sehingga rasanya lebih kuat dibandingkan dengan Macchiato.

Hal lain yang perlu diketahui, Flat White biasanya disajikan dengan dua cara, yakni dengan sedikit foam atau tanpa foam dan banyak foam. Semua ini kembali lagi pada preferensi seseorang dalam menikmati secangkir kopi.

Macchiato

Di Italia, Macchiato biasanya dinikmati saat siang dan sore hari karena espresso dan cappuccino hanya diminum saat pagi hari. Namun, tahukah Anda bahwa menu kopi yang satu ini diartikan sebagai kopi yang ditandai? Macchiato adalah istilah yang merujuk pada bahasa Italia yang berarti penanda atau ditandai.

Pada mulanya, orang-orang yang memesan espresso dengan sedikit tambahan susu di atasnya merasa kebingungan untuk menentukan mana kopi yang dicampur susu dan mana yang tidak sebab keduanya tampak sama. Jadilah Macchiato, espresso yang ditandai demi memudahkan orang dalam membedakannya.

Apa yang membedakannya dengan Flat White?

Macchiato adalah salah satu hidangan kopi susu yang biasanya juga disebut sebagai Espresso Macchiato. Minuman yang satu ini mengandung 2 shot espresso dengan sedikit tambahan susu. Dari rasanya, Macchiato mengandung kafein yang cukup kuat yang disajikan dalam gelas kecil.

Tapi, sekarang ini ada dua jenis Macchiato, yaitu Latte Macchiato dan Caffe Macchiato. Dalam bahasa Italia, “Macchiato” berarti “tanda” atau “ditandai”.

Perbedaan Latte Macchiato dan Coffee Macchiato ini adalah kandungan susunya. Kandungan susu dalam Coffee Macchiato lebih sedikit dibandingkan kandungan espresso, sedangkan Latte Macchiato adalah kebalikannya. Dalam konteks Macchiato, bisa dibilang ini adalah “kopi yang ditandai dengan susu” atau “susu yang ditandai dengan kopi”.

Perbedaan Flat White dan Macchiato

Ada beberapa perbedaan dari Flat White dan Macchiato yang bisa dirasakan. Dari kepekatan kopi, Flat White dan Macchiato sama-sama mengandung 2 shot espresso. Dari kandungan susu, Flat White mengandung 113 gr susu, sedangkan Macchiato hanya mengandung 28 gr susu. Oleh karena itu, Macchiato memiliki rasa kopi yang lebih kuat dibandingkan Flat White.

Cara Membedakan Flat White dan Macchiato

Secara penampilan, mungkin Flat White dan Macchiato terlihat hampir mirip. Namun, agar lebih mudah membedakan Macchiato dan Flat White Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Tekstur susu di atasnya
  • Takaran espresso, satu shot atau dua shot
  • Penampilannya di mana Flat White ditutupi oleh lapisan tipis microfoam dan Macchiato, khususnya Latte Macchiato punya busa susu dengan ketebalan hingga 1 cm di atasnya

Beberapa ahli kopi berpendapat bahwa Latte Macchiato akan lebih nikmat jika disajikan di dalam gelas tinggi, bukan cangkir pendek. Sama seperti Latte Macchiato dari NESCAFÉ Dolce Gusto yang bisa Anda sajikan di dalam gelas tinggi demi menghadirkan secangkir kopi ala kafe favorit.

Khusus Latte Macchiato NESCAFÉ Dolce Gusto, minuman ini merupakan kreasi kopi yang tersaji dengan lapisan menggoda susu panas, kopi yang lembut, dan buih susu yang melimpah. Espresso yang menandainya adalah espresso Arabika murni dari Amerika Selatan.

Dengan paduan teknologi dan desain inovatif, kapsul kopi Latte Macchiato secara otomatis mengatur seberapa besar tekanan yang harus dikeluarkan saat membuat minuman, sehingga diperoleh kopi lembut dengan buih tebal di atasnya.

Cara Membuat Macchiato

Cara membuat Latte Macchiato dan Espresso Macchiato memiliki sedikit perbedaan. Espresso Macchiato dibuat dengan cara menambahkan satu sendok busa susu di atas espresso, sedangkan Latte Macchiato dibuat dengan cara:

  1. Memanaskan susu, kemudian menuangkannya ke dalam gelas
  2. Menambahkan espresso
  3. Menambahkan busa susu

Cara pembuatan Latte Macchiato itulah yang membuatnya terlihat seperti memiliki tiga lapisan yang sempurna dengan warna yang berbeda.

Cara Membuat Flat White

Membuat Flat White cukup mudah kok, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara membuat Flat White:

  1. Buat espresso dan tuang ke dalam gelas saji.
  2. Di wadah terpisah, lakukan frothing susu sampai timbul foam tipis.
  3. Tuangkan 100-130 ml susu ke dalam gelas espresso. Usahakan tidak ada foam yang tertuang.
  4. Sajikan.

Itu dia beberapa hal tentang Flat White dan Macchiato yang bisa membantu Anda membedakan keduanya. Selain itu, di atas juga kita sudah membahas mengenai cara membuat Flat White dan Macchiato yang bisa Anda coba di rumah. Jadi, Anda lebih tertarik dengan yang mana nih?