You have reached the website

5 Rekomendasi Alat Kopi Manual yang Cocok untuk Pemula

alat kopi manual untuk pemula

Beberapa tahun terakhir dunia perkopian di Indonesia memasuki gelombang baru. Mereka yang dulu minum kopi seadanya dengan kopi tubruk sachet kini mulai beralih ke kopi yang dihasilkan dari mesin espresso. Seiring perkembangannya, mesin dan peralatan seduh kopi juga semakin mudah didapatkan.

Jadilah setiap orang yang baru mulai mengeksplor dunia perkopian, kini ikut berburu alat kopi manual. Agar tidak keliru, berikut rekomendasi alat kopi manual yang cocok untuk pemula. Apa saja? Cek 5 daftarnya di bawah ini!

French Press

Alat kopi manual pertama yang cocok untuk pemula adalah French Press. Peralatan ini disempurnakan pertama kali pada 1929 di mana seorang pria berkebangsaan Italia bernama Attilio Calimani menyempurnakannya. Pada 1935 French Press kembali disempurnakan melalui tangan seorang Bruno Cassol. Namun, French Press yang beredar di pasar saat ini merupakan hasil modifikasi Faliero Bondanini pada 1958.

Bentuknya terlihat seperti teko air dengan bahan yang bisa terbuat dari besi, bisa juga kaca. Proses membuat kopi dengan French Press terbilang sederhana. Anda hanya perlu menuang bubuk ke dalam gelas French Press lalu menyeduh air panas. Biarkan plunger alat ini menggantung selama 4-5 menit sebelum menekannya turun ke dalam gelas.

Ketika Anda menyeduh kopi, jangan kaget jika body yang dihasilkan lebih tebal dibanding menggunakan alat pembuat kopi lainnya. Beberapa tips penggunaan French Press agar hasil kopinya nikmat, yakni:

  • Gunakan air yang baik dan tidak terkontaminasi oleh rasa atau zat lain
  • Giling biji kopi sebelum diseduh untuk rasa dan aroma terbaik kopi saat diminum
  • Tekan plunger secara perlahan agar kopi tidak muncrat keluar
  • Perhatikan waktu brewing secara saksama sebab proses yang singkat bikin rasa kopi jadi asam, sedangkan jika kelamaan maka kopi akan terasa pahit

V60

Rekomendasi alat kopi lainnya bisa dengan menggunakan V60.

Teknik ini pada dasarnya menerapkan metode pour over atau menuang air panas ke filter atau saringan kopi. Jika Anda melihatnya sekilas, bentuk V60 lebih menyerupai cangkir. Bentuk kerucut di bagian bawahnya dirancang untuk mengalirkan kopi yang telah disaring kertas filter.

Fakta menarik dari V60 ini adalah perusahaan yang pertama kali memproduksinya merupakan perusahaan penyedia alat laboratorium. Secara umum, membuat kopi dengan V60 hanya memerlukan tenaga Anda untuk menuang air panas secara perlahan dengan gerakan melindari di kitaran bubuk kopi bagian atas kertas filter. Selanjutnya, tunggu hingga kopi benar-benar selesai diekstraksi atau hingga tetesan terakhir.

Apa yang menjadi daya tarik V60? Anda akan berkesempatan menikmati kopi dengan hasil yang lebih bersih dan tidak berminyak. Pasalnya, V60 punya kertas filter yang berfungsi menahan minyak agar tidak menetes ke gelas.

Aeropress

Jika V60 diciptakan oleh perusahaan penyedia alat laboratorium, maka perusahaan penemu Aeropress tidak kalah uniknya. Adalah Alan Adler pada 2005 silam yang merupakan direktur perusahaan produk mainan dan olahraga yang menciptakan Aeropress.

Tidak butuh waktu lama hingga alat kopi manual yang satu ini menarik perhatian banyak penikmat kopi sebab desainnya yang unik dan futuristik. Proses bikin kopi dengan alat ini pun sangat mudah. Anda hanya perlu bubuk kopi halus, masukkan kertas filter, tuang air panas, aduk, tekan, dan kopi pun siap disajikan.

Moka Pot

Jika Anda tidak punya banyak kesempatan untuk menuang kopi dengan cara memutar pakai V60, ada Moka Pot yang bisa hasilkan kopi dengan cara yang lebih praktis. Moka Pot sendiri dibilang salah satu alat pembuat kopi tertua.

Untuk menggunakannya, Anda perlu bubuk kopi yang sudah digiling halus. Siapkan juga  air panas di tempat air Moka Pot. Pastikan agar airnya tidak melewati batas sebelum Anda meletakkannya di atas kompor berapi kecil. Biarkan alat kopi ini mengeluarkan air seolah mendidih dan angkat segera untuk Anda nikmati.

Perlu dicatat juga bahwa jika kopinya sudah mengeluarkan suara mendidih, segera angkat Moka Pot Anda demi menghindari rasa kopi yang gosong.

Vietnam Drip

Terakhir, ada alat kopi yang cocok untuk pemula bernama Vietnam Drip. Kenapa namanya seperti itu? Pada mulanya, Vietnam Drip dikonsumsi secara rutin oleh orang Vietnam di pagi hari. Mereka yang menganut slow-living bersedia menghabiskan waktu menunggui setiap tetesan masuk ke dalam gelas.

Vietnam Drip sendiri sering kali dicampurkan dengan kental manis demi menghasilkan rasa yang tidak biasa. Tips menggunakan alat kopi manual yang satu ini adalah selalu perhatikan rasio perbandingan bubuk kopi dengan air. Biasanya Vietnam Drip punya rasio 10 gram bubuk kopi berbanding dengan 120 ml air.

Itulah tadi informasi seputar alat dan mesin kopi yang cocok untuk dimiliki pemula. Untuk proses pembuatan kopi nikmat dengan rasa yang tidak kalah dengan menu cafe, Anda bisa memanfaatkan mesin dan kopi kapsul NESCAFÉ Dolce Gusto.

Tak perlu ragu jika Anda merupakan orang yang baru belajar mengulik kopi sebab mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto sangat praktis digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Mesin NESCAFÉ Dolce Gusto dilengkapi dengan mode panas dan dingin, sehingga Anda punya pilihan mau bikin kopi panas atau es kopi. Kapsul kopinya pun beragam dan bisa menyesuaikan dengan selera Anda:

  • Kopi hitam: Grande Intenso dan Espresso Intenso
  • Kopi dengan susu: Cappuccino, Latte Macchiato, Flat White
  • Teh: Milk Tea

Semua kapsul kopi pintar ini hadir dengan paduan teknologi dan desain inovatif. Hanya dengan 4 langkah mudah, POP, LOCK, SWITCH and BREW, minuman ala cafe siap disajikan.

Jadi, Anda sebagai pemula tidak perlu bingung lagi mengenai alat kopi yang menghasilkan kopi enak. Cukup dengan mesin dan kapsul kopi NESCAFÉ Dolce Gusto Anda sudah bisa menikmati kopi di rumah ala cafe dengan NESCAFÉ Dolce Gusto.