You have reached the website

6 Kopi Robusta Terbaik di Indonesia

6 kopi robusta terbaik di indonesia

Biji kopi Robusta adalah biji kopi yang berasal dari Afrika Barat dan tumbuh pada dataran yang rendah dan suhu tinggi. Produksi kopi Robusta menyumbang sekitar 30% dari total produksi kopi di seluruh dunia, dan negara Vietnam adalah pengekspor terbesarnya. Kebalikan dari kopi Arabika, tanaman kopi Robusta jauh lebih mudah untuk ditanam dan dirawat, jadi, tidak heran jika jumlah hasil panennya lebih tinggi apabila dibandingkan Arabika.

Rahasia ketahanan tanaman kopi Robusta juga terletak pada tingginya kandungan kafein dan asam klorogeniknya. Kedua kandungan ini dapat berfungsi sebagai pestisida alami untuk melindungi tanaman dari berbagai serangan hama dan penyakit.

Selain dari ketahanan panen, perbedaan kopi Robusta dan Arabika yang paling terasa adalah dari cita rasanya. Umumnya, kopi Arabika memiliki rasa yang jauh lebih manis jika dibandingkan dengan kopi Robusta.  Arabika juga memiliki rasa yang lebih kaya seperti fruity, nutty, atau chocolaty. Perbedaan kopi Robusta dan Arabika yang lainnya adalah, kedua biji kopi ini memiliki tingkat kafein yang berbeda. Kopi Robusta memiliki kafein yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Arabika.

Cita Rasa Biji Kopi Robusta

Karena memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kopi Arabika, kopi Robusta memiliki rasa yang pahit, dengan karakter rasa seperti kayu dan karet. Dengan demikian, jika Anda ingin meminum kopi demi mendapatkan kafein yang tinggi, kopi Robusta adalah pilihan yang tepat.

Indonesia sendiri adalah salah satu negara penghasil kopi Robusta terbesar di dunia, berada di peringkat keempat empat besar negara penghasil terbesar Kopi Robusta setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia. Pada tahun 2018-2019 berhasil memproduksi 10,6 juta karung biji kopi berukuran 60 kg dan yang menakjubkan adalah 9,4 juta karung biji kopi tersebut adalah kopi Robusta. Lantas, apa saja kopi Robusta terbaik yang dapat Anda temukan di Indonesia?

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Inilah 5 Perbedaan Biji Kopi Arabika dan Robusta!

Robusta Lampung

Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi Robusta terbaik di Indonesia. Bahkan kenikmatan rasa yang dihasilkan kopi Robusta Lampung ini begitu luar biasa. Kopi Robusta Lampung sendiri ditanam di dataran rendah pada ketinggian 600 mdpl dengan kondisi tanah yang subur dan letak geografis yang bagus. Itulah mengapa kopi Robusta Lampung memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari kopi Robusta lainnya.

Robusta Flores

Mendengar namanya tentu Anda sudah bisa mengetahui kalau kopi Robusta yang satu ini berasal dari Flores, Nusa Tenggara Barat. Kopi ini punya cita rasa unik yang merupakan gabungan dari cereal, wheat, nutty dan good body. Kopi Robusta Flores juga banyak dijual atau dijadikan bahan pembuatan kopi di berbagai kedai kopi. Rasanya yang unik dan khas membuatnya memiliki banyak penggemar setia.

Robusta Dampit Malang

Kopi Robusta Dampit Malang merupakan salah satu jenis kopi terbaik yang berasal dari Kecamatan Dampit, Malang, Jawa Timur. Biji kopi ini ditanam di atas lahan subur pada ketinggian 800 mdpl, sehingga membuat rasa kopi ini begitu spesial dan membekas di hati para penikmatnya. Jangan salah, Kopi Robusta Dampit Malang ini tak hanya memikat pencinta kopi lokal, tapi juga mancanegara, terutama benua Eropa. Kalau Anda adalah penikmat kopi dengan cita rasa yang unik, Robusta Dampit Malang ini wajib Anda cicipi.

Kopi Robusta Bali Tabanan

Seperti ingin mengikuti jejak kopi Arabika Kintamani yang sudah lebih dahulu dikenal dan mendunia, kini kopi Robusta asal Bali ini terus dikembangkan oleh para petani lokal. Jika Anda berkunjung ke perkebunan kopi Robusta Bali Tabanan, Anda dapat mencium aroma wanginya bahkan ketika biji kopi ini dijemur di bawah terik matahari.

Robusta Temanggung

Kabupaten Temanggung terletak di wilayah Jawa Tengah dan merupakan salah satu penghasil kopi Robusta terbaik di Indonesia. Rasa kopi Robusta Temanggung ini disukai oleh banyak orang karena mirip seperti kopi moka; punya body yang utuh, serta aroma yang mirip tembakau.

Robusta Toraja

Pernah mendengar tentang kopi Arabika Toraja? Kopi asal Sulawesi Selatan ini cukup terkenal di kalangan penikmat kopi single origin di seluruh dunia, lho! Namun, ternyata masyarakat Toraja tidak hanya memiliki kopi Arabika, tapi juga kopi Robusta.

Kalau berbicara soal profil rasa kopi Robusta Toraja, Anda mungkin akan menggunakan beberapa kata-kata yang sama seperti saat sedang menilai rasa Arabika Toraja. Pasalnya, bisa jadi karena tumbuh di wilayah yang sama, kopi Robusta Toraja punya sentuhan rasa yang mirip dengan versi Arabikanya, yakni seperti kapulaga dan kayu manis.

Itulah 6 kopi Robusta terbaik di Indonesia yang wajib Anda cicipi kenikmatannya. Beruntungnya, saat ini Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari sajian kopi Robusta dari berbagai wilayah tersebut, karena biji-biji kopi Robusta pilihan sudah bisa Anda nikmati lewat kapsul kopi dari NESCAFÉ Dolce Gusto. Kapsul kopi espresso dari NESCAFÉ Dolce Gusto ini menghasilkan krema yang tebal serta cita rasa buah dan bunga yang nikmat. Siap mencobanya?