You have reached the website

Suka Kopi? Alat-alat Bikin Kopi Ini Wajib Dimiliki!

Suka Kopi? Alat-alat Bikin Kopi Ini Wajib Dimiliki!

Keberadaan alat bikin kopi di rumah tentu sudah menjadi barang wajib bagi para pencinta kopi. Dengan memiliki peralatan untuk membuat kopi tersebut, Anda tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk sekadar ke coffee shop. Faktanya, menghadirkan kopi nikmat ala coffee shop bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ini aneka alat pembuat kopi di rumah yang dapat Anda coba!

Kopi V60

Peralatan yang pertama ini terdiri dari gelas, kertas filter, dan juga dripper di mana seluruh prosesnya menggunakan tangan. Kopi yang yang telah dimasukkan ke dalam kertas filter menuntut Anda untuk menuang air secara perlahan dan konstan. Tak hanya itu, Anda juga perlu menyediakan waktu yang tidak sebentar pada saat penyeduhan agar rasa kopi bisa maksimal.

Vietnamese Dripper

Vietnamese dripper merupakan peralatan membuat kopi dengan cara mengekstraksi kopi melalui setiap tetesan. Selain terdiri dari tabung, plunger, dan tutup metal, alat kopi yang satu ini juga memerlukan waktu seduh sekitar 4-5 menit sebelum dinikmati. Demi rasa yang nikmat, pembuatan kopi dengan cara ini biasanya menggunakan susu kental manis.

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Alat Penyeduh Kopi

French Press

Berikutnya, french press hadir dengan tabung silinder berbahan kaca atau plastik bening dengan plunger yang dilengkapi mesh filter agar mampu menyaring ampas kopi. Jika menggunakan french press, dibutuhkan juga takaran kopi dan air yang tepat agar hasil kopi tidak pahit dan tetap lembut.

Khusus untuk air yang digunakan, pastikan Anda merebusnya hingga mendidih dan tunggu sebentar sebelum menuangkan ke dalam french press. Kemudian, sebelum menekan plunger, tunggu beberapa menit agar kopi dan air bercampur sempurna.

Moka Pot

Terakhir, ada moka pot yang bisa Anda jadikan pilihan alat bikin kopi manual. Moka pot terbuat dari  bahan stainless steel sebagai penghantar panas yang cepat. Maka dari itu, pastikan air yang digunakan di bagian bawah moka pot merupakan air yang telah dipanaskan agar Anda tidak perlu waktu lama dalam menunggu air mendidih.

Penggunaan alat kopi yang satu ini cenderung menantang sebab jika tidak dilakukan dengan benar, maka kopi akan terasa pahit. Selanjutnya, takaran kopi, air, suhu panas, dan waktu pun menjadi kunci suksesnya pembuatan kopi dengan moka pot.

Peralatan Kopi Lainnya

Selain beragam alat kopi tersebut di atas, Anda juga perlu mengoleksi alat-alat yang membantu peralatan utama dalam bekerja. Pasalnya, menghadirkan secangkir kopi nikmat secara manual tetap saja memerlukan peralatan lainnya, seperti:

  1. Grinder kopi
    Tidak sedikit orang yang membeli biji kopi secara utuh agar kesegarannya tetap terjaga. Dengan begitu, cita rasa yang dihasilkan pun akan memuaskan lidah pencinta kopi. Hadirnya grinder kopi bertujuan untuk menggiling kopi hingga menjadikannya pada tingkatan giling tertentu, seperti kasar atau lembut. Terdapat dua jenis grinder kopi, yakni manual grinder yang memerlukan tenaga tangan dan grinder otomatis yang memanfaatkan mesin dan daya listrik dalam menggiling kopi.

  1. Timbangan
    Mengira-ngira berat kopi dan air yang digunakan dalam proses pembuatan secangkir kopi akan menyulitkan Anda dalam menghasilkan kopi dengan cita rasa yang diinginkan. Pasalnya, perkiraan tersebut bisa saja tidak akurat, sehingga kopi tidak akan terekstrak dengan maksimal. Demi konsistensi dan akurasi cita rasa kopi, Anda memerlukan timbangan yang akurat.

  1. Termometer
    Sudah bukan rahasia lagi jika faktor penentu hadirnya kopi nikmat salah satunya adalah penggunaan suhu air yang tepat. Suhu air berperan penting dalam proses ekstraksi kopi. Apabila air yang digunakan terlalu panas, maka kopi akan berisiko menjadi terlalu pahit. Sebaliknya, air yang terlalu dingin tidak akan menghasilkan kopi dengan rasa yang kuat. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa setiap pembuat kopi memerlukan termometer.

  1. Penghitung Waktu
    Selain termometer, timer atau penghitung waktu juga menjadi alat yang dibutuhkan demi secangkir kopi dengan rasa yang pas. Di pasaran, ada beragam jenis timer mulai dari manual hingga digital. Pemilihannya pun bergantung pada Anda.

  1. Cerek
    Meski cerek bukan sebuah keharusan, penggunaannya ternyata tidak boleh dianggap sebelah mata. Pasalnya, alat ini berguna agar Anda dapat menuang air secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Jika leher cerek terlalu lebar, bisa jadi proses menuang air ini akan tidak tepat dan rasa kopi Anda pun tidak sesuai yang diinginkan.[

Dengan memanfaatkan alat-alat tersebut, Anda bisa memastikan rasa dan kualitas yang dibuat benar-benar terjamin selama Anda memahami penggunaannya terlebih dahulu. Namun, untuk pilihan lainnya dengan alat bikin kopi otomatis, tidak ada salahnya untuk menggunakan NESCAFÉ Dolce Gusto.

NESCAFÉ Dolce Gusto dapat membantu Anda yang tidak punya banyak waktu di pagi hari, namun tetap ingin menyajikan secangkir kopi. Masukkan kapsul dan dapatkan minuman dengan rasa nikmat hanya dengan sentuhan jari. Bukan hanya itu, NESCAFÉ® Dolce Gusto menawarkan beragam varian yang bisa Anda pilih, mulai dari kopi, kopi susu, teh, hingga cokelat. Kini, minum kopi pun akan seperti memesan langsung dari coffee shop favorit.